Inilah 4 Mobil Paling Unik Sepanjang Sejarah!

30/03/2021

Pasar mobil

1 menit

Mulai dari bentuk bodi, fitur, dan bentuk rangkanya; Berikut ini adalah lima jenis mobil paling unik yang pernah diproduksi sepanjang sejarah industri otomotif.

Industri otomotif telah berkembang selama kurang lebih 125 tahun. Sejak ditemukannya kendaraan bermotor, inovasi dan perkembangan industri otomotif terus mendapatkan perhatian karena mampu mempengaruhi perubahan zaman. Saat ini, otomotif telah menjelma menjadi salah satu industri paling maju di dunia.

Selama lebih dari satu abad, otomotif terus berkembang mengikuti gaya hidup dan inovasi teknologi. Tren demi tren di dunia otomotif terus berubah-ubah dalam waktu tertentu. Hal tersebut membuat produk pada dunia otomotif juga menjadi beragam, salah satunya adalah mobil.

Para pecinta kendaraan beroda empat ini pastinya senang mengulik tentang tren-tren mobil terdahulu. Pasalnya, ada begitu banyak jenis mobil yang diproduksi di dunia. Beberapa jenis mobil bahkan terbilang unik dan eksentrik. Melihat atau bahkan memiliki jenis mobil yang unik dan berbeda dari yang lain tentu memberikan nilai dan kebanggaan tersendiri bagi sang pemilik.

Lalu, apa sajakah jenis mobil yang layak masuk ke jajaran mobil paling unik sepanjang sejarah? Berikut ini adalah daftar mobil paling unik di dunia. 

Pontiac Aztek punya bentuk unik

Pontiac Aztek adalah salah satu mobil dengan desain unik di dunia

Pada tahun 2001,  produsen mobil asal Amerika Serikat, Pontiac, mengeluarkan seri mobil yang ikonik bernama Pontiac Aztek. Seri mobil ini langsung mendapatkan sorotan dari para pecinta otomotif dan sebagian besar mengejek desain bodi mobil ini. Aztek yang merupakan mobil jenis SUV ini memiliki bodi yang terkesan menggelembung sehingga dinilai kurang artistik. Desain kap depan dan lampu mobil pun terkesan dipaksakan.

Meski dinilai norak, Pontiac Aztek juga digemari banyak orang karena kenyamanan interiornya. Fitur-fitur dalam Aztek, terutama system penyimpanannya, disukai banyak orang. Hingga kini, banyak seri mobil SUV terbaru yang masih mengadopsi kapasitas dan desain penyimpanan Aztek.

Polaris Slingshot

mobil Polaris Slingshot

Polaris Slingshot SL Saint Johnsbury
 

Normalnya, mobil memiliki empat roda sebagai penggerak sekaligus menyangga bodi. Namun, Polaris Slingshot seakan ingin mematahkan nilai tersebut. Oleh karena itu, tidak heran kalau Polaris Slingshot masuk dalam daftar mobil paling unik di dunia. Diluncurkan pada tahun 2020, Polaris Slingshot langsung menyita perhatian publik karena desain mobil yang hanya dilengkapi tiga roda. Dua roda di depan yang bisa digerakkan untuk mengarahkan mobil, serta satu roda belakang.
Meski hanya memiliki tiga roda, Polaris Slingshot memiliki keunggulan pada akselerasinya. Mobil unik ini juga dikenal mudah dikendarai. Selain itu, bagian atap mobil juga dapat dibuka sehingga memberikan pengalaman open air saat dikendarai.

>>> [INFOGRAFIK] Mobil Unik Paling Sederhana yang Pernah Diproduksi

Peel P50

Peel P50 merah

Salah satu mobil paling unik di dunia Peel P50 

Bagaimana rasanya mengemudikan mobil yang hanya muat untuk satu orang saja? Apabila Anda juga penasaran, Anda bisa mencoba mencari mobil bernama Peel P60. Diproduksi pada 1962, mobil yang hanya dilengkapi dengan satu seat untuk pengendaranya serta sedikit ruang di belakang jok ini resmi diproduksi. Selama tiga tahun, ada 50 unit Peel P50 yang dijual hingga akhirnya berhenti diproduksi pada 1965.

DeLorean DMC-12

Delorean DMC-12

Delorean DMC-12 masuk dalam jajaran mobil paling unik

DeLorean DMC-12 adalah mobil yang diproduksi pada tahun 1981. Jenis mobil ini mendapat ketenarannya karena digunakan sebagai properti pada film Hollywood berjudul Back to The Future. Hal paling unik dari mobil ini adalah bagian pintunya yang berjenis butterfly door, dimana pintu mobil bergerak ke atas waktu dibuka.
Sejak produksinya di tahun 1981, DeLorean DMC-12 ini tercatat telah terjual sebanyak 9,000 unit. Namun, mobil tersebut harus berhenti dibuat akibat kebangkrutan perusahaannya di tahun 1982. Gosipnya, mobil ini akan mendapatkan seri terbarunya pada tahun ini

Itulah keempat mobil paling unik yang pernah diproduksi dan menghiasi dunia otomotif. Keunikan yang ditawarkan dari setiap mobil tersebut membuatnya mendapatkan nilai plus untuk dimiliki. Ingin tahu tentang berbagai berita terkini seputar industri otomotif di dunia? Kunjungi Cintamobil.com yang merupakan laman media yang tak hanya menyajikan informasi paling up-to-date tentang mobil, namun juga tips dan trik review, hingga layanan jual beli paling populer di Indonesia.

>>> Mobil Listrik Wuling Laris Manis di Pasaran, Kapan Masuk ke Indonesia?

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.

 
back to top