Inilah 9 Negara Dengan Harga Mobil Paling Mahal, Indonesia Salah Satunya

08/12/2018

Pasar mobil
Share this post:
Inilah 9 Negara Dengan Harga Mobil Paling Mahal, Indonesia Salah Satunya
Terkadang untuk model dan merek yang sama, harga mobil bisa berbeda di satu negara dengan negara yang lain. Di negara ini dijual dengan harga cukup rendah, tapi di negara lain dijual sangat mahal. Bahkan Indonesia yang notebene sebagai negara berkembang ternyata masuk sebagai salah satu negara dengan harga mobil paling mahal. Loh!

Populasi kendaraan roda empat di sebuah negara sering kali jadi penilaian seberapa besar perkembangan ekonomi negara tersebut. Anggapan tersebut tak sepenuhnya benar sebab di beberapa negara maju populasi mobil malah terbilang sedikit, kalah dari populasi di negara berkembang. Selain faktor kebijakan pemerintah terkait pembatasan kepemilikan dan usia kendaraan, ada banyak faktor lain yang juga turut mempengaruhi seperti besaran pajak dan harga mobil itu sendiri. Makin mahal harga mobil, makin tak terjangkau oleh konsumen. Fluktuasi nilai tukar mata uang juga turut andil menciptakan harga mobil yang makin mahal.

Dari banyaknya negara di dunia yang menjual mobil kepada warganya ternyata ada 10 negara dengan harga mobil paling mahal. Sebagai komparasi adalah model yang dijual secara global di berbagai negara di dunia, yaitu Toyota Corolla yang di AS dijual dengan harga paling murah $‪18,600‬ atau setara dengan Rp 265 jutaan.

>>> Baca Review Toyota Corolla Altis 2019 di sini!

Foto Toyota Corolla Altis tampak dari depan

Toyota Corolla, salah satu line up Toyota yang dijual secara global

1. Singapura

Sebelum membeli mobil warga harus punya Certificate of Entitlement (COE) atau sertifikat kepemilikan. Biaya pengurusan yang mahal mempengaruhi harga jual mobil di negara terdekat dengan Indonesia ini. Padahal sertifikat kepemilikan hanya berlaku 10 tahun. Toyota Corolla Altis di Singapura dijual dengan harga termurah $ 86,988 atau setara dengan Rp 1,2 miliar.

2. Malaysia

Masih dari Asia, pemerintah negeri Jiran sengaja mematok pajak tinggi untuk mobil kelas international demi menaikkan pamor mobil nasionalnya. Walhasil mobil merek Jepang, Eropa dan Amerika punya banderol harga jauh lebih tinggi dibanding mobil nasional merek Proton. Toyota Corolla Altis di Malaysia dijual dengan harga termurah RM 120,000 atau setara dengan Rp 409 jutaan.

3. Indonesia

Di Indonesia mobil termasuk barang yang dianggap bisa menaikkan status sosial. Kemampuan seseorang membeli mobil memunculkan anggapan kalau orang tersebut 'kaya', atau paling tidak memiliki penghasilan lebih dari cukup sebab harga mobil di Indonesia terbilang mahal. Bahkan untuk mobil mewah 3.000 cc ke atas sangat mahal setelah pemerintah mematok pajak hingga hampir 200 persen. Toyota Corolla Altis di Indonesia dijual dengan harga termurah Rp 436.950.000

Foto kemeriahan pameran otomotif IIMS 2018

Kehadiran model baru di pameran otomotif adalah yang paling dinanti

4. Nicaragua

Membeli mobil bagi warga negara di kawasan Amerika Latin ini bisa dianggap pemborosan dan menguras kantong. Meski harga mobil di negara ini boleh dibilang setara dengan negara lain, tapi kondisi ekonomi negara yang kurang bagus membuat mobil menjadi barang yang sangat berharga. Ada juga faktor lain yang membuat harga mobil di negara ini jadi mahal, yaitu faktor keamanan. Tingginya angka kriminalitas membuat pembeli harus mengeluarkan biaya ekstra untuk menambah fitur keamanan kendaraan. Toyota Corolla Altis di Nicaragua dijual dengan harga termurah US$‪23,090‬ atau setara Rp 330 juta.

>>> Diputuskan, Pajak Mobil Mewah 3.000 cc Dua Kali Lebih Tinggi Dari Mobilnya

5. China

Dengan penduduk lebih dari 1.3 miliar jiwa, China adalah negara dengan populasi mobil paling tinggi di dunia. Adanya kebijakan pemerintah China menurunkan tarif impor untuk semua komoditi membuat negara ini kebanjiran berbagai merek produk mancanegara termasuk mobil. Dalam pertemuan terbaru antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping di G20 di Buenos Aires, Argentina, China bahkan sepakat menghapus tarif impor untuk mobil buatan Amerika.

Namun, meski sudah memberi kelonggaran terhadap masuknya merek mobil international, harga mobil di China masih terbilang tinggi. Hal ini dikarenakan pemerintah juga ingin mendongkrak penjualan mobil merek lokal yang jumlahnya juga tak kalah banyak.

>>> Pasar Otomotif China Dalam Genggaman Raksasa Jerman

Foto kepadatan lalu lintas di China

China menjadi negara dengan populasi mobil terbanyak di dunia

6. Brasil

Yang membuat harga mobil di Brasil jadi cukup tinggi selain bahan baku kendaraan yang rata-rata harus diimpor, tingginya upah buruh juga jadi salah satu faktor. Toyota Corolla di Brazil dijual dengan harga termurah ‪90,990‬ Real atau setara dengan Rp 338 juta.

7. Inggris

Inggris dikenal dengan produk mobil mewahnya seperti Rolls Royce, Bentley, Land Rover Jaguar, Lotus, Aston Martin, Mini dan yang lain. Selain merek lokal tersebut, Inggris juga jadi pasar menggiurkan untuk merek mobil international. Hal ini dikarenakan karakter orang Inggris yang tidak begitu menyukai mobil bekas, meski harganya cukup murah. Tingginya nilai mata uang Poundsterling dianggap satu faktor yang membuat harga mobil di Inggris lebih mahal 50 persen dibanding di negara lain.

MINI memang selayaknya tampil nyentrik lewat semua line upnya. Termasuk salah satu line up mobil yang kami coba kali ini, ialah MINI Copper S Cabrio LCI 2018.

So, masyarakat Inggris banyak yang tidak memaksakan diri memiliki mobil pribadi yang harganya mahal dan memilih moda transportasi umum yang terkenal nyaman dan aman. Toyota Corolla di Inggris dijual dengan harga termurah ‪‪21.300‬ Pound atau setara dengan Rp 387,6 juta.

8. Saint Kitts dan Nevis

Saint Kitts dan Nevis adalah negara terkecil di Amerika yang berada di Kepulauan Leeward, Karibia. Harga mobil di sana terbilang mahal sebab pemerintah setempat mematok pajak tinggi mobil impor. Walhasil, menyewa mobil atau moda transportasi umum jadi pilihan banyak warga.

>>> Pemerintah Korsel Larang Mobil BMW di Jalan, Begini Tanggapan BMW Indonesia

9. Korea Utara

Mengklaim negaranya makmur, ternyata tidak banyak warga Korea Utara yang bisa memiliki mobil. Selain memang adanya aturan ketat soal kepemilikan mobil, mobil yang diijinkan diproduksi di Korea Utara juga hanya satu merek saja, yaitu Pyeonghwa. Untuk mendapatkan mobil mewah merek Jepang atau Eropa, warga harus mengeluarkan uang yang sangat banyak sebab harganya sangat tinggi. Itu pun belum menjamin bakal bisa mendapatkan mobil yang diimpikan mengingat sulitnya prosedur yang harus dilewati.

10. Kuba

Pajak tinggi dan praktik monopoli yang merajalela menyebabkan harga mobil di Kuba tidak stabil dan cenderung sangat tinggi.

Foto mobil Volvo model lama

Hanya orang-orang tertentu yang boleh punya mobil di Korea Utara

>>> Update berita terkini seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top