Inilah Trim Unik Toyota Kijang Kapsul Hasil Kreasi Dealer

11/05/2021

Pasar mobil

5 menit

Memenuhi permintaan konsumen, sejumlah dealer mengeluarkan beberapa varian unik Toyota Kijang kapsul dengan kelengkapan fitur yang setara varian lebih tinggi.

Selain varian standar yang dikeluarkan oleh pabrik dalam hal ini adalah APM, terkadang dealer juga memiliki ide kreatif dengan menawarkan sejumlah varian yang memikat karena sarat dengan fitur menarik. Contohnya bisa dilihat pada varian unik Toyota Kijang kapsul yang beredar pada kurun waktu 1997-2004. Sosok Toyota KIjang model kapsul menggantikan generasi Toyota Kijang Super dan pada gilirannya digantikan oleh Toyota Kijang Innova. 

>>> Murah Banget! Ini Harga Mobil Bekas Toyota Kijang di Bawah Rp 50 Juta

Tipe “Up”

gambar toyota kijang kapsul

Ilustrasi Toyota Kijang sasis pendek (SX, SSX) 

Dalam keluarga besar Toyota Kijang terutama trim SSX/LSX, terdapat tipe “Up” hasil kreativitas dealer. Rupanya, keberadaan tipe “Up” tidak lepas dari hukum ekonomi “permintaan dan penawaran”. Boleh jadi, konsumen ingin membeli Toyota Kijang tipe LGX yang lengkap dan mewah namun terkendala oleh masalah keuangan. Kemudian mereka membeli Toyota Kijang tipe SSX atau LSX yang kelasnya memang di bawah varian SGX atau LGX. Solusinya, sejumlah dealer mengeluarkan trim “Up” untuk menandai kelas tipe yang lebih tinggi dibanding LSX dan SSX standar dengan kelengkapan fitur sebagai berikut;

-    Power window  
-    Central lock  
-    Remote locking   
-    Konsol tengah yang menyambung hingga bagian depan di bawah dashboard
-    Wiper belakang
-    Velg alloy 14 inci 
-    Emblem Up di pintu belakang

Dengan membeli trim “Up”, pemilik Toyota Kijang SSX dan LSX tidak lagi merasa minder saat berpapasan atau bersanding dengan Toyota Kijang LGX. Toh, sama-sama punya power window, central lock, remote locking, konsol tengah, velg alloy dan wiper belakang. Tentu saja,  ada sejumlah produk aftermarket yang digunakan pada varian “Up”. Sebab, jalur komponen untuk varian SSX/LSX berbeda dengan SGX/LGX sejak awal proses produksi di pabrik.  

Tipe Hi-G 

Foto Toyota Kijang LGX

Gambar sebagai ilustrasi Toyota Kijang kapsul varian Hi-G

Setingkat di atas trim Toyota Kijang “Up”, terdapat  varian Toyota Kijang “Hi-G” yang boleh jadi mengacu pada trim level “Hi-Grade”. Varian “Hi-G” menandai kelas paling tinggi dalam keluarga besar SSX/LSX. Boleh disebut Kijang “Hi-G” ini setara dengan varian LGX. Menilik spesifikasinya, tipe “Hi-G” mendapatkan sentuhan yang lebih berkelas antara lain 

-    Velg Enkei JS-8 berukuran 15 inci 
-    Foot step aluminium
-    Spoiler atas (belakang)
-    Wiper belakang 
-    Emblem Hi-G di pintu belakang
-    Power window 
-    Kursi berlapis bludru
-    Lampu kabut (kuning) menyatu dengan lampu depan

Uniknya, trim Hi-G hanya berlaku untuk Toyota Kijang kapsul bermesin diesel seri 2L. Nah, kalau  membeli tipe “Up” sudah membuat  pemilik Toyota Kijang SSX dan LSX tidak  merasa minder saat berpapasan atau bersanding dengan Toyota Kijang LGX, maka dengan mempunyai Kijang “Hi-G”, pengguna Toyota Kijang SSX/LSX mungkin akan mendongak dagunya. Terlebih kelengkapan varian SSX/LSX Hi-G sudah setara dengan varian SGX/LGX. Terutama jika menghitung sistem AC double blower versi OEM (bukan dipasang oleh bengkel AC), kaca spion elektrik dan lampu kabut terintegrasi dengan lampu depan.  

>>> Fenomena Mobil Bekas: Harga Toyota Kijang Kapsul LGX Lebih Tinggi Dari Innova Di Tahun Yang Sama, Benarkah?

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

 
back to top