Inilah Mobil Bertenaga Listrik Pertama Paling Tahan Banting Menurut IIHS

19/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Inilah Mobil Bertenaga Listrik Pertama Paling Tahan Banting Menurut IIHS
Mobil serba listrik pertama milik Audi, SUV Audi e-Tron telah dinobatkan sebagai mobil pilihan untuk sistem keselamatan oleh Insurance Institute for Highway Safety (IIHS). Ini adalah kali pertama mobil bertenaga listrik mendapatkan penghargaan tersebut.

Sebelumnya, penghargaan mobil terbaik dalam hal kecelakaan selalu didapatkan oleh mobil bertenaga baterai. Dengan meningkatnya teknologi serta sistem keselamatan yang diberikan pada mobil bertenaga listrik, SUV ramah lingkungan Audi e-Tron mendapatkan peringkat tertinggi dalam hal keselamatan kecelakaan.

penghargaan mobil terbaik dari IIHS untuk Audi e-Tron berwarna biru 
Audi e-Tron mendapatkan penghargaan dalam keselamatan ketika terjadi kecelakaan

>>> Memiliki Sistem Keselamatan Tinggi, Mobil ini Juga Tercatat Paling Sering Mengalami Tabrakan

Audi e-Tron memperoleh peringkat “Good” di seluruh pengujian dalam kategori “Kelayakan Kecelakaan”. Penghargaan ini adalah yang tertinggi yang ditawarkan oleh IIHS. Organisasi non-profit ini mengungkapkan bahwa sistem pengereman darurat otomatis “Pre Sense Front” milik e-Tron berjalan dengan baik, menghindari kecelakaan dalam pengujian 40 km/jam.

IIHS mengatakan pada hari Rabu (14/8) bahwa e-Tron memenuhi kriteria untuk mendapatkan peringkat keamanan teratas dengan sistem keamanan standar. Mobil yang mampu melaju hingga 328 kilometer dengan sekali pengecasan ini mendapatkan peringkat teratas baik pada pengujian kecelakaan depan, terbalik, kekuatan atap, hingga tes pengekangan kepala, menurut IIHS.

>>> Berita pasar otomotif menarik lainnya di Cintamobil.com

sistem keselamatan kepala dari benturan pada Audi e-Tron
Audi e-Tron memberikan keamanan tinggi bagi kepala ketika terjadi kecelakaan

Pesaing e-Tron, Tesla Model 3 memang belum sepenuhnya diuji oleh IIHS. Dilansir dari The Verge, seorang juru bicara IIHS mengatakan bahwa mereka memiliki empat Model 3 yang saat ini sedang menjalani atau menunggu pengujian.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Selain Model 3, IIHS juga belum menguji Model X. Kesenjangan antara Tesla dan IIHS sebelumnya terjadi setelah Tesla mempertanyakan “metode dan motivasi” organisasi asal Arlington, Texas tersebut karena tidak menerima penghargaan yang sama untuk Model S pada 2017 silam.

Pengujian uji tabrakan Audi e-Tron yang dilakukan oleh IIHS
 

Peringkat terbaik dari IIHS disebut mampu menjadi pendongkrak penjualan bagi e-Tron yang saat ini mengalami kebuntuan penjualan. Peluncuran e-Tron tertunda setelah CEO Audi ditangkap karena keterlibatannya dalam skandal kecurangan emisi Volkswagen Dieselgate. Dan begitu e-Tron dijual, Audi melakukan recall setelah resiko kebakaran.

>>> Informasi otomotif paling aktual hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Hilangkan Rasa Penasaran Anda, Ini Dia Proses Perekaman Tes Tabrakan IIHS

08/02/2019

Pengemudian

Sebagai salah satu panduan bagi konsumen untuk mengetahui tingkat keselamatan mobil, Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) menunjukan apa yang dilakukan ketika mereka merekam video tabrakan dan hantaman pada mobil.

Lihat juga

Mulai 2019, IIHS Perbarui Pengujian Sistem Pengereman Darurat Otomatis

05/01/2019

Pengemudian

Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan Raya (Insurance Institute for Highway Safety) atau IIHS mengumumkan serangkaian pengujian baru untuk kendaraan yang dilengkapi dengan sistem pengereman darurat otomatis (Automatic Emergency Brake).

Lihat juga

Autopilot Masih Menang, Tesla Model S dan Model 3 Gagal Tes Rem IIHS

09/08/2018

Pasar mobil

Memegang mimpi sebagai mobil listrik dan futuristik untuk masa depan, Tesla Model S 2016 dan Tesla Model 3 2018 masih gagal dalam uji coba sistem pengereman otomatis.

Lihat juga

Mengenal Arti Peringkat Keselamatan NHTSA untuk Mobil Anda

Setiap mobil yang diproduksi memiliki peringkat keselamatan NHTSA untuk mengkategorikan kriteria kendaraan ketika terjadi kecelakaan: apakah mampu menjaga penumpang dengan baik atau malah memperparah cedera yang diterima.

Lihat juga

NHTSA akan Membuat Mobil Listrik dan Hibrida Mengeluarkan Suara ‘Buatan’

16/03/2018

Pasar mobil

Sebuah peraturan baru menyatakan bahwa pada tahun 2019, suara buatan untuk mobil listrik dan hibrida harus ditanamkan sehingga pejalan kaki, pesepeda, dan orang-orang buta bisa mendeteksi laju mobil ini.

Lihat juga
 
back to top