Ini Nih Mobil Toyota Buatan Indonesia yang Terlaris di Negeri Orang

23/04/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Mobil Toyota Buatan Indonesia telah diekspor ke mancanegara. Dari sederet model yang diekspor ada satu yang paling banyak menarik minat warga mancanegara.

Ekspor mobil Toyota buatan Indonesia menorehkan hasil positif selama kuartal 1 tahun 2021. Tercatat sepanjang kuartal 1 tahun 2021 ini ekspor mobil CBU bermerek Toyota mencapai 49.200 unit atau meningkat sebesar 2% dibandingkan kuartal IV 2020 yang mencapai 48.000 unit.

Hasil ini sekaligus semakin mendekati kinerja ekspor Toyota Indonesia sebelum pandemi COVID-19 melanda dunia, yakni 50.000 unit pada kuartal I/2020 lalu. Dalam data distribusi yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor mobil Toyota buatan Indonesia berkontribusi 62% dari keseluruhan ekspor otomotif nasional. 

ekspor mobil Toyota

Ekspor Toyota sudah melebihi 1 juta unit

>>> IIMS 2021: Jokowi Mau Mobil Buatan Indonesia Makin Mendunia

Toyota Rush Jadi yang Terbanyak

Kontribusi positif ekspor Toyota Indonesia diperoleh dari beberapa model dari berbagai segmen, yakni Sport Utility Vehicle (SUV), Multi-Purpose Vehicle (MPV), dan sedan.

Adapun mobil Toyota buatan Indonesia yang paling banyak dikirim pada kuartal I, adalah Rush 11.600 unit, Vios 8.800 unit, dan Fortuner 7.300 unit. Kemudian, ada Kijang Innova, Avanza, Agya, Yaris, Sienta, dan Town Ace/Lite Ace dengan sumbangan 21.500 unit.

Mobil SUV Toyota Kian Dilirik Orang Indonesia

Toyota Rush jadi yang paling banyak dikirim ke negara tujuan ekspor

"Apa yang dicapai TMMIN dan pelaku industri otomotif lainnya tentu tidak terlepas dari dampak positif sejumlah kebijakan pemerintah selama masa pandemi berupa mengucurkan subsidi dan stimulus untuk sektor industri terutama usaha kecil dan menengah di masa survival, dan diikuti dengan pemberian stimulus untuk meningkatkan daya beli dan mendorong pertumbuhan ekonomi di masa recovery yang telah dimulai," kata Direktur Corporate Affairs TMMIN Bob Azam dalam siaran persnya yang diterima Cintamobil, Jumat (23/4/2021). 

"Kami berharap kondisi ekspor industri otomotif Indonesia tahun ini sudah mulai berangsur-angsur pulih dan setidaknya mencapai 80% dari pencapaian ekspor sebelum pandemi COVID-19 melanda. Toyota Indonesia akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja ekspor dengan menyediakan kendaraan berkualitas global yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pasar, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong ekspor,” sambung Bob. 

>>> 100 Negara Bakal Cicipi Mobil Toyota Rakitan Indonesia

Sasar Lebih Banyak Negara

ekspor mobil Toyota

Toyota juga bakal ekspor mobil hybrid ke mancanegara

Selain ekspor mobil secara CBU, Toyota Indonesia juga mengirimkan kendaraan terurai atau Complete Knock Down (CKD) hingga 16.750 unit. Juga ada ekspor mesin bensin dan etanol dengan tipe TR dan NR dengan total 32.000 unit dan komponen hingga 25 juta unit.

Saat ini diketahui mobil Toyota yang diproduksi di Indonesia sekaligus ekspor CKD telah mencapai 80 negara. Tapi itu saja belum cukup. Rencananya lebih banyak negara lagi bakal mencicipi mobil Toyota yang diproduksi di Tanah Air itu seiring dengan rencananya melahirkan kendaraan hybrid dalam negeri. 

“Kami ingin terus meningkatkan peran penting Toyota Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor bagi Toyota di pasar global. Terlebih dengan rencana Toyota Indonesia untuk memproduksi kendaraan Hybrid EV pada tahun 2022 untuk pasar domestik dan ekspor. Hal ini sejalan dengan semangat perayaan ulang tahun Toyota Indonesia yang ke-50, untuk terus berkontribusi bagi tanah air tercinta,” ujar Bob. 

>>> Mitsubishi Outlander PHEV Dirakit di Thailand, Jadi Basis Ekspor ASEAN?

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top