Ini Satu-satunya Mobil China di Indonesia yang Dapat Diskon PPnBM

02/03/2021

Pasar mobil

4 menit

Hanya ada satu mobil China di Indonesia yang bisa memanfaatkan PPnBM ditanggung pemerintah pada Maret-Desember 2021. Adalah tiga tipe dari Wuling Confero.

Ada enam pabrikan yang bisa mendapatkan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah mulai Maret hingga Desember 2021. Keenam pabrikan itu adalah PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, PT Honda Prospect Motor, PT Suzuki Motor Indonesia, dan PT SGMW Motor Indonesia.

Kalau diperhatikan, diantara pabrikan Jepang tersebut hanya ada satu produsen mobil China yang juga mendapat keistimewaan tersebut. Adalah PT SGMW Indonesia alias Wuling. Dari 21 tipe mobil yang bisa memanfaatkan diskon PPnBM sesuai beleid Kepmenperin 169/2021, Wuling Confero termasuk di dalamnya. 

Foto menunjukkan Wuling Confero S dari arah samping depan

Harga Wuling Confero Jadi Lebih Murah

>>> Dapat Diskon PPnBM, Harga Wuling Confero Kurang dari Rp 150 Juta

'Nyempil' Diantara Mobil Jepang

Ini sekaligus menjadikan Wuling Confero satu-satunya mobil China di Indonesia yang berhak mendapat keringanan tersebut. Seperti diketahui, mobil China di Indonesia bukan hanya Wuling. Ada juga PT Sokonindo Automobile yang menawarkan mobil-mobil merek DFSK. 

Mobil-mobil DFSK pun dirakit secara lokal. Beberapa model seperti Glory 580, Glory 560, dan Glory i-Auto juga dibekali mesin berkapasitas kurang dari 1.500 cc dan masuk di segmen 4x2. Tapi itu saja belum cukup. Ada pula persyaratan pembelian lokal atau biasa disebut Tingkat Kandungan Dalam Negeri paling sedikit 70% dari 115 jenis komponen. Tampaknya hal inilah yang belum dipenuhi oleh mobil-mobil DFSK. 

Gambar menunjukan mobil DFSK

DFSK Glory 560 tak termasuk mobil yang mendapat relaksasi PPnBM

“Harus memenuhi persyaratan pembelian lokal (local purchase) yang meliputi pemenuhan jumlah penggunaan komponen yang berasal dari hasil produksi dalam negeri yang dimanfaatkan dalam kegiatan produksi kendaraan bermotor paling sedikit 70 persen,” ungkap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. 

>>> Ini Daftar Mobil Baru yang Dapatkan Insentif Pajak, ada Raize–Rocky

Kelas Menengah Diharap Bisa Beli Mobil Lagi

Harga Wuling Confero sendiri langsung terdampak diskon PPnBM. Wuling Motors mengungkapkan pengurangan harga Wuling Confero per 1 Maret 2021. Wuling Confero DB yang awalnya dibanderol Rp 154,8 juta mendapatkan pengurangan Rp 8,5 jutaan, sehingga harganya menjadi Rp 146,3 juta. Berikut rincian pengurangan harga varian Confero. 

tampilan depan Wuling Confero S 1.5 2020 berwarna merah

Berkat diskon PPnBM harga Wuling Confero berkurang hingga Rp 11 jutaan

  • Confero S Type C MT mengalami pengurangan Rp 10 juta menjadi Rp 169,8 juta
  • Confero S Type L MT mengalami pengurangan Rp 11 juta menjadi Rp 182,8 juta
  • Confero S Type L ACT mengalami pengurangan Rp 11,5 juta menjadi Rp 191,3 juta

Confero yang diproduksi di pabrik Wuling di Bekasi sejak Juli 2017 silam memang menjadi salah satu model yang mendapatkan insentif pajak sejak. Sebelumnya, Wuling menyebutkan komponen lokal Confero mencapai 55%. Sedangkan melalui pernyataan resmi Kementerian Perindustrian, total pembelian lokal Confero saat ini mencapai 70,5%. 

Penurunan harga itu diharapkan bisa memacu masyarakat kelas menengah untuk kembali mobil. Dengan demikian roda perekonomian akan kembali bergeliat. 

>>> Daftar Pajak Mobil Avanza, Mobil Paling Laris di Indonesia

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top