Ini Sebabnya Nissan Magnite Pakai Mesin 1.0 L Turbo di Indonesia

20/01/2021

Pasar mobil

4 menit

Nissan punya alasan tersendiri untuk mengusung 1.0 L turbo pada Magnite di Indonesia. Pasalnya hingga saat ini baru ada Nissan Magnite yang mengusung mesin itu.

Mobil SUV dengan pilihan mesin 1.0L turbo tengah menjadi tren di beberapa negara. Tapi di Indonesia tampaknya tren tersebut baru akan menjamur pada tahun ini. Diprediksi akan ada persaingan ketat SUV sub 4-meter bermesin 1.0L di Tanah Air. Di samping itu, sederet pabrikan juga dikabarkan tengah menyiapkan amunisinya untuk bersaing di segmen tersebut. 

Namun demikian, mobil bermesin 1.0 L turbo di Indonesia masih sangat minim. Tercatat baru ada satu pabrikan yang mengisi segmen tersebut. Adalah Nissan Magnite yang meluncur pada Desember 2020.

Nissan Magnite

Magnite membuka pasar baru di Indonesia

>>> Harga Magnite Rp 200 Jutaan Cuma Perkenalan, Kapan Naik?

Pakai Mesin yang Mirip dengan Teknologi Nissan GT-R

Kalau diperhatikan spesifikasinya, Magnite memenuhi kriteria mobil SUV sub 4-meter dengan mesin 1.0 L turbo. Bukan tanpa alasan, Nissan memilih mesin 1.0 L turbo untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. 

"Kita ketahui sebenernya yang dibutuhkan konsumen di Indonesia itu bukan mobil cc rendah atau cc besar, tapi mereka membutuhkan mobil yang bertenaga, responsif, tapi sekaligus irit bahan bakar, nah hal ini yang dipenuhi Magnite dengan mesin 1.0 L turbo," ungkap Nissan Representative Director Bagus Susanto dalam sebuah kesempatan konferensi pers belum lama ini. 

Sekadar informasi, Nissan Magnite mengusung mesin HRAO 1.0 liter Turbo yang sanggup menghasilkan tenaga puncak 98,6 daya kuda dan torsi maksimum hingga 160 Nm. Mesin HRAO TURBO ini menggunakan teknologi mirror bore cylinder coating yang juga digunakan Nissan GT-R, untuk mengurangi resistensi di dalam mesin, mengurangi bobot, mengoptimalkan manajemen panas dan pembakaran, hingga menghasilkan akselerasi lebih halus dan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Nissan Magnite

Mesin 1.0 L turbo di balik kap mesin Magnite

Mesin ini tersedia dengan pilihan transmisi manual 5-speed dan X-TRONIC CVT. Mesin HRA0 1.0 liter Turbo ini memberikan akselerasi hingga 50% lebih baik dibandingkan mesin non-turbo di kelasnya.

>>> Di India Inden 8 Bulan, Bagaimana Penjualan Magnite di Indonesia?

Harganya Cukup Menggoda

Mesin 1.0 L turbo pada Nissan Magnite diharap bisa menjadi daya tarik tersendiri di Indonesia. Walaupun kapasitas mesin kecil, namun tetap bisa memberikan tenaga yang cukup besar. 

Nissan Magnite juga ditawarkan dengan harga yang cukup menggoda yakni di kisaran Rp 200 jutaan. Tapi perlu diketahui harga Nissan Magnite merupakan perkenalan. 

Dibanderol dengan harga perkenalan Nissan menyebut Magnite bisa memberikan kontribusi yang cukup baik. Namun, Nissan masih enggan lebih gamblang merinci angka Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) dari Magnite. Nissan juga tak merinci target penjualan Magnite setiap bulannya.

"Memang kami akan mereviewnya, mudah-mudahan ini apa yang kami bisa berikan kepada konsumen Nissan terkait harga perkanalan ini bisa memberikan juga kepuasan kepada para pelanggan Nissan di Indonesia," ucap Direktur Sales & Marketing PT Nissan Motor Distribusi Indonesia Tan Kim Piauw. 

>>> Nissan Luncurkan Magnite di Indonesia

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. 
Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 
Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
  • Geneva International Motor Show 2017
  • Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top