Intip Spesifikasi Kamera ETLE Mobile yang Ada di Helm dan Mobil Polisi

23/03/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Intip Spesifikasi Kamera ETLE Mobile yang Ada di Helm dan Mobil Polisi
Motor dan mobil polisi yang sedang bertugas patroli mulai dilengkapi dengan kamera ETLE mobile untuk membantu menjalakan mekanisme tilang elektronik yang sudah berlaku di sejumlah daerah di Indonesia.

Sebanyak 30 kamera ETLE Mobile sudah mulai dipasang secara bertahap oleh jajaran petugas Ditlantas Polda Metro Jaya. Keberadaan kamera ini akan membantu sistem tilang elektronik yang selama ini sudah mulai diberlakukan di beberapa ruas jalan di kota-kota besar di Indonesia.

Karena sifatnya mobile, maka keberadaan kamera ini bukan hanya di tempatkan pada satu tempat tertentu. Namun berpindah-pindah tempat mengikuti kebutuhan kegiatan petugas patroli kepolisian.

Lalu apa perbedaan antara kamera ETLE mobile dan kamera ETLE biasa? Mari kita ulas secara lebih lengkap.

>>> 10 Jenis Pelanggaran yang Bakal Terekam Kamera Tilang Elektronik

Spesifikasi Kamera ETLE Biasa

Kamera ETLE CCTV

Menggunakan CCTV ANPR berjenis check point dan weight in motion

Istilah ELTE (Electronic Traffic Law Enforcement) dalam beberapa bulan terakhir memang semakin gencar terdengar. Hal ini sebagai inovasi pihak Polda Metro Jaya yang ingin memanfatakan teknologi informasi yang semakin maju dengan menerapkan sistem tilang elektronik (e-tilang).

Kamera ETLE ini awalnya hanya dipasang di beberapa ruas jalan utama di Ibukota, seperti jalan Sudirman-Thamrin. Fungsinya antara lain menangkap beberapa pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengemudi kendaraan bermotor, seperti tidak menggunakan sabuk keselamatan, berponsel saat mengemudi, melanggar marka jalan, berhenti di depan garis stop, dan tidak menggunakan helm. Namun kemudian penggunaannya meluas sampai ke sebagian besar daerah di Nusantara.

Untuk kamera ETLE biasa yang dipasang di sejumlah ruas jalan ini menggunakan kamera jenis Closed Circuit Television (CCTV) berteknologi Automatic Number Plate Recognition (ANPR). Ada juga kamera yang terpasang berjenis check point dan weight in motion. Bahkan kamera ini mampu menembus kaca film mobil dengan kegelapan yang cukup pekat.

NTMC Polri

Setiap gambar yang terekam kamera, akan terhubung dengan pusat data Polri

>>> Cara Mengetahui Lokasi Tilang Elektronik Pakai Aplikasi Waze

Fungsinya tentu saja untuk merekam informasi pelat nomor pemilik kendaraan. Kamera ini akan menangkap gambar dari setiap kendaraan yang melintas di lokasi yang terpasang kamera, baik kendaraan roda empat maupun roda dua. Jika ternyata terbukti ada pelanggaran, maka gambar hasil tangkapan kamera akan dikirim ke alamat pemilik kendaraan tersebut sebagai bukti tilang elektronik.

Spesifikasi Kamera ETLE Mobile

Setelah kamera ETLE biasa terpasnag hampir disemua ruas jalan utama di kota-kota besar di Indonesia, dengan total terpasang 150 kamera, maka kini pihak Polda Metro Jaya mulai menerapkan juga kamera ETLE Mobile. Rencananya akan dipasang 30 unit kamera ETLE Mobile sampai akhir 2021, dan 16 diantaranya sudah terpasang untuk setiap petugas yang berpatroli di jalan-jalan arteri Ibukota. Sementara sisanya, selain dipasang di para petugas, juga akan dipasang di koridor TransJakarta.

Bodycam ETLE

Ada yang berjenis bodycam, dipasang di helm, atau dashcam mobil

>>> Review Hyundai Sonata 2020: Generasi Baru Dari ‘Anak Emas’ Hyundai

Berbeda dengan kamera ETLE biasa yang terpasang statis di satu titik ruas jalan, maka untuk ETLE mobile akan terpasang di seragam, helm, atau mobil petugas partoli jalan raya. Keberadaan kamera-kamera ini tentunya akan membantu merekam bentuk pelanggaran lalu lintas di jalan raya. Bahkan Polda Metro Jaya berniat menghapuskan sistim tilang ditempat dan menggantinya dnegan sistem tilang elektonik.

Nah kamera yang terpasang ini juga menggunakan beberapa jenis kamera berbeda. Mislanya untuk kamera yang terpasang di helm petugas patroli menggunakan kamera jenis SENA 10C Pro yang bisa merekam video dan audio selama 4 jam non stop. Selain itu, kamera ini juga dilengkapi teknologi interkom sehingga antar petugas yang terpasnag kamera tersbeut bisa saling berkomunikasi.

Sementara untuk kamera yang dipasang di seragam petugas, menggunakan kamera jenis bodycam yang nantinya dipasang di rompi petugas. Untuk kamera yang dipasang di mobil petugas, akan menggunakan kamera jenis dashcam alias kamera dasbor.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top