Intip Cara Unik Kepolisian India Periksa Pelanggar Lockdown

10/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Intip Cara Unik Kepolisian India Periksa Pelanggar Lockdown
Kepolisian India gunakan cara unik hadirkan robot empat roda bernama Robot Cop LD untuk mengawasi pelanggar lockdown di zona merah agar tetap berada di rumah.

India telah memperpanjang penerapan lockdown untuk menurunkan penyebaran virus corona atau covid-19. Pemerintah setempat juga telah mengumumkan zona merah untuk mengidentifikasi wilayah berbahaya. 

>>> Astra UD Trucks Berikan Berbagai Kemudahan di Tengah Pandemi Covid-19

Gambar menunjukan Robot Cop LD

Robot Cop LD ketika beroperasi di kota Chennai

Umumnya pengawasan di dalam zona merah ini bisa berbahaya bagi petugas kepolisian yang bertugas di garis depan bisa ikut terinfeksi ketika mengawasi warga pelanggar lockdown yang ingin keluar rumah. Melakukan langkah pencegahan agar tidak ikut tertular, polisi setempat telah mengerahkan robot roda empat yang dapat digunakan untuk memasuki zona merah dan mengendalikannya dari jarak yang aman.

Dinamakan sebagai Robot Cop LD, kendaraan khusus ini dapat dikontrol melalui jarak jauh dari jarak 1 km. Robot Cop LD dilengkapi dengan fitur teknologi tinggi yang memungkinkan polisi yang bertugas tanpa mendapati risko ikut tertular virus Covid-19.

>>> Lombardi Sulap Kabin Mercedes-Benz Vito Bisa Cegah Covid-19, Harganya Rp 1.73 M

Gambar meninjukan Robot Cop LD

Robot Cop LD memberikan himbauan kepada masyarakat

Robot tersebut dapat digunakan untuk pengawasan untuk memeriksa apakah ada pelanggar lockdown yang eluar dari rumah mereka selama periode yang telah ditetapkan oleh  Pemerintah. Menariknya robot tersebut juga dibekali dengan alat komunikasi dua arah yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di zona merah.

Selain itu ada juga sistem pengumuman publik yang dapat digunakan untuk membuat orang mengetahui informasi tentang lockdown dan juga mengumumkan informasi penting apa pun. Robot roda empat ini juga menampilkan layar LED yang dapat digunakan oleh polisi untuk memberikan pesan himbauan.

>>> Pertamina Punya Promo Cashback 50% untuk Sopir Angkot yang Isi Pertalite

Sayangnya kepolisian kota Chennai yang menggunakan robot roda empat ini belum mengatakan apa-apa tentang sejumlah robot yang saat ini beroperasi di wilayah tersebut. Serta berapa lama robot tersebut bisa beroperasi dan sanitasi ketika robot kembali dari zona merah atau berbahaya tersebut.

Namun yang pasti Robot Cop LD akan membantu Kepolisian Chennai untuk tetap aman dan menghindari infeksi sebanyak mungkin ketika mengawasi pelanggar lockdown. Aturan lockdown di India sendiri saat ini telah diperpanjang hingga 17 Mei 2020. Pemerintah setempat juga  telah melonggarkan beberapa peraturan dan telah menekankan harapan untuk kembali ke kehidupan normal dalam beberapa bulan mendatang. 

>>> Berita otomotif menarik dan terbaru lainnya bisa dibaca di sini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mercedes-Benz CLS 260: Perpaduan Kemewahan Dengan Efisiensi

09/05/2020

Mobil baru

3 menit

Mercedes-Benz CLS merupakan sebuah coupe empat pintu mewah dengan mesin besar. Namun, Mercedes menawarkan varian CLS 260 dengan mesin 1.500cc yang efisien di pasar Cina.

Lihat juga

Suzuki Gelar Lomba Foto Cerita #DiRumahBarengSuzuki, Yuk Ikutan!

09/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Bosan #DiRumahAja, Yuki ikutan lomba foto cerita #DiRumahBarengSuzuki! Ada hadiah uang tunai jutaan rupiah dan hadiah menarik buat cerita yang masuk 10 besar.

Lihat juga

Masih Bingung DFSK Mobil Buatan Mana? Ini Penjelasan Lengkapnya

10/05/2020

Jual beli

8 menit

Mungkin Anda satu dari beberapa orang yang kerap menanyakan DFSK mobil buatan mana sih? Nah kali ini ada penjelasan lengkapnya termasuk kelebihan mobil ini nih!

Lihat juga

Car Care Kit Auto2000 Buat yang Ingin Merawat Mobil Saat #DiRumahAja

10/05/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ketika bingung ingin melakukan perawatan kednarana tapi tidak ada alat yang emmadai, maka bisa dicoba Car Care Kit Auto2000 yang produknya cukup lengkap.

Lihat juga
 
back to top