Ini Sebabnya Banyak Supercar Tak Bertuan di Dubai

03/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Dubai menjadi rumah bagi ribuan supercar. Tapi jangan salah, banyak juga dari supercar tersebut yang tak bertuan dan ditinggal di pinggir jalan. Kok bisa ya?

Kota Dubai memang menjadi 'rumah' bagi supercar. Aneka ragam supercar dengan banderolan harga fantastis menjadi pemandangan sehari-hari di jalanan Dubai. Sesuai julukannya 'rumah', tentunya bukan hanya supercar terbaru saja yang ada di sana. Mobil-mobil super tanpa tuan dan kondisinya sudah rusak juga banyak tersaji. 

Mengapa bisa demikian? Satu jawaban pastinya adalah utang. Melansir Carscoops, Rabu (3/2/2021), Dubai memiliki letak strategis yakni antara Teluk Persia dan Teluk Oman dikenal akan kekayaan sumber daya alam berupa minyak bumi.

>>> Ada 'Kuburan' Supercar di Dubai

Banyak Pebisnis Terlilit Utang

Ini menjadi daya tarik bagi pebisnis dari mancanegara. Bahkan diperkirakan 90 persen populasi di Dubai bukan diisi orang-orang kelahiran Uni Emirat Arab. 

tempat pembuangan mobil mewah

Supercar rusak jadi pemandangan biasa di Dubai

Tak sedikit dari para pengusaha itu yang membelanjakan uangnya untuk membeli barang-barang mewah di Dubai dengan berbagai cara. Supercar salah satu barang yang populer di sana. Tetapi, Dubai juga memberlakukan aturan ketat bagi mereka yang tak bisa membayar utang dengan memasukannya ke penjara. Aturan ini berlaku untuk siapapun termasuk mereka yang bukan warga Arab. 

Tidak jarang juga ditemui para pebisnis yang terlilit utang dan memutuskan untuk meninggalkan Dubai. Ini menjadi jalan pintas bagi para pengusaha yang tak ingin menaruh risiko untuk dipenjara di Dubai lantaran kesulitan membayar utang. Padahal sebenarnya, mereka yang berutang bisa saja melalukan negosiasi saat persidangan berlangsung ketimbang harus masuk penjara. 

>>> Dubai untuk Pertama Kalinya Rekrut Wanita Jadi Pengemudi Bus

Mobil Dilelang untuk Siapa Saja

Ada 'Kuburan' Supercar di Dubai

Wujud mobil-mobil supercar tak bertuan di Dubai

Mereka tak hanya meninggalkan utang di Dubai, supercarnya pun tidak ikut dibawa ke negara asalnya. Walhasil, banyak supercar yang ditinggal di jalan bahkan dengan kunci dan kondisi menyala.

Hingga akhirnya supercar itu dibiarkan dalam kondisi rusak dan sering dilelang. Setidaknya ada 2.000 hingga 3.000 mobil ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya setiap tahunnya.

Lelang ini bisa diikuti oleh siapa saja, pun demikian dengan orang Amerika ataupun warga Indonesia. Ada juga perusahaan yang memang khusus mengambil mobil-mobil super yang sudah rusak ini untuk kemudian dipoles baru dijual kembali. Tapi perlu diingat yang namanya mobil bekas pasti ada risiko menghantui di belakangnya.

Apalagi ini mobil super dan tak bertuan. Kita tak bisa mengetahui kondisinya dengan pasti. Beruntung kalau masih dapat yang mulus dan mesinnya bagus.  Jangan sampai Anda tergiur harga murah namun harus rela merogoh kocek lebih dalam untuk sekadar melakukan servis.

>>> Lamborghini Huracan EVO RWD, Supercar Bagi Pecinta Drifting

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Roles

Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri.

Specialities

  • Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat
  • Mengedit berita

Experience

  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
  • Geneva International Motor Show 2017
  • Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top