Isuzu Belum Berminat Hadirkan Penantang Carry Dan Gran Max

11/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Kendaraan niaga ringan sekelas Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max memang selalu mendulang penjualan yang baik, tapi sayangnya Isuzu belum berminat ikutan?

Berhentinya produksi Isuzu Panther sekaligus dilanjutkan tongkat estafetnya ke Isuzu Traga membuat PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) tak lagi memiliki produk di kelas kendaraan niaga ringan. Kelas kendaraan niaga ringan sendiri saat ini dihuni oleh Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max. Tetapi hal itu tak lantas membuat PT IAMI memiliki keinginan untuk kembali terjun di kelas tersebut.

Belum Ada Niat Hadirkan Pesaing Carry Dan Gran Max

"Hingga saat ini IAMI masih fokus dulu ke pasar pick up medium (Traga). Intinya fokus ke produk yang ada dulu," papar Hiroki Motohashi, salah satu direktur PT IAMI.

Pernyataan pria asal Jepang ini ada benarnya, sebab untuk produk Isuzu Traga malah mencatat kenaikan pangsa pasar dari 15,8% atau 6.151 unit di tahun 2019 menjadi 27,1% atau 6.660 unit di tahun 2020 atau mengalami pertumbuhan year to date sebesar 8,3%.

Gambar terima kasih Panther

Panther resmi tutup usia, demikian pula dengan pick upnya

Produk medium pick up andalan PT IAMI ini benar-benar berkontribusi besar terhadap penjualan kendaraan niaga di Indonesia. Di tengah pandemi Covid-19, penjualan Isuzu Traga ini tidak hanya bertahan, tapi justru meningkat menghasilkan penjualan signifikan. Bahkan tahun 2020 menjadi penjualan tahunan terbaik sejak peluncurannya di Ballroom XXI di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, 23 April 2018 silam.

>>> Lika-liku Perjalanan Isuzu Panther di Tengah Sengitnya Persaingan MPV

Sekilas Mengenai Traga

Traga diluncurkan tahun 2018 sebagai ‘pengganti’ Isuzu Bison yang tidak lagi dipertahankan karena penjualannya ‘buruk’. Bison kalah pamor dengan kembarannya si Mitsubishi L300 yang terus laris dan mencatatkan penjualan tinggi. Sebagai pengganti model lama Traga dibekali sejumlah keunggulan. Ruang kargonya lebih besar dibandingkan kompetitor.

Gambar Isuzu Traga

Traga punya sederet keunggulan yang membuatnya disukai pengusaha

Traga juga bertenaga dan irit BBM karena menggunakan mesin berkode 4JA1-L, berkapasitas 2500 cc yang legendaris. Mesin yang juga dipakai Panther ini menghasilkan tenaga hingga 80 HP pada putaran 3.500 rpm dan torsi maksimum 192 NM mulai 1.800 rpm. Dimensi juga jadi kelebihan Traga, dengan ukuran panjang 2.810 mm dan lebar 1.620 mm, Traga bisa membawa 60 galon air mineral sekaligus.

>>> Mau beli Isuzu Panther bekas? Cari pilihannya di sini

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top