Inilah Dia Bus Monokok Adi Putro Untuk Angkutan Dalam Kota

28/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Bus monokok Adi Putro menjadi produk unggulan karoseri Adi Putro berupa bus kota dengan konstruksi monokok yang menawarkan kenyamanan optimal bagi penumpang

Salah satu perusahaan karoseri terkemuka di Indonesia, Adi Putro yang bermarkas di Malang, Jawa Timur, baru-baru ini merilis varian bus terbaru dengan  nama Jetbus Transit yang tergolong sebagai  bus medium dengan konstruksi  bodi monokok dan lantai rendah (low deck).

Kabarnya, produk baru ini memang disiapkan secara khusus sebagai bus dalam kota (city bus). Dengan demikian, bus monokok Adi Putro ini bisa digunakan semisal untuk operator bus kota seperti TransJakarta atau operator di berbagai kota lainnya di Indonesia. Berikut tim Cintamobil.com bahas sedikit mengenai busnya.  

>>> Sasis Bus Makin Canggih, Yuk Intip Perkembangannya

Bus Monokok

Bus hasil karya Adi Putro ini menganut konstruksi monokok dalam artian bodi disatukan dengan sasis sehingga tidak lagi terpisah seperti bus yang menganut konstruksi body on frame seperti bus konvensional.

gambar bus

Bus monokok lebih ringan sehingga lebih hemat bahan bakar

Menurut Adi Putro dalam akun resmi Instagram, bus monokok menawarkan keunggulan  seperti bobot lebih ringan sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar solar. Selain itu pengendaraan lebih nyaman dan stabil karena memakai suspensi dengan per keong (coil spring). 

Bus Dalam Kota

Menilik desain secara keseluruhan, kreasi Adi Putro ini memang disiapkan untuk operasional sebagai bus kota. Posisi lantai yang rendah (low deck, low entry) memudahkan akses penumpang untuk naik dan turun di halte bus. Dua buah pintu yang dibuat rendah, terutama pintu tengah, membantu para pengguna kursi roda untuk naik dan turun bus  dengan mudah.

gambar termometer

Pemantau suhu tubuh penumpang menjadi kelengkapan protokol kesehatan   

O iya, satu nilai tambah bus kota ini terletak pada protokol kesehatan dalam  kabin berupa  dispenser hand sanitizer dan termometer pada pintu masuk. Tidak ketinggalan rak simpan  sepeda lipat dan  “petak”  untuk pengguna kursi roda. Di belakang ruang  pengemudi terdapat  layar LED  yang menampilkan informasi rute perjalanan. Belum ada keterangan lebih detail terkait dimensi  bus medium berbodi monokok ini. 

gambar bus

Posisi mesin belakang lebih nyaman bagi penumpang

Sedangkan untuk mesinnya, Jetbus Transit hasil kreasi Adi Putro ini  menggunakan mesin  Hino  FB (bus Hino FB 130). Uniknya, mesin Hino FB yang aslinya berada di depan ternyata bisa dipindah ke belakang (menjadi bus mesin belakang) sehingga memaksimalkan daya tampung  ruang penumpang serta memberikan kenyamanan karena kabin tidak bising dan tidak panas.  

>>>  Bukan Hanya untuk Lokal, Bus Tronton Buatan Laksana Juga Diekspor

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top