Intip Kelebihan Honda Brio yang Juga Dimiliki Nadiem Makarim

29/04/2021

Pasar mobil

4 menit

Salah satu mobil yang dimiliki Mendikbudristek Nadiem Makarim adalah Honda Brio. Apa kelebihan Honda Brio yang mampu memikat banyak kalangan untuk meminangnya?

Mobil Honda Brio nyatanya mampu menggaet banyak kalangan. Dari anak muda hingga pengusaha pun kepincut akan mobil mungil keluaran Honda ini. Tak terkecuali Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang baru dilantik Nadiem Makarim. Mantan orang nomor satu di Gojek itu diketahui memiliki Honda Brio di garasi rumahnya. 

Mengutip Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetor Nadiem ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2019, dari tiga mobil yang dimiliki Honda Brio tersemat di dalam daftar tersebut. Adalah Honda Brio lansiran tahun 2017 yang ditaksir punya harga Rp 162 juta. 

Tapi sebenarnya apa kelebihan Honda Brio sehingga mampu memikat banyak kalangan? 

Nadiem Makarim

Nadiem Makarim saat pelantikan jadi Mendikbud-Ristek

>>> Irit Dan Kencang, Konsumsi BBM Honda City Hatchback RS 2021 Seirit Brio!

1. Honda Brio Berdesain Sporty 

Honda Brio 2017 tampil sporty. Hal itu bisa dilihat dari sisi desain dengan hadirnya  grill hitam dan tebal memberikan kesan tegas dan mantap untuk dikendarai. Menggunakan projector headlamp (RS) sangat menambah percaya diri anda sebagai pengendaranya, disektor kaki, velg alloy wheel ukuran 15 inchi, ditambah dengan lampu sein pada kaca sepion (RS) menjadikan mobil ini lebih sporty. Bentuknya yang mungil juga mengesankan mobil lincah dan asyik untuk diajak berkendara. 

2. Irit Bahan Bakar 

Salah satu hal yang cukup melekat pada Brio adalah keiritannya. Keiritan tersebut ditopang oleh penggunaan mesin 1.2L i-VTEC Engine. Mesin ini mampu memberikan tenaga sebesar 90 PS/6.000 rpm, dengan torsi 110Nm/4.800 rpm. Dalam beberapa pengetesan, Honda Brio mampu menembus konsumsi bahan bakar lebih dari 20 km/liter. Keiritan ini tentu menjadi kelebihan Honda Brio sekaligus daya tarik tersendiri. Maklum, di Indonesia mobil yang irit bahan bakar masih jadi pertimbangan sebelum membeli mobil. 

Mesin Honda Brio 2017 dengan beberapa tulisan di dalam misalnya 90 PS Max power 90PS@6000rpm, max torque 110Nm@4800rpm

Mesin Honda Brio

Mau lebih irit lagi? Tidak perlu khawatir, Honda Brio 2017 ini dilengkapi dengan ECO indicator. Fitur ini dapat mendeteksi dan memeberikan informasi mengenai berkendara hemat secara real time melalui cara mengemudi anda, dan perlu anda ketahui juga Honda Brio 2017 memiliki gas buang lebih bersih dan telah lulus uji standar emisi EURO-2 oleh pemerintah Indonesia serta memenuhi syarat EURO-4.

Honda Brio 2017 sudah terdapat ECO Indicator di bagian interiornya

Eco indicator di Brio

>>> Resep Honda Brio Bisa Menjadi yang Terlaris pada Tahun 2020

3. Fitur Honda Brio Cukup Mumpuni

Si mungil ini juga dibekali sejumlah fitur yang membuat pengendara akan merasa aman dan nyaman saat di jalan. Adapun fitur di dalam Honda Brio 2017 antara lain ABS dan EBD, pengaturan AC digital yang mengesankan kemodernan, serta Dual Front SRS Airbag. 

Gambar bagian dashboard mobil Honda Brio 2017 dengan pengatur AC di dalamnya

Pengaturan AC dilakukan digital

4. Harga Terjangkau

Seperti tercantum dalam LHKPN yang disetor Nadiem, harga Honda Brio memang cukup terjangkau. Mobil dibanderol tak sampai Rp 200 juta untuk varian tertingginya. 

Itu tadi sederet kelebihan Honda Brio 2017. Namun, Brio bukan satu-satunya mobil yang dimiliki oleh Nadiem. Selain Brio, ada juga Toyota Harrier tahun 2015 dan Toyota Vellfire keluaran 2018. Keseluruhan mobil diperoleh Nadiem dari hasil sendiri. Kalau ditotal ketiga mobil itu dibanderol Rp 2.076.076.550. 

>>> Jadi Mobil LCGC Termahal, Apa Saja Fitur di Dalam Honda Brio Satya?

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top