Ini Sebabnya KIA Masih Ogah Bawa Seltos Diesel ke Indonesia

07/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ini Sebabnya KIA Masih Ogah Bawa Seltos Diesel ke Indonesia
Di Indonesia, KIA hanya menawarkan Seltos versi mesin bensin padahal versi dieselnya pun tersedia. Apa sebabnya Seltos diesel belum dibawa ke Tanah Air?

Kepindahan KIA di bawah naungan PT Kreta Indo Artha ditandai dengan peluncuran mobil baru berupa SUV Seltos. Di Indonesia, hanya ada varian Seltos yang diboyong KIA yakni mesin bensin berkapasitas 1.4 T-GDI. 

Padahal, Seltos yang didatangkan langsung dari Korea Selatan punya versi mesin diesel. Seperti yang ditawarkan di India. Di India, KIA Seltos diesel ditawarkan dalam dua pilihan kapasitas mesin yakni 1.4L dan 1.5L. 

KIA Seltos

KIA Seltos mengaspal di Indonesia sejak awal tahun

>>> Kia Seltos Diesel Segera Ditawarkan? Ini Kisaran Harganya

Masalah Standar Bahan Bakar

Lantas apa pertimbangan KIA Seltos diesel belum dibawa ke Indonesia? 

"Kita lagi pelajari. Masalahnya itu kalau paksakan luncurin kan hanya pakai Pertadex, nanti konsumen begitu ke luar daerah hanya ada Bio-solar nanti malah tersumbat atau gimana, kita juga lagi mempelajari mesin yang bisa minum bio solar," ujar Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha Ario Soerjo dalam bincang virtual belum lama ini.

Kondisi di India dan Indonesia sudah tentu berbeda, termasuk kalau bicara bahan bakar. Kia Seltos di negeri Bollywood India ditawarkan tiga pilihan dapur pacu, mesin bensin turbo GDI 1,4 liter, mesin bensin 1,5 liter dan mesin diesel turbo 1,5 liter. Faktanya, ketiga mesin tersebut telah memenuhi persyaratan BS-6 (Bharat Stage VI) standar emisi yang ditetapkan oleh pemerintah India termasuk KIA Seltos Diesel.

"Kalau bensin kita nggak bisa kayak gitu kan menyusahkan kendaraannya, jadi kami sedang mempelajari," kata Ario lagi. 

"Kita nggak mau mesin terlalu canggih ada masalah. Kalau Sedona itu pakai Pertadex karena mesin lama masih bisa minum Bio Solar di waktu-waktu tertentu tapi kita harus bilang pakai Pertadex," sambung Ario. 

>>> KIA Seltos Bisa Diproduksi Lokal, Ini Syaratnya!

Lebih Pentingkan Kebutuhan Konsumen

Ario menambahkan pihaknya tak ingin menyusahkan konsumen nantinya dengan menyediakan Seltos diesel namun tak cocok dengan bensin di Indonesia.  

KIA Seltos

Baru ditawarkan versi bensinnya

Di samping itu, menurunkan spesifikasi mesin untuk menyesuaikan standar bahan bakar di suatu negara tentu membutuhkan biaya investasi yang besar. Apabila volume penjualannya sedikit, tentu akan merugikan bagi para pabrikan. 

"Lebih mudah kalau kita meminta, memohon amat sangat mempercepat euro di Indonesia ya gimana ya takutnya kita cepat launching kalau belum siap malah nanti jelek ke kita. Kalau misalnya bisa kita cekek ke Euro2 nah nanti akan ketemu kendala lagi gitu. Bukan ragu tapi kita harus mempersiapkan lebih dalam karena ujung-ujungnya kita adalah konsumen dan jadinya brand image mobil itu sendiri kalau banyak masalah," pungkasnya.  

>>> Klik sini untuk lanjut baca berita otomotif yang hot lainnya 

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

MPV Kia Sedona 2021 Meluncur di Korea Selatan, Kini Lebih Megah

19/08/2020

Mobil baru

3 menit

Dikenal dengan nama Kia Carnival di pasar Indonesia, generasi keempat MPV Kia Sedona 2021 menawarkan peningkatan yang lebih besar dibandingkan pendahulunya.

Lihat juga

Menanti Mobil Listrik KIA Mengaspal di Indonesia

06/09/2020

Pasar mobil

3 menit

KIA sudah memiliki deretan produk mobil listrik yang dijual di beberapa negara. Sayangnya, bagi masyarakat Indonesia masih harus menanti kehadirannya.

Lihat juga

KIA Tertarik Bikin Mobil MPV Rasa SUV, Tapi...

04/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Produsen mobil asal Korea Selatan tak menampik keinginannya menghadirkan mobil MPV. Namun tampaknya keinginan tersebut tak semudah membalikan telapak tangan.

Lihat juga

KIA Giat Kejar Target Penjualan Mobil di Indonesia

03/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pandemi corona yang juga menerpa Indonesia tak membuat KIA patah arang. KIA pun gencar terkait penjualan mobilnya di Indonesia misalnya lewat jalur digital.

Lihat juga

KIA Mau Nebeng Produksi Mobil di Pabrik Hyundai Indonesia?

03/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Produsen mobil asal Korea Selatan KIA mengungkapkan keinginannya untuk produksi mobil di Indonesia. Apakah KIA bakalan nebeng pabrik Hyundai nantinya?

Lihat juga