Intip Teknologi Turbo di Mobil Daihatsu, Segera Diterapkan di Indonesia?

24/02/2021

Pasar mobil

4 menit

Intip Teknologi Turbo di Mobil Daihatsu, Segera Diterapkan di Indonesia?
Teknologi turbo bukan hal baru di mobil Daihatsu. Setidaknya ada tiga model mobil Daihatsu yang sudah mengusung mesin turbo. Akankah diterapkan di Indonesia?

Penggunaan komponen turbo pada sebuah mobil bukan hal baru belakangan ini. Kalau diperhatikan ada berbagai pabrikan yang mulai menyematkan mesin turbo pada sejumlah model mobil yang diproduksi agar bisa memberikan tenaga ekstra pada mesin. 

Rupanya hal itu juga diterapkan oleh jenama asal Jepang, Daihatsu. Diketahui beberapa model mobil milik Daihatsu di Jepang memiliki kapasitas cc mesin yang lebih kecil, namun dapat memiliki performa rata-rata hingga 30% dari kemampuan kapasitas mesin aslinya berkat bantuan komponen turbo. 

>>> Intip Kisi-kisi Harga Daihatsu Rocky-Toyota Raize

Daihatsu Rocky Jadi Salah Satu Mobil yang Usung Turbo

Gambar mesin 1KR-VET Daihatsu

Mesin 1KR-VET

Sebagaimana diketahui, Daihatsu di Jepang telah meluncurkan 3 produk baru dalam 2 tahun terakhir yang mengaplikasikan teknologi turbocharger pada mobilnya, seperti Daihatsu New Tanto, dan Daihatsu Rocky pada 2019, dan Daihatsu New Taft pada 2020.

“Sebagai salah satu produsen mobil yang selalu berinovasi dalam mengembangkan setiap produknya, Daihatsu selalu berusaha memenuhi permintaan pelanggan yang menginginkan sebuah kendaraan dengan performa tinggi, dan lebih ramah lingkungan,” ujar Anjar Rosjadi, Head of MPPD (Marketing Product Planning Division) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam siaran pers yang diterima Cintamobil, Rabu (24/2/2021). 

Secara fungsi dan mekanis, komponen turbocharger pada mobil Daihatsu mengadaptasi sistem dengan cara mendorong induksi di dalam mesin mobil dengan memanfaatkan gas buang dari mesin untuk menghasilkan udara dalam jumlah besar menuju silinder untuk pembakaran. Karena turbocharger ini memanfaatkan aliran udara hasil pembakaran di saluran buang sebagai sumber energi, maka dipastikan kendaraan Daihatsu juga lebih ramah lingkungan.

Perlu digarisbawahi mesin turbo ini baru tersedia terbatas di mobil Daihatsu di Jepang. Di Indonesia, hingga saat ini belum ada mobil Daihatsu yang mengusung teknologi turbo. Tapi kemungkinannya pun selalu ada. Daihatsu sendiri tercatat hanya mengisi pasar Jepang, Indonesia, dan juga Malaysia. Maka peluang mobil Daihatsu di Indonesia mengusung mesin turbo pun besar. Di Malaysia bahkan kembaran Daihatsu Rocky telah meluncur lebih dulu dengan nama Perodua Ativa. 

mesin turbo

Perodua Ativa gunakan mesin turbo

>>> Kembaran Daihatsu Rocky Dijual di Malaysia, Harga Mulai Rp 200 Jutaan

Harga Mobil Daihatsu Rocky Mulai Terkuak? 

Terlebih baru-baru ini ada mobil yang diduga sebagai Daihatsu Rocky tercantum dalam Lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor tahun 2021. 

Rocky diisyaratkan dengan tipe A250RS-GMVVJ 1.0, kemudian ada juga A251RS-GBLFJ 1.2, dan A251RS-GMXFJ 1.2. Bila diperhatikan mesin 1.0 L itu merujuk pada turbo seperti yang ada di Jepang. 

Daihatsu Rocky

NJKB mobil yang diduga Daihatsu Rocky

Kemudian ada juga Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) tercantum dalam lampiran tersebut. Untuk mobil yang diisyaratkan sebagai Daihatsu Rocky itu memiliki NJKB mulai dari Rp 130 juta hingga Rp 168 juta. Tapi itu bukanlah patokan yang bisa digunakan. Mengingat Agen Pemegang Merek pasti punya perhitungan tersendiri sebelum menentukan harga.

"Kalau untuk Rocky atau Taft tunggu tanggal mainnya lah," ungkap Anjar di kesempatan terpisah. 

>>> Daftar Mobil Daihatsu yang Dapat Diskon PPnBM

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top