iOS Baru Bikin Baterai iPhone Cepat Terkuras Saat Terkoneksi Apple CarPlay

11/06/2021

Pasar mobil

2 menit

Meski sudah menghadirkan peningkatan dari iOS 14.6, beberapa pengguna menyebutkan baterai iPhone mereka lebih cepat habis saat terkoneksi dengan Apple CarPlay.

Apple beberapa waktu lalu memperkenalkan iOS 14.6 dengan berbagai fitur dan peningkatan sistem guna memperbaiki isu performa dalam games dan sistem operasi. Namun pembaharuan tersebut masih menyisakan masalah lainnya: ada pengguna yang melaporkan bahwa baterai iPhone mereka lebih cepat habis ketika dikoneksikan dengan Apple CarPlay.

Baterai habis lebih cepat

Dalam sebuah forum diskusi discussion.apple.com, seorang pengguna iPhone dari akun pruthvirajatil1911 menyebutkan bahwa pembaharuan dari iOS 14.6 menyebabkan baterai iPhone habis lebih cepat, terlebih ketika sedangkan dikoneksikan dengan Apple CarPlay.

iPhone di-charger di dalam mobil
Baterai habis lebih cepat bahkan ketika diisi ulang

>>> Apple CarPlay di Mobil Honda Banyak Dikeluhkan Bermasalah

Sebagian pemilik iPhone bahwa menyebutkan bahwa baterai mereka terkuras bahkan ketika iPhone terhubung dengan charger. Beberapa pengguna mengklaim bahwa perangkat mereka mati dalam semalam meski sudah diisi daya. Dan yang lainnya menyebutkan bahwa masa pakai baterai dikatakan turun menjadi kurang dari 10 jam.

Di sisi lain, penting untuk diketahui bahwa ini bukanlah masalah yang dialami oleh sebagian besar pengguna iPhone dengan pembaharuan terbaru. Sebagian pengguna di forum tersebut juga menanyakan tentang kondisi baterai pengguna, aplikasi tertentu yang bisa menguras daya, serta detail lain yang menyebabkan kondisi ini.

>>> Apple Car Dipercaya Jadi Pemain Serius di Industri Otomotif Global

Diselesaikan dengan downgrade iOS

Lebih lanjut, pengguna menjelaskan bahwa baterai iPhone mereka habis lebih cepat ketika terkoneksi dengan Apple CarPlay pada head unit meskipun sedang mengisi daya di saat yang bersamaan. Lalu, apakah ada yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah ini? Beberapa pendapat mengatakan bahwa full reset iPhone bisa meredakan masalah ini.

Apple CarPlay yang ada di dalam mobil
Beberapa pengguna menyebutkan bahwa downgrade iOS bisa mengatasi masalah ini

Pendapat lainnya menyebutkan bahwa Anda bisa melakukan downgrade ke versi iOS sebelumnya dan menunggu pembaharuan perangkat dari perbaikan yang diberikan Apple. Sayangnya, Apple telah berhenti mengurusi iOS 14.5.1. Sehingga jika Anda sudah melakukan update ke iOS 14.6, Anda tidak bisa lagi melakukan downgrade.

Sementara itu, Apple masih tetap bungkam tentang masalah pengurasan baterai yang dialami oleh pengguna. Jadi hingga kini, belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai apakah Apple sedang mempersiapkan update terbaru untuk mengatasi masalah ini. Apalagi tak ada pembaharuan terbaru yang sedang dilaporkan dalam waktu dekat.

>>> Dapatkan pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top