Isuzu Panther Masih Dijual Meski Kondisinya 'Mengenaskan'

19/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Isuzu Panther Masih Dijual Meski Kondisinya 'Mengenaskan'
Tanpa perubahan berarti nasib Isuzu Panther makin mengenaskan. Meski keempat variannya masih dijual, Panther seperti tinggal menunggu waktu sampai akhir hayat menjemput dan cerita menjadi tamat.

Apa yang terjadi dengan kondisi Isuzu Panther saat ini ibarat orang sakit kronis yang susah dapat obat, tak sembuh-sembuh tapi juga tak mati mati. Isuzu Panther yang modelnya monoton itu-itu saja saat ini kurang begitu diminati orang Indonesia terbukti dengan angka penjualan yang sangat minim. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan Isuzu Panther sepanjang Januari-April 2019 hanya sebanyak 184 unit dengan rincian Januari 57 unit, Februari 57 unit, Maret 34 unit dan April 36 unit. Penjualan empat bulan ini menurun tajam dibanding periode yang sama tahun 2018 dimana Isuzu Panther masih laku sebanyak 380 unit.

Foto Isuzu Panther Grand Touring, desain lebih modern dan tetap gagah

Isuzu Panther Grand Touring, dijual mahal tapi minim fitur

Pembaruan yang diharapkan bisa mendongkrak penjualan juga terlalu sulit dipenuhi. Isuzu Panther tidak memiliki pasar lain selain Indonesia, sementara untuk pengembangan mesin Euro 4 sesuai aturan pemerintah yang bakal dimulai tahun 2021 membutuhkan biaya investasi sangat besar. "Untuk penjualan jika terbentur Euro 4 maka titik berhentinya di situ. Apakah suatu hari nanti kita punya engine yang ekonomis untuk volume MPV menggunakan mesin yang lain ya kita lihat saja," tutur GM Marketing Division PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Attias Asril Januari lalu.

>>> Baca di sini Review Isuzu Panther 2018

Selain tidak adanya pembaruan Isuzu Panther juga harus bersaing dengan model MPV lain yang datang silih berganti dengan desain dan fitur lebih kekinian. Dibanding dengan Toyota Kijang yang sama-sama legendaris Panther sangat jauh tertinggal sebab Kijang terus berevolusi dan terus berkembang, sementara Isuzu Penther tidak. "Kita menyadari Panther dengan produk lainnya di pasar ini kompetisi makin ketat jadi secara alami terjadi penurunan karena kita tidak mengeluarkan produk baru," kata Direktur Marketing LCV PT Isuzu Astra Motor Indonesia Joen Budi Putra belum lama ini.

Daftar Harga Isuzu Panther di situs resmi Astra Isuzu Indonesia

Isuzu Panther masih dijual meski peminatnya makin menurun

Saat ini, konsumen yang minat membeli Isuzu Panther masih dilayani. Keempat model yang ditawarkan yaitu Panther Smart (LM), Panther LV, anther LS, dan Panther Grand Touring semuanya masih dijual dengan harga bervariasi. Mengutip situs resmi Astra Isuzu harga keempatnya yaitu Rp 332,3 juta untuk Panther Grand Touring, Rp 308,9 juta untuk Panther LS, Rp 286,4 juta untuk Panther LV, dan yang termurah Rp 279,1 juta untuk Panther Smart (LM).

>>> Harga Panther Touring Bekas Tetap Stabil, Apa Alasannya?

Apa Isuzu Panther mau dibiarkan begitu saja, tidak ada kabar yang benar-benar valid. Tapi jika kondisinya masih seperti ini, sangat mungkin umurnya berakhir bersamaan dengan penerapan regulasi Euro 4 untuk mobil diesel yaitu tahun 2021. Kasihan sekali!

>>> Informasi terbaru dan terlengkap pasar otomotif Indonesia dan dunia di sini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top