Intip Spesifikasi Toyota Yaris WRC

19/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Intip Spesifikasi Toyota Yaris WRC
Spesifikasi Toyota Yaris WRC yang ada saat ini sudah ada sejak tahun 2017, maka tak heran speknya akan segera berganti, sebab Yaris di dunia sudah ganti model

Sebenarnya spesifikasi Toyota Yaris WRC yang ada saat ini sudah ada sejak tahun 2017, maka tak heran speknya akan segera berganti, sebab Yaris di dunia sudah ganti model. Setelah absen lebih dari 18 tahun, Toyota akhirnya kembali ke arena World Rally Championship dengan mengandalkan Toyota Yaris sebagai basisnya. Lantas, apa saja kesaktian Toyota Yaris WRC yang telah menyumbangkan banyak kemenangan bagi Toyota?

Gambar Toyota GR Yaris

Kedepan Toyota GR Yaris ini akan jadi suksesor Toyota Yaris WRC

Spesifikasi Toyota Yaris WRC

Ajang reli dunia menyaratkan penggunaan mobil produksi massal untuk dikembangkan agar sesuai regulasi WRC. Toyota memanfaatkan Yaris yang dikenal sebagai hatchback populer untuk yang berjiwa muda dan selalu ingin merasakan sensasi dan performa terbaik mobil kesayangannya. Dengan bodi kompak khas mobil perkotaan dan segmen penggemarnya yang gemar kecepatan, Menurut Cintamobil.com, Yaris juga dianggap pas untuk mewakili Toyota bertarung di ajang reli dunia.

Gambar Toyota Celica GT-FOUR

Toyota Gazoo Racing hadir dengan membawa semangat kesuksesan Toyota reli jaman dulu

Keputusan Toyota untuk kembali ke reli dunia diambil bertepatan dengan diresmikannya TGR di tahun 2015, dan sejak saat itu persiapan diakselerasi. Toyota bekerjasama dengan Tommi Mäkinen, mantan juara dunia reli 4 kali di era 1990an sebagai Team Principal of TOYOTA GAZOO Racing WRT. Pengalaman Tommi berlaga di ajang reli dunia dan sukses merebut gelar juara menggunakan berbagai macam dan merek mobil merupakan alasan pembalap asal Finlandia ini diminta sebagai pemimpin tim.

Gambar Tommi Makinen dan Sebastien Ogier Toyota WRC

Tommi Mäkinen (kiri) jadi penanggung jawab tim

Ribuan jam dihabiskan demi pengembangan, program pengujian dan kerja tim yang luar biasa telah mengisi hari-hari TOYOTA GAZOO Racing WRT selama lebih dari setahun. Fokusnya hanya satu, siap mengikuti seri pembuka WRC 2017 yakni Reli Monte Carlo. Seperti mobil balap Toyota lainnya, Yaris WRC juga dites dan mendapatkan persetujuan langsung dari Master Driver Morizo atau Akio Toyoda sebelum mulai berlaga di tahun 2017.

Gambar Morizo di Toyota Yaris WRC

Akio Toyoda alias Master Driver Morizo cek langsung kesiapan Toyota Yaris WRC sebelum debut di 2017

Yaris yang dipakai sudah memperoleh berbagai ubahan untuk memenuhi regulasi teknis yang ditetapkan. Sejak mulai ikut reli dunia di tahun 2017, Yaris WRC memperoleh banyak sekali pengembangan, mulai dari sektor aerodinamika, mesin, sistem penggerak 4WD, suspensi, hingga body work untuk menggapai performa maksimal di medan reli yang tidak mentolerir celah kesalahan.

>>> Mau bergaya seperti pereli? Beli Toyota Yaris kondisi bekas dengan kondisi baik di sini

Mesin Toyota Yaris WRC

Gambar mesin 1.600 cc turbocharger Toyota Yaris WRC

Mesin berkapasitas 1.600 cc 4-silinder 'diperah' tenaganya hingga 380 HP

Yaris WRC menggunakan mesin 1.600 cc 4-silinder turbo direct injection bertenaga lebih dari 380 PS dan torsi lebih dari 425 Nm. Tenaga disalurkan ke seluruh roda via transmisi semi otomatis 6-speed dilengkapi teknologi active center differential dan full-time four-wheel-drive systems untuk memastikan tenaga sanggup didistribusikan sesuai kebutuhan masing-masing roda yang sangat dinamis sesuai dengan kondisi lintasan.

Gambar Toyota Yaris WRC

Spesifikasi yang superior membuat pereli enteng melibas berbagai medan reli

Spesifikasi dan pengaturan kendaraan berubah di setiap laga, tergantung lintasan apakah gravel (kerikil), snow (salju), atau tarmac (aspal). Tidak hanya ban, namun rem dan suspensi juga ikut menyesuaikan. Untuk reli yang diadakan di aspal mulus, ketinggian kendaraan harus dijaga seminimal mungkin, tapi di jalan reli kerikil yang kasar, mobil harus lebih tinggi untuk menghindari kontak dengan permukaan jalan.

Gambar Toyota Yaris WRC sedang bermanuver di tangan Sebastien Ogier

Penggunaan active center differential membuat mobil dengan mudah 'menari' di trek reli

Selain itu, untuk mengakomodasi perubahan kondisi lingkungan seperti hujan, pengaturan beberapa komponen penting seperti suspensi dan power train disesuaikan sesuai kebutuhan, termasuk ban yang menggunakan ban khusus untuk lintasan bersalju. Untuk mengemudi di malam hari, jarak pandang ditingkatkan dengan memasang sumber cahaya tambahan di kap mesin. Begitu banyak data dan parameter aktual yang bisa dipelajari dan dikembangkan dari dunia reli.

Gambar sistem penggerak GR Yaris

Spesifikasi Toyota Yaris WRC perlahan 'diturunkan' ke versi jalan raya

Teknologi yang diaplikasikan pada Yaris WRC juga sudah diterapkan pada Yaris versi jalan raya di Jepang dan Eropa. Seperti mesin kecil (antara 1.000 – 1.600 cc) dengan sistem injeksi langsung (direct injection), suntikan turbo, dan sistem penggerak empat roda aktif. Yaris WRC juga merupakan basis pengembangan Yaris GRMN yang dibuat terbatas 100 unit di tahun 2017. Yang terakhir adalah Toyota GR Yaris yang baru saja dihadirkan tahun ini dan sudah mengundang animo penggemar kecepatan lantaran dapat merasakan seperti balapan.

Agar lebih mudah dipahami, maka berikut ini kami jabarkan spesifikasi Toyota Yaris WRC selengkapnya:

Mesin

1.600 cc 4-silinder turbo, direct injection

Tenaga

Diatas 374,9 HP

Torsi

Diatas 425 NM

Transmisi

6-speed hydraulic shift (dog drive)

Sistem Penggerak

Intelligent 4 wheel drive system

Kopling

Double plate

Suspensi

Macphearson

Kemudi

Hydraulic rack and pinion

Rem

300 mm gravel / 370 mm aspal

Dimensi (PxL)

4.085 x 1.875 mm

Wheelbase

2.511 mm

Bobot

1.190 kg

Kecepatan Puncak

201 km/jam

>>> Berapa harga Toyota Yaris terbaru? Cari tahu di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top