Ini Motif Pengemudi VW Beetle yang Tabrak Polisi di Pos Penyekatan

11/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Aksi nekat dilakukan pengemudi VW Beetle di Klaten (10/5). Enggan diperiksa polisi di pos penyekatan, pelaku memilih untuk injak gas dan menabrak petugas.

Pengemudi Volkswagen Beetle yang menerobos petugas saat diperiksa di pos penyekatan pemudik 2021 di Klaten, Jawa Tengah ternyata dikendarai remaja di bawah umur. Selain menerobos, pelaku juga menabrak petugas untuk bisa lolos dari pemeriksaan.

>>> Ogah Diperiksa, Pengemudi VW Beetle Tabrak Polisi di Pos Penyekatan

Gambar menunjukan Kapolres

Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu

Motif Pelaku Takut Diperiksa karena Tidak Memiliki SIM

Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu mengatakan bahwa pelaku merupakan remaja berusia 16 tahun. Petugas berupaya memeriksa pelaku karena menggunakan mobil plat dari luar daerah. Namun belum sempat diperiksa, pelaku malah berusaha menerobos petugas untuk bisa lolos dari pemeriksaan. 

"Kita sudah arahkan untuk masuk jalur lambat, pada saat masuki jalur lambat dan kita melakukan pemeriksaan khusus KTP dan SIM. Namun belum sempat menjawab, pelaku sudah kabur dengan cara menabrak petugas," kata Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu dalam keterangan resminya.

Kapolres Klaten menambahkan bahwa karena perbuatannya itu menyebabkan petugas luka ringan. Motif pelaku dikatakan karena ketakutan tidak memiliki Surat izin Mengemudi (SIM).

"Anggota kita tersebut berada di samping kanan syukurnya bisa menghindar, sehingga anggota hanya luka ringan. Jadi motif pelaku karena takut tidak memiliki surat-surat. Tentunya setelah tertangkap yang bersangkutan kita tilang karena tidak memiliki SIM karena masih berusia 16 tahun dan kemudian karena perbuatannya dikenakan pasal 212 tentang melawan petugas dan 335 ayat 1 KUHP dengan ancaman paling lama 1 tahun," tutupnya.

>>> SIM Mati saat Lebaran? Ini yang Harus Dilakukan

Gambar menunjukan Operasi ketupat

Ops Ketupat Candi

Ops Ketupat Candi, 583 Personel Dikerahkan Polres Klaten

Operasi Gelar Pasukan Ops Ketupat Candi Tahun 2021 resmi digelar Polres Klaten selama 12 hari, mulai dari tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021, pos penyekatan ini fokus utama upaya pencegahan penyebaran covid-19. Petugas yang diterjunkan diminta mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, sehingga masyarakat betul-betul mematuhi protokol kesehatan.

Operasi Ketupat Candi tahun 2021 di wilayah Klaten diterjunkan sebanyak 583 personel gabungan. Para personel akan ditempatkan di 3 Pospam (Pospam Karang Delanggu, Pospam Prambanan, Pospam Jatinom) dan 1 Posyan Alun-alun.

>>> Jadwal Cuti, Larangan, dan Penyekatan Mudik Lebaran 2021

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top