Isuzu Belum Berminat Hadirkan Penantang Carry Dan Gran Max

11/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Isuzu Belum Berminat Hadirkan Penantang Carry Dan Gran Max
Kendaraan niaga ringan sekelas Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max memang selalu mendulang penjualan yang baik, tapi sayangnya Isuzu belum berminat ikutan?

Berhentinya produksi Isuzu Panther sekaligus dilanjutkan tongkat estafetnya ke Isuzu Traga membuat PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) tak lagi memiliki produk di kelas kendaraan niaga ringan. Kelas kendaraan niaga ringan sendiri saat ini dihuni oleh Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max. Tetapi hal itu tak lantas membuat PT IAMI memiliki keinginan untuk kembali terjun di kelas tersebut.

Belum Ada Niat Hadirkan Pesaing Carry Dan Gran Max

"Hingga saat ini IAMI masih fokus dulu ke pasar pick up medium (Traga). Intinya fokus ke produk yang ada dulu," papar Hiroki Motohashi, salah satu direktur PT IAMI.

Pernyataan pria asal Jepang ini ada benarnya, sebab untuk produk Isuzu Traga malah mencatat kenaikan pangsa pasar dari 15,8% atau 6.151 unit di tahun 2019 menjadi 27,1% atau 6.660 unit di tahun 2020 atau mengalami pertumbuhan year to date sebesar 8,3%.

Gambar terima kasih Panther

Panther resmi tutup usia, demikian pula dengan pick upnya

Produk medium pick up andalan PT IAMI ini benar-benar berkontribusi besar terhadap penjualan kendaraan niaga di Indonesia. Di tengah pandemi Covid-19, penjualan Isuzu Traga ini tidak hanya bertahan, tapi justru meningkat menghasilkan penjualan signifikan. Bahkan tahun 2020 menjadi penjualan tahunan terbaik sejak peluncurannya di Ballroom XXI di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, 23 April 2018 silam.

>>> Lika-liku Perjalanan Isuzu Panther di Tengah Sengitnya Persaingan MPV

Sekilas Mengenai Traga

Traga diluncurkan tahun 2018 sebagai ‘pengganti’ Isuzu Bison yang tidak lagi dipertahankan karena penjualannya ‘buruk’. Bison kalah pamor dengan kembarannya si Mitsubishi L300 yang terus laris dan mencatatkan penjualan tinggi. Sebagai pengganti model lama Traga dibekali sejumlah keunggulan. Ruang kargonya lebih besar dibandingkan kompetitor.

Gambar Isuzu Traga

Traga punya sederet keunggulan yang membuatnya disukai pengusaha

Traga juga bertenaga dan irit BBM karena menggunakan mesin berkode 4JA1-L, berkapasitas 2500 cc yang legendaris. Mesin yang juga dipakai Panther ini menghasilkan tenaga hingga 80 HP pada putaran 3.500 rpm dan torsi maksimum 192 NM mulai 1.800 rpm. Dimensi juga jadi kelebihan Traga, dengan ukuran panjang 2.810 mm dan lebar 1.620 mm, Traga bisa membawa 60 galon air mineral sekaligus.

>>> Mau beli Isuzu Panther bekas? Cari pilihannya di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top