Ini yang Dilakukan Petugas SPBU Pertamina Demi Menangkal Virus Corona

18/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Ini yang Dilakukan Petugas SPBU Pertamina Demi Menangkal Virus Corona
Sejumlah kegiatan rutin dilakukan para petugas SPBU Pertamina demi mencegah penyebaran virus corona yang lebih luas. Diantaranya sering membersihkan tangan, dan menganjurkan pembayaran cashless.

Penyebaran virus corona di Indonesia terus melebar. Bukan cuma di Jakarta, namun sejumlah kota lain di Nusantara juga mulai terjangkiti virus tersebut. Karenanya berbagai pihak diimbau untuk berusaha mencegah atau minimal memperlambat penyebaran virus ini.

Begitupun dengan pihak Pertamina. Selain melakukan upaya pencegahan dilingkungan karyawan yang berada di Gedung Pusat Pertamina di Jakarta, seluruh jaringan ritel SPBU Pertamina juga turun melakukan aktifitas dalam mengantisipasi penyebaran virus corona.

>>> Manfaatkan Video Call, Cara Pertamina Antisipasi Virus Corona

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan, upaya-upaya telah dilakukan pihak Pertamina agar masyarakat tetap merasa aman dan nyaman ketika membeli BBM (bahan bakar minyak) di SPBU.

SPBU Merupakan Tempat Rawan Penularan Virus Corona

petugas di SPBU Pertamina

Petugas SPBU Pertamina dilengkapi masker dan sarung tangan

Fajriyah sadar betul jika SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar umum) merupakan tempat aktifitas publik. Tempat-tempat keramaian seperti inilah yang menjadi pusat penyebaran virus yang awalnya ditemukan di Wuhan, Cina itu.

>>> Temukan promo berbagai mobil baru yang menarik disini

"SPBU merupakan tempat publik dimana banyak orang yang lalu lalang. Sehingga kami menerapkan prosedur tambahan, bukan saja untuk mengantisipasi penyebaran virus, namun juga menjaga operator SPBU sebagai garda depan kami. Bagaimanapun, mereka adalah bagian penting dari perusahaan yang bertugas melayani langsung masyarakat, sehingga kami juga berkepentingan menjaga mereka,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Cintamobil.com, Rabu (18/03/2020).

Oleh karena itu, sebut Fajriyah, sejumlah tindakan pencegahan virus corona di SPBU Pertamina dilakukan oleh para pekerja di SPBU tersebut. Ia menambahkan, upaya-upaya pencegahan penyebaran virus corona ini dilakukan bukan saja di SPBU namun juga di jaringan distribusi Pertamina lainnya seperti agen dan pangkalan LPG. Karena itu, masyarakat dihimbau agar tidak panik dalam membeli BBM maupun LPG Pertamina.

petugas SPBU sedang mencuci tangan

Petugas SPBU Pertamina dianjurkan selalu mencuci tangan dengan hand sanitizer setiap habis melakukan transaksi

Beberapa Upaya Mencegah Penyebaran Virus Corona di SPBU Pertamina Antara Lain:

>>> Berbagai pilihan mobil bekas berkualitas dengan harga terjangkau ada disini

  • Karyawan SPBU melakukan pemeriksaan suhu kepada setiap petugas yang akan memulai dan mengakhiri shift bertugas di SPBU tersebut.
  • Seluruh petugas SPBU wajib menggunakan masker dan menjaga jarak dengan konsumen sekitar 1,5 meter.
  • Petugas SPBU juga menggunakan sarung tahan berbahan karet saat proses penerimaan dan pengembalian uang serta menghindari menyentuh wajah.
  • Di lingkungan SPBU disediakan hand sanitizer atau alcohol lebih dari 60% dengan tingkat interaksi yang tinggi. Petugas SPBU juga diwajibkan membersihkan tangan dengan hand sanitizer setiap kali melayani transaksi.
  • Untuk SPBU yang menyediakan layanan self service, disediakan petugas yang rutin membersihkan nozzle dengan disinfektan.
  • Area kantor dan fasilitas lainnya terutama yang sering dikunjungi konsumen seperti toilet dan musholla, juga dibersihkan secara rutin dengan disinfektan.
  • Konsumen dihimbau untuk menggunakan metode pembayaran cashless.

>>> Temukan berita otomotif terbaru lainnya disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top