Inilah Nissan GT-R Terkencang Di Dunia Dengan 3.000 Hp Khusus Buat Drag Race

07/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Inilah Nissan GT-R Terkencang Di Dunia Dengan 3.000 Hp Khusus Buat Drag Race
Sengitnya persaingan di ajang drag race, membaut tuner kelas dunia berlomba-lomba membangun mobil kompetitif untuk turun di berbagai kelas. Salah satunya adalah tuner ETS yang membangun Nissan GT-R untuk kelas Pro Mod dengan tenaga yang dua kali lipat lebih besar dari Bugatti Chiron ini.

Performa Nissan GT-R tak hanya memiliki reputasi yang sangat baik di lintasan sirkuit, namun juga di dragstrip (lintasan drag race). Membangun Nissan GT-R tercepat di lintasan 402 meter selalu menjadi ambisi tuner dunia. Salah satunya adalah adalah tuner bernama Extreme Turbo System (ETS) yang baru saja merampungkan Nissan GT-R yang diklaim akan menorehkan waktu tercepat di lintasan drag race. Tuner asal Washington, Amerika Serikat tersebut membidik kelas Pro Modification (Pro Mod) yang merupakan salah satu kelas bergengsi di ajang drag race.

>>> Nissan Siapkan Generasi Terbaru GT-R dan Z?

Nissan GTR Pro Mod untuk turun diajang drag race

Nissan GT-R Pro Mod buatan tuner ETS ini siap membukukan rekor waktu tercepat di ajang drag race

Beberapa modifikasi dilakukan secara keseluruhan. Sasis misalnya, sudah menggunakan konstruksi tubular yang terkenal kuat, rigid dan memiliki bobot lebih ringan. Untuk bodinya, menggunakan replika dari bahan plastik komposit dengan konstruksi one piece. Selain bodi, penggerak All-Wheel Drive bawaan Nissan GT-R diganti dengan penggerak roda belakang (RWD) untuk menghemat bobot. Sehingga, berat keseluruhan Nissan GT-R Pro Mod ini mendekati 1,1 ton, sesuai dengan regulasi kelas Pro Mod yang mengharuskan mobil memiliki bobot minimal 1,1 ton berikut pembalap. Sebagai perbandingan, bobot Nissan GT-R standar mencapai 1,74 ton. 

>>> Sosok Menyeramkan Dan Siap Meneror, Inilah Asal-Usul Julukan Godzilla Pada Nissan Skyline GT-R

Foto Nissan GT-R Pro Mod tampak samping

Nissan GT-R Pro Mod menggunakan sasis tubular dengan bodi plastik untuk mereduksi bobot

Untuk mesin, masih menggunakan konfigurasi V6 twin turbo dari VR38DETT. Namun kapasitasnya dinaikkan (stroke up) dari 3.800 cc menjadi 4.300 cc dengan menggunakan blok mesin berbahan auluminium billet dari Willall Racing. Kedua turbo standar dari IHI diganti dengan buatan Precision Turbo 8685 dengan ukuran housing turbo lebih besar, yakni 86 mm dan lebih kuat untuk menerima settingan boost yang mencapai 3,1 bar. Dengan bahan bakar mengunakan methanol, tenaga yang dihasilkan mencapai 3.000 hp atau setara dengan 20 unit Toyota Kijang Innova diesel!

>>> Review Nissan GT-R Nismo 2020: 'Godzilla' Tumbangkan Euphoria Toyota Supra

Foto Nissan GT-R Pro Mod buatan tuner ETS

Sebelumnya pada awal 2019 lalu, ETS sempat membukukan  waktu 6,58 detik di lintasan 402 meter

Untuk menyalurkan tenaga monster tersebut, transmisi otomatis dual clutch berkode GR6 masih diandalkan. Namun ETS melakukan beberapa penguatan dengan menggunakan reiforcement kit dari Shep transmission plus penggunaan internal gear dari Dodson Motorsport yang memang popular digunakan untuk ajang drag race kelas Pro Street atau Pro Modified dengan tenaga di atas 1.500 hp. Dengan spesifikasi Nissan GT-R Pro Mod kini, ETS percaya diri untuk menajamkan waktu 0-402 meter dari zona 6,5 detik untuk masuk ke zona 5 detik atau tepatnya 5,65 detik. Awal tahun 2019 lalu, ETS sempat sukses membukukan waktu 0-402 dalam waktu 6,58 detik dengan kecepatan 232 mph atau sekitar 373 km/jam! Ngeri!

>>> Simak pula kumpulaan artikel berita terbaru lainnya di sini

Share this post:

Berita lain

Nissan Mempertimbangkan untuk Mengakhiri Produksi Qashqai dan Juke di Inggris, Ada Apa?

04/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Keluarnya rencana Britania Raya dari keanggotaan Uni Eropa, dikenal dengan istilah Brexit. Selain politik, Brexit juga berpengaruh terhadap ekonomi.

Lihat juga

Sukses Dengan LEAF, Nissan Siapkan SUV Listrik

16/09/2019

Pasar mobil

4 menit

Menyusul keuksesan LEAF, Nissan ingin memanfaatkan momentum dengan memperkenalkan line-up mobil listrik terbarunya, salah satunya sebuah SUV listrik yang diperkenalkan 2021 mendatang.

Lihat juga

Teknologi E-Power Pada Nissan Note Membuatnya Mampu Berjalan 1.400 Km Dalam Sekali Pengisian Bahan Bakar

11/09/2019

Mobil baru

4 menit

Teknologi e-Power tak hanya membuat Nissan Note s-Power irit dan bertenaga, namun juga memberikan jangkauan jarak yang optimal tanpa perlu mampir ke charging station

Lihat juga

Test Drive Nissan LEAF & Note E-POWER: Dipastikan Masuk Indonesia Tahun Depan?

10/09/2019

Mobil baru

4 menit

Kami berkesempatan untuk mencoba mobil listrik dan hybrid kebanggaan Nissan, yakni LEAF dan Note e-Power. Bagaimana impresinya? Simak ulasannya berikut ini

Lihat juga

Komparasi Nissan X-Trail VL 2019 Atau Honda CR-V Prestige 2019? Medium SUV 7 Penumpang Berlimpah Fitur

22/08/2019

Jual beli

5 menit

Hadirnya Nissan X-Trail terbaru pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) meramaikan kompetisi segmen medium SUV dengan harga Rp 500 jutaan. Salah satu penantang terdekatnya adalah Honda CR-V yang sudah disematkan mesin turbo. Bila Anda bingung memilihnya, berikut komparasi Nissan X-Trail 2019 vs Honda CR-V 2019.

Lihat juga