Ini Mobil Terbang Pertama Yang Menyelesaikan Tes Terbang Antar Bandara

01/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ini Mobil Terbang Pertama Yang Menyelesaikan Tes Terbang Antar Bandara
Masa depan industri otomotif berkembang dengan cepat, setelah mobil listrik, kini sebuah mobil terbang telah melakukan pengetesan untuk terbang selama 35 menit.

Sebuah prototipe mobil terbang telah menyelesaikan penerbangan 35 menit antara dua bandara di Slovakia. Hibrida mobil dan pesawat yang disebut AirCar ini membutuhkan waktu dua menit dan 15 detik untuk berubah dari mobil menjadi pesawat.

Mobil ini dilengkapi dengan sebuah mesin BMW, menggunakan bahan bakar pompa bensin biasa dan telah mencatat waktu 40 jam di udara. Stefan Klein yang menciptakan AirCar mengatakan bahwa mobil ini bisa terbang hingga 965 kilometer dengan ketinggian sekitar 8.200 kaki.

>>> Bawa 5 Mesin, Mercedes-AMG Black Series Ini Bisa Berjalan di Air!

Dibangun Dalam 2 Tahun

Membuat mobil ini bukan perkara yang mudah, butuh waktu dalam pengembangan yang tentunya akan menghabiskan dana yang besar. Klein mengungkapkan bahwa ia butuh waktu 2 tahun dan dana $2,3 juta atau setara dengan Rp 33,4 miliar.

Gambar AirCar

Mobil ini ditenagai oleh mesin BMW

Klein menguji sendiri mobil buatannya, terbang ke kota untuk ditonton wartawan dan penduduk. Namun, AirCar masih belum siap untuk terbang keluar dari jalan masuk Anda dulu. Tidak bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal dan membutuhkan landasan pacu.

Mobil tersebut dapat mencapai kecepatan 170 km/jam saat di udara dan dapat mengangkut dua orang penumpang dengan berat maksimal 200 kg.

>>> Ini 5 Tips Untuk Menghindari Pengemudi Mobil Arogan di Jalan

Pasar Besar Untuk Mobil Terbang

Ada ekspektasi tinggi untuk perkembangan pasar mobil yang telah lama digembar-gemborkan dalam budaya populer sebagai mobilitas di masa depan. Pada 2019, perusahaan konsultan Morgan Stanley memperkirakan sektor ini bisa bernilai $ 1,5 triliun di tahun 2040.

Gambar mobil terbang Hyundai

Hyundai salah satu pabrikan yang serius menggarap proyek mobil terbang

Anton Zajac, penasihat dan investor di Klein Vision yang membuat AirCar, mengatakan bahwa perusahaan mereka berharap untuk menarik sebagian kecil dari penjualan maskapai penerbangan atau taksi global.

"Ada sekitar 40.000 pesanan pesawat di Amerika Serikat saja. Jika kami mengubah 5% dari itu, untuk mengubah pesawat menjadi mobil terbang, kami memiliki pasar yang besar," ungkap Zajac.

Klein akan terus mengembangkan mobil ini dan membuat AirCar aman untuk diterbangkan serta aman untuk dijual kepada perusahaan-perusahaan yang akan menjadi pembeli potensial.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top