Inilah SPLU Kreasi Tiga Raksasa Eropa 

06/07/2021

Pasar mobil

3 menit

SPLU sudah menjadi kebutuhan mendesak di Eropa sehingga mendorong tiga raksasa Eropa untuk menjalin kerja sama mendirikan stasiun pengisian bersama  

Mari melupakan sejenak kompetisi di antara kita karena ada hal lain yang lebih penting untuk dikerjakan. Hal itu dibuktikan oleh tiga pabrikan truk terbesar di Eropa;  Daimler, Volvo dan Traton yang pada 5 Juli 2021 membuat perjanjian investasi senilai  € 500 juta (setara US$ 592 juta).

gambar spbu listrik

SPBU listrik sudah menjadi kebutuhan mendesak di Eropa

Perjanjian itu untuk pembangunan dan pengoperasian stasiun pengisian listrik umum (SPLU) bagi bus dan truk listrik jarak jauh di Eropa. Pada sisi lain, asosiasi industri otomotif Eropa (ACEA) sudah meminta pembangunan SPLU sebanyak 50.000 titik pada tahun 2030. Dibutuhkan investasi senilai € 10 miliar agar seluruh infrastruktur tersebut sudah siap beroperasi di benua Eropa pada tahun 2050.

>>> Mau Simpan Mobil Hybrid Dan Elektrik? Jangan Isi Baterai Sampai Penuh

Infrastruktur Massal

Investasi € 500 juta dipakai untuk membangun 1.700 unit SPLU (stasiun pengisian listrik umum) dengan sistem tegangan tinggi dan ramah lingkungan yang diposisikan dekat  jalan tol, termasuk dukungan logistik dan penyebaran jaringan listrik.

Gambar kerjasama pembuatan tempat charge truk dan bus listrik

Kerjasama hasil inisasi tiga grup

Diharapkan 1.700 SPLU tadi sudah siap beroperasi pada tahun 2027. Saat ini, perjanjian tersebut belum bersifat mengikat, namun nantinya akan dijadikan joint venture company dengan kepemilikan saham yang sama besar dan bermarkas di  Amsterdam, Belanda, serta mulai aktif pada tahun 2022. 

Truk Listrik

Dari sisi teknis, SPLU tersebut mampu mengisi baterai bus dan truk dalam waktu 45 menit. Dengan demikian, pengemudi dapat memanfaatkan waktu istirahatnya (regulasi Uni Eropa mewajibkan pengemudi beristirahat 1 jam untuk setiap pengemudian selama 4 jam 30 menit).

gambar truk

Setelah mengemudi 4 jam 30 menit, wajib istirahat 1 jam dan termasuk  45 menit untuk mengisi baterai

Sejatinya, plan pembangunan SPLU tersebut sejalan dengan kehadiran truk listrik Mercedes-Benz eActros beberapa waktu lalu. Berbekal baterai 420 kWh, Mercedes-Benz eActros memiliki jarak tempuh 400 km dan butuh waktu lebih dari satu jam untuk pengisian  20%-80% sehingga kehadiran SPLU jenis fast charger tidak bisa ditawar lagi.

Traton Group

Mungkin tidak banyak yang mengenal Traton Group yang menjadi salah satu pemain besar dalam segmen pasar bus dan truk di wilayah Eropa. Wajar saja karena Traton Group yang dulunya punya nama  Volkswagen Truck & Bus AG dan kini menjadi anggota keluarga Volkswagen Group.

gambar truk

Traton Group, gabungan merek MAN, Scania dan Volkswagen

Di mana nama-nama legendaris seperti MAN, Scania, Navistar dan Volkswagen Caminhões e Ônibus brands. Pada tahun  2020, Traton  Group berhasil menjual  190.200 unit  bus dan truk kelas ringan, sedang dan heavy duty secara global.  

>>> Gencar Dibangun, Berapa Tarif Pengisian Daya Kendaraan Listrik di SPLU?

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top