Isuzu mu-X Jadi Tulang Punggung Setelah Panther Disuntik Mati

16/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Isuzu mu-X kini menjadi tulang punggung pabrikan asal Jepang itu di segmen mobil penumpang. Isuzu sendiri kini bakal lebih fokus ke kendaraan komersial.

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) telah memutuskan untuk tak lagi melanjutkan produksi sekaligus penjualan dari Panther. MPV andalan Isuzu ini akhirnya disuntik mati usai 30 tahun meramaikan industri otomotif Tanah Air. Ada sederet alasan yang membuat Isuzu akhirnya menyetop penjualan Panther. Salah satunya adalah aturan Euro 4. Aturan Euro 4 ini menghambat pengembangan Panther yang hanya dijual di Indonesia. 

Isuzu sendiri kini memilih untuk fokus memasarkan kendaraan komersial. Saat ini ada sederet kendaraan komersial yang ditawarkan Isuzu yakni D-Max, Isuzu Traga, Isuzu Elf, dan Isuzu Giga.

Tampilan samping Isuzu MU-X 2019 berwarna merah

mu-X saat melantai di ajang GIIAS 2019

>>> Lika-liku Perjalanan Isuzu Panther di Tengah Sengitnya Persaingan MPV

Isuzu mu-X Jadi Tulang Punggung

Gambar banyak orang yang sedang memfofo saat Peluncuran Isuzu MU-X facelift GIIAS 2019

Kini jadi tulang punggung Isuzu di segmen mobil penumpang

Tapi tak berarti segmen mobil penumpang ditinggalkan begitu saja. Isuzu masih menaruh harapan pada mu-X untuk bermain di segmen mobil penumpang. 

"Isuzu terus berkomitmen mengembangkan diri bersama Anda, untuk senantiasa mencapai kesuksesan bersama, melalui pengembangan kendaraan komersial melalui produk kami: Isuzu D-Max, Isuzu Traga, Isuzu Elf dan Isuzu GIGA, serta segmen penumpang dengan produk Isuzu mu-X. #TerimaKasihPanther, ketangguhan dan efisiensi bahan bakarmu akan tetap kami teruskan," tulis Isuzu dalam laman sosial medianya. 

mu-X sebenarnya sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2015. Tapi sayang di segmen itu pesonanya masih kalah tenar dengan Mitsubishi Pajero Sport maupun Toyota Fortuner.

>>> Banyak PHK, Pick-Up Isuzu Malah Diminati di Thailand

Siap Luncurkan Model Baru

Isuzu pun menyadari hal itu telah terjadi sejak 2018 dan mengaku bakal segera berbenah supaya SUV andalannya itu bisa kembali bersaing. 

Isuzu MU-X 2021 Meluncur, Gaya Baru Si Penantang Toyota Fortuner

Isuzu mu-X versi terbaru yang sudah meluncur di Thailand

"Kami rasa memang ada yang harus diperbaiki untuk penjualan dan pelayanan sebagainya. Mulai dari situ kami lakukan perbaikan yang diperlukan, bukan hanya menyangkut penjualan tetapi juga fokus untuk resale value, pelayanan aftersales, lalu kami perlajari fokus area mana yang terbaik untuk model kami, serta aktivitas yang baik untuk customer," jelas Direktur IAMI Rahmat Samulo belum lama ini. 

Namun proses evaluasi tersebut ikut terkena dampak pandemi. Pun diharapkan adanya evaluasi bisa kembali menggairahkan penjualan mu-X. Tak cuma itu, Isuzu juga telah menyiapkan mu-X versi terbaru yang siap meluncur akhir tahun ini. Sebelumnya Isuzu mu-X versi terbaru sudah lebih dulu meluncur di Thailand.

"Dengan improvement yang kami lakukan saat ini, mudah-mudahan bisa lebih baik saat ini," jelas Rahmat lagi.    

>>> Isuzu MU-X 2021 Meluncur, Gaya Baru Si Penantang Toyota Fortuner 

Penulis
Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top