Ini Titik Penyekatan saat Ganjil Genap Bogor Berlaku

06/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Ganjil genap Bogor berlaku mulai hari ini. Untuk melakukan pemantauan, pihak kepolisian Bogor mendirikan sejumlah pos untuk mencegat kendaraan yang tak sesuai.

Pihak kepolisian kota Bogor bakal memasang pos sekat di 6 pintu masuk kota hujan tersebut. Pos sekat ini dibuat untuk memantau kendaraan yang datang dari luar Kota Bogor. Tak cuma itu, untuk pemantauan pemberlakuan ganjil genap Bogor juga bakal ada titik pengecekan di dalam kota. 

"Jadi terkait teknis paksanaannya kami bersama Dishub Kota Bogor sudah menentukan ada sebanyak 6 titik sekat kendaraan dari luar kota yang akan masuk ke Kota Bogor dan 7 check point ada di dalam Kota Bogor," ungkap Kapolres Bogor Kota Kombes Susatyo Condro Purnomo dilansir NTMC Polri, Sabtu (6/2/2021). 

>>> Bogor Ganjil Genap Mulai Besok, Kalau Nekat Melintas Apa Sanksinya?

Cegat Kendaraan Masuk Bogor

ganjil genap di Bogor

Berlaku di akhir pekan

Adapun 6 pos sekat itu berada di simpang Yasmin yakni untuk memantau kendaraan yang datang dari arah Parung dan Tangerang, pos sekat simpang Bubulak dan simpang Gunungbatu untuk memantau kendaraan yang datang dari arah wilayah barat Kabupaten Bogor.

Titik sekat lainnya berada di simpang Pomad untuk memantau kendaraan dari arah Cibinong, Depok dan Jakarta, pos sekat Gerbang Tol (GT) Bogor Branangsiang untuk memantau kendaraan yang datang via tol Jagorawi dan pos sekat Ciawi untuk memantau kendaraan dari arah Puncak dan Sukabumi.

“Nanti anggota yang ada di pos statis akan melakukan pemeriksaan, kalau ada kendaraan yang tidak sesuai dengan tanggalnya maka akan kami putar balik,” kata Susatyo.

Susatyo menegaskan, pemberlakuan ganjil genap di Kota Bogor bukan upaya mengurai kemacetan, tetapi terkait upaya Pemkot Bogor untuk menekan angka positif COVID-19.

“Perlu diingatkan, ini bukan ganjil genap sebagai upaya terkait volume kemacetan lalulintas. Tetapi tentang protokol kesehatan. Sehingga tidak ada sanksi tilang, tetapi disanksi sesuai Perwali terkait dengan pelanggaran-pelanggaran prokes,” pungkas Susetyo. 

>>> Catat! Mulai 6 Februari Ganjil Genap Berlaku di Bogor

Pengecualian untuk Kendaraan Tertentu

ganjil genap di Bogor

Penyekatan diberlakukan di sejumlah jalan

Sekadar informasi, pemberlakuan ganjil genap Bogor ini mulai berlaku 6 Februari 2021 (genap) di seluruh ruas jalan utama di Kota Bogor. Kebijakan ini dikecualikan bagi kendaraan ambulans, pemadam kebakaran, angkutan umum, angkutan sembako atau BBM, kendaraan dinas pemerintah.

Angka ganjil genap diambil dari nomor akhir plat mobil dan motor dan disesuaikan dengan tanggal pada hari tersebut. Misalnya kendaraan berplat F 1234 A atau B 5678 DKI. Nah, kalau dilihat dari angka terakhir plat nomor yaitu 4 dan 8, maka kendaraan tersebut bisa melintas di tanggal genap.

>>> Ganjil Genap Diperluas, Perlukah Membeli Mobil Lagi?

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top