Ini Teknologi Mobil yang Juga Digunakan pada iPhone 12 Pro

20/10/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Ini Teknologi Mobil yang Juga Digunakan pada iPhone 12 Pro
Pengembangan teknologi bisa dibilang ditemukan pada semua lapisan peradaban. Termasuk iPhone 12 Pro yang ternyata menggunakan salah satu teknologi pada mobil.

Generasi smartphone terbaru tak ketinggalan menawarkan teknologi anyar bagi konsumennya. Termasuk dengan iPhone 12 Pro yang baru saja dirilis oleh Apple beberapa waktu lalu. Smartphone high-end ini bahkan menggunakan salah satu teknologi mobil yang sedangkan dikembangkan beberapa waktu belakang, yaitu Lidar.

Teknologi Lidar

Lidar merupakan singkatan dari Light Detection and Range. Teknologi ini menggunakan laser untuk mendeteksi obyek dan mengirimkan informasi kembali ke sumber laser. Pada iPhone 12, sistem Lidar akan membantu proses pengambilang gambar dengan menyebarkan gelombang berupa titik inframerah untuk memetakan obyek di sekitarnya.

empat buah kamera pada iPhone 12 Pro
Lidar berfungsi untuk meningkatkan fokus pada saat mengambil gambar

>>> Google Maps Bisa Terhubung dengan Fitur Adaptive Cruise Control

Dilansir dari CNet, sistem ini dipercaya mampu meningkatkan akurasi dan kecepatan fokus pada saat pengambilan gambar. Dengan menggunakan Lidar, Apple menjanjikan fokus pada cahaya rendah lebih baik, hingga 6 kali lebih cepat dalam kondisi cahaya yang redup. Sensor Lidar juga digunakan untuk meningkatkan efek mode potret malam pada iPhone 12.

Selain meningkatkan fokus pada gambar yang diambil, CNet mengungkapkan bahwa iPhone 12 Pro juga bisa menambahkan lebih banyak data untuk membuat foto terasa layaknya gambar 3D. Penggunaan sesnsor Lidar pada kamera belakang iPhad Pro dan iPhone 12 Pro dipercaya mampu bekerja hingga jarak 5 meter.

>>> Teknologi Sensor LiDAR Terjauh dari Volvo: Bisa Tangkap Gerakan Sejauh 250 Meter

Teknologi mobil swakemudi

Lidar merupakan teknologi yang sedang berkembang dengan sangat pesat dan digunakan pada berbagai area kehidupan. Termasuk di antaranya sebagai penopang teknologi mobil swakemudi, atau teknologi yang membuat mobil bisa berjalan tanpa membutuhkan bantuan dari pengemudi. Lidar akan memetakan ruang dan jalanan di depan untuk menjaga mobil tetap di jalurnya dan mencegah terjadinya tabrakan.

Sistem Lidar akan terus mengirimkan ribuan gelombang laser ke sekitar mobil setiap detik. Gelombang ini akan bertabrakan dengan obyek sekitar dan dipantulkan kembali ke mobil. Pantulan yang dihasilkan akan dipetakan. Sistem akan merekam setiap titik pantulan menjadi representasi 3D untuk membantu menentukan posisi kendaraan dengan obyek lain di sekitar.

Degan bantuan Lidar, kendaraan swakemudi akan berjalan dengan lancar dan mampu menghindarai tabrakan dengan mendeteksi jika ada penghalang di depan mobil. Teknologi ini diyakini mampu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan untuk lalu lintas yang lebih tertib.

>>> Berbagai mobil baru dan bekas bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top