Ini Yang Membuat Mobil Wuling Jauh Lebih Murah Dibanding Merek Jepang

14/08/2018

Pasar mobil
Share this post:
Ini Yang Membuat Mobil Wuling Jauh Lebih Murah Dibanding Merek Jepang
Sepak terjang Wuling di Indonesia tak hanya mengejutkan dari sisi investasi, tapi juga dari mobilnya yang berharga jauh lebih murah dari merek Jepang tanpa mengurangi kualitas produk.

Gambar salah satu dealer Wuling Motors

Dealer jadi tulang punggung penjualan Wuling Motors di Indonesia

Sebelum kehadirannya di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 silam, hampir tak ada yang kenal dengan nama merek Wuling. Tapi publik langsung terhenyak manakala model pertamanya di pameran tersebut yaitu Wuling Confero S diluncurkan dengan banderol harga yang nyeleneh.

Wuling Confero S diluncurkan dengan harga mulai Rp 128,8 juta hingga Rp 162,9 juta OTR Jakarta. Sementara di saat yang sama waktu itu model dari Jepang dijual lebih tinggi, seperti Honda Mobilio yang dijual dengan harga termurah Rp 185,5 juta, Toyota Avanza Rp 189,7 juta, Daihatsu Xenia Rp 180,45 juta dan Suzuki New Ertiga Rp 186 juta.

Sebagai model MPV berkapasitas tujuh penumpang, harga Wuling Confero S tentu sangat murah dibanding model Jepang yang telah bertahun-tahun mengaspal di Indonesia.

Begitu pula dengan model kedua yang menyasar segmen medium MPV yang dihuni Toyota Innova Cs, yaitu Cortez 1.8L. Model ini juga dijual jauh lebih murah dibanding para kompetitornya tanpa mengesampingkan kualitas produk.

>>> Baca Review dan Spesifikasi Lengkap Wuling Cortez 2018 di sini!

Foto Wuling Cortez tampak dari depan samping

Wuling Cortez, masuk di segmen medium MPV yang dihuni Toyota Innova dan kawan-kawan

Soal kualitas Wuling memang patut diacungi jempol. Sebagian besar komponen mobil Wuling adalah produk dari merek-merek terkenal di dunia seperti Aisin, Autoliv, Bosch, Continental, Goodyear, Mann+Hummel, serta Nexteer.

Lalu mengapa Wuling bisa menjual mobilnya dengan harga murah? Ini tak lepas dari pengaruh skala ekonomi (economies of scale) Wuling di negara asalnya dimana Wuling China mengambil komponen tersebut di atas dari produsennya dalam jumlah yang sangat besar yang membuat harga bisa lebih ditekan.

“Kenapa lebih murah, ini lebih dikarenakan secara skala ekonominya, semua sparepart yang kami order banyak juga diambil dari pusatnya di China,” tutur Taufik S Arief, Aftersales Director Wuling Motors kepada media, Rabu (8/8/2018).

“Seperi misalnya, kami katakan kalau tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) Wuling 56 persen dan sisanya dari China. Itu secara struktur, membuat kami mendapatkan komponen dari China dengan harga yang kompetitif,” tambahnya.

Sekedar informasi, Wuling adalah salah satu merek otomotif paling populer di China. Jumlah penjualan dalam satu tahun saja, yaitu tahun 2017 mencapai 2,1 juta unit.

>>> Promosi Terbesar Wuling Cortez Agustus 2018: Pre-Booking Sebesar Rp. 5 juta

Foto wanita cantik bersama Wuling Confero S

Model pertama Wuling Motors di Indonesia, Confero S

Ekspansinya ke Indonesia dengan masuk ke segmen low MPV terbilang cukup berani. Pasalnya di segmen ini merek Jepang sudah sangat menguasai secara absolut dan begitu mendarah daging di hati masyarakat.

Secara perlahan dan pasti, merek yang berada di bawah naungan General Motors ini berhasil mengambil hati. Terbukti dari penjualan yang terus meningkat di setiap bulannya. Semester I 2018 Wuling telah mengirim sebanyak 8.120 unit mobil ke konsumen dan sukses masuk ke dalam 10 merek terlaris di Indonesia.

Tentu makin menarik untuk terus diikuti bagaimana kelanjutan cerita Wuling di waktu yang akan datang.

Foto bagian depan Pabrik Wuling Motors Cikarang Jawa Barat

Investasi besar Wuling dibuktikan dengan berdirinya pabrik perakitan di Cikarang Jawa Barat

>>> Berita informatif dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top