Ini Negara dengan Biaya Kepemilikan Mobil Termurah di Dunia

16/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Sebuah penelitian menunjukkan hasil negara dengan biaya kepemilikan mobil termurah, termasuk biaya asuransi maupun perawatan mobil per gaji tahunan rata-rata.

Memiliki sebuah mobil bukan hanya terpaku pada pembelian pertama. Setelah itu, ada banyak biaya tambahan yang perlu Anda persiapkan: pajak, servis berkala, perawatan, maupun biaya bahan bakar. Masing-masing negara memiliki perbedaan untuk pajak maupun biaya lainnya. Dan ternyata ini dia negara yang memiliki biaya kepemilikan mobil paling murah di dunia.

Dipimpin oleh Australia

Bagi pemilik mobil, beragam biaya lainnya juga perlu diperhitungkan. Dan sebuah penelitian yang dilakukan oleh scrapcomparison mengungkap negara dengan biaya kepemilikan mobil termurah. Pilihan pertama jatuh pada Australia, sedangkan tempat kedua ditempati oleh Amerika Serikat dan Denmark di tempat ketiga.

landmark Australia dengan Sydney Opera House
Australia menjadi negara dengan biaya kepemilikan mobil termurah

>>> Penduduk Banyak, Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia Kalah dari Malaysia

Untuk gambaran yang lebih realistis, penelitian ini bukan hanya mencakup harga rata-rata mobil yang ditawarkan. Beberapa aspek yang turut menentukan adalah biaya asuransi, perbaikan dan biaya bahan bakar, serta dibandingkan dengan gaji per tahun rata-rata setiap negara. Hasilnya menunjukkan seberapa terjangkau memiliki sebuah mobil bagi rata-rata individu.

Hasilnya menunjukkan bahwa Australia merupakan tempat sempurna bagi penggemar otomotif. Anda hanya perlu menyisihkan 49,48% dari keseluruhan gaji tahunan untuk memiliki sebuah mobil, lengkap dengan biaya pendukungnya. Berikut negara yang masuk 10 besar kepemilikan termurah

  1. Australia: 49,48%
  2. Amerika Serikat: 54,97%
  3. Denmark: 60,34%
  4. Kanada: 64,40%
  5. Swedia: 75,84%
  6. Jerman: 78,44%
  7. Belanda: 84,65%
  8. Prancis: 87.00%
  9. Inggris: 89,36%
  10. Finlandia: 91,58%.

>>> [INFOGRAFIK] Indonesia Terbanyak Keempat, Ini Dia Fakta Kepemilikan Mobil di ASEAN Lainnya

Biaya kepemilikan termahal

Sedangkan kebanyakan pemilik mobil yang berada di negara berkembang harus menyisihkan lebih banyak uang jika dibandingkan dengan rata-rata gaji tahunan yang didapatkan di negara tersebut. Hasil terburuk jatuh pada Turki. Dimana Anda membutuhkan 652,29% dari pendapatan tahunan untuk memiliki dan menggunakan sebuah mobil.

Anehnya Turki merupakan salah satu negara dengan tingkat produksi mobil yang cukup besar. Lebih dari 100.000 unit mobil penumpang diproduksi setiap bulannya. Dengan pabrikan seperti Toyota, Honda, Renault, dan yang lainnya bisa ditemukan di negara tersebut. Bahkan 21 juta kendaraan dikendarai di jalanan dengan populasi 82 juta orang.

>>> Turki Jadi Negara dengan Pajak Mobil Tertinggi di Dunia

Toyota Corolla GR Sport di Eropa
Penelitian ini didasarkan pada VW Golf dan Toyota Corolla

Tapi penelitian ini masih perlu pengembangan lebih lanjut. Mengingat scrapcomparison hanya melibatkan 40 dari 195 negara yang ada di dunia. Begitu pula dengan perhitungan biaya didasarkan pada Volkswagen Golf dan Toyota Corola terbaru tanpa mempertimbangkan biaya kepemilikan mobil bekas yang bisa mengubah hasil secara signifikan.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top