Isuzu Traga Bawa Devisa Negara Untuk Indonesia

12/12/2019

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Isuzu Traga Bawa Devisa Negara Untuk Indonesia
Isuzu Traga resmi di Ekspor dan akan membawa devisa bagi Indonesia. Langsung diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H Joko Widodo.

Fokus kerja pemerintah Indonesia sekarang ini adalah mengurangi impor dan memperbesar ekspor. Maka tak heran, segala hal yang menyangkut ekspor sangat didukung oleh pemerintah Republik Indonesia. Salah satunya Isuzu Traga yang hari ini resmi diekspor dan akan membawa devisa bagi Indonesia.

Isuzu Traga berwarna putih dipamerkan di acara

Isuzu Traga siap Bawa devisa negara dengan ekspor ke Filipina

Bermula pada tahun 2015, PT Isuzu Astra Motor Indonesia memindahkan pabrik yang sebelumnya berada di Pondok Ungu, Bekasi ke pabrik baru di Kawasan Suryacipta City of Industry di Karawang. Pabrik Isuzu Karawang Plant memiliki luas lahan 30 hektar dengan kapasitas regular 52.000 unit per tahun dan dapat dioptimalkan hingga menjadi 80.000 unit per tahun. Pabrik Isuzu Indonesia ini merupakan salah satu langkah untuk mengantarkan Isuzu lebih dekat dengan visinya, yakni menjadi pemain dominan di segmen yang dilayani di Indonesia dan sebagai basis produksi kelas dunia di grup Isuzu. Oleh karena itu, selain memproduksi kendaraan niaga yang sesuai untuk pasar Indonesia, pabrik ini harus dapat menjadi basis produksi kendaraan yang akan diekspor ke berbagai negara.

>>> Renault Triber Turbo Hadir di India, Bagaimana Dengan Indonesia?

Langkah selanjutnya adalah pada tahun 2018 lalu, dimana Isuzu memperkenalkan Isuzu Traga, sebuah kendaraan pick-up medium yang menjadi kebanggaan Isuzu Indonesia. Isuzu Indonesia juga dipercaya sebagai negara satu–satunya yang mengembangkan dan juga memproduksi kendaraan tersebut. "Traga itu artinya Ekstra Lega. Ekspor awal kami adalah ke negara Filipina yang berjumlah 6000 unit. Kedepan akan berkembang, karena berdasarkan studi kami, Isuzu mampu Ekspor ke 20 negara," papar Prijono Sugiarto selaku President Director Astra.

Isuzu Traga dalam konferensinya

Isuzu Traga resmi diekspor ke Filipina

Ini sesuai dengan janji Isuzu saat “World Premiere Isuzu Traga”, karena saat itu diumumkan bahwa kendaraan ini akan diekspor, dan tepat pada hari ini, 12 Desember 2019 ini, Isuzu memenuhi janjinya tersebut. 

"Saya mau datang ke Isuzu karena Isuzu ini mau ekspor Traga. Kita sering pesimis karena kerja harus pakai target yang terukur dan realistis.Saya sangat menghargai pada hari ini Isuzu dapat mengekspor 120 kendaraan niaga ke Filipina," tukas Ir. H. Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia.

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

Filipina adalah negara tujuan pertama dari ekspor Isuzu Traga dengan total 6.000 unit hingga akhir tahun 2020 dengan kontribusi pada devisa Negara diestimasikan mencapai $66.000.000 per tahun. Pada 3 tahun ke depan, Isuzu Indonesia berencana untuk memperluas negara tujuan ekspor Isuzu Traga hingga lebih dari 20 negara, tidak hanya di Asia Tenggara, namun juga Timur Tengah, Amerika Latin, serta beberapa negara di Afrika. 

deratan Isuzu Traga diparkir di depan

Isuzu Traga sangat diminati oleh pasar komersial di Indonesia dan juga Filipina

Selain itu, Ekspor Isuzu Traga sudah mendapatkan Fasilitas KITE (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor) dari Bea dan Cukai. Kami mendapatkan Fasilitas KITE yang merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai melalui Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat. Dengan menggunakan fasilitas ini, impor bahan baku yang diolah, dirakit, dipasang pada barang dan hasil produksinya akan diekspor, diberikan Pembebasan Bea masuk dan PPn Impor tidak dipungut. Dan yang membanggakan adalah TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) Isuzu Traga ini mencapai 53,5%.

>>> Berita terbaru seputar pasar mobil dapat dilihat di sini

Ekspor Isuzu Traga ini tidak hanya berdampak pada lingkaran internal dari Isuzu Indonesia sendiri, melainkan juga pada lingkaran eksternal bisnis Isuzu. Kegiatan ekspor membutuhkan penambahan supplier hingga total supplier yang terlibat mencapai 119 perusahaan. Secara keseluruhan, ekspor akan memberikan tambahan penghasilan bagi para supplier hingga $9.000.000 per tahun, serta penambahan omset untuk perusahaan logistik dapat mencapai $300.000 per tahun.

Isuzu Traga dengan format left hand drive

Isuzu Traga pertama akan diekspor dengan format left hand drive (setir kiri)

>>> Review Isuzu Traga 2018, Bukan Sekadar Panther Tanpa Hidung

“Ekspor ini selain bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi guna memenuhi target produksi, juga sebagai bentuk upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas produk Isuzu agar memenuhi standar kualitas kelas dunia dan pada akhirnya menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi global kendaraan Isuzu di luar Jepang.” tukas Ernando Demily sebagai President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia. 

Dalam setiap produknya, dan khususnya untuk ekspor Isuzu Traga ini, Isuzu Indonesia berjanji untuk terus berusaha memberikan kualitas, biaya serta penyampaian produk yang terbaik agar dapat menjadi basis produksi yang unggul di grup Isuzu dan dunia.

Pada akhirnya, Isuzu Indonesia berharap ekspor ini dapat menjadi tonggak baru sejarah Isuzu di Indonesia dan menjadi batu loncatan serta pembuka yang baik untuk persembahan-persembahan lain dari Isuzu untuk Indonesia dan dunia.

>>> Berita otomotif terlengkap lainnya ada di sini

Share this post:

Berita lain

Isuzu Traga Berhasil Dongkrak Penjualan Isuzu Secara Signifikan, Ini Alasannya...

19/11/2019

Pasar mobil

3 menit

Salah satu line up terbaru mobil niaga lansiran Isuzu yakni Traga, berhasil mendongkrak penjualan Isuzu secara signifikan, ternyata ini alasannya market Isuzu Traga berkembang secara pesat di pasar mobil niaga Indonesia.

Lihat juga

Siap Diekspor, Ini Hasil Penjualan Isuzu Traga di Indonesia

18/11/2019

Pasar mobil

3 menit

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memastikan debut ekspor Isuzu Traga pada 12 Desember 2019 ke Asia Tenggara, Filipina dan Vientnam menjadi negara tujuan pertama sebelum dilanjutkan ke negara lain. Bagaimana dengan penjualan Isuzu Traga di Indonesia?

Lihat juga

Review Isuzu D-Max V-Cross 2020: Mesin Lebih Bertenaga dan Banyak Teknologi Baru

21/10/2019

Editor rate:

Isuzu D-Max V-Cross 2020 telah dirilis di Thailand. Disuntik peningkatan tenaga bagi mesin 3.0 liter yang diusungnya, plus kemampuan off-road yang semakin baik.

Lihat juga

Review Isuzu Mu-X I-Series 2019: Jadi Big SUV Jepang Termurah, Namun Fitur Tak Murahan

29/09/2019

Editor rate:

PT. Isuzu Astra Motor Indonesia kembali meramaikan segmen big SUV dengan merombak tipe model mereka menjadi lebih sederhana. Salah satu model yang ditawarkan ialah Isuzu Mu-X i-Series, yang menjadi tipe entry level Isuzu Mu-X sekaligus menjadi mobil SUV Ladder Frame Jepang termurah di Indonesia saat ini. Apakah dengan harganya yang murah membuat fitur yang ditawarkan menjadi ikut "murahan"?

Lihat juga

Update/ Pembaruan harga mobil Isuzu Traga terbaru Oktober Di Indonesia

01/10/2020

Isuzu

Berdiri dalam kategori mobil komersial, Isuzu Traga resmi dipasarkan pada tahun 2018 lalu, yang semakin melengkapi segmen Medium Pick-Up di Tanah Air. Apakah ada promosi menarik untuk Isuzu Traga? Berapa harga Isuzu Traga terbaru?

Lihat juga