Ini Mobil dengan Sistem Keyless Paling Rentan di-Hack Menurut Hacker

02/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Sebuah penelitian yang dilakukan di luar negeri mengungkap beberapa merek kendaraan dengan sistem keyless mobil yang sangat rentan dibobol oleh pencuri.

Sistem keyless entry bisa dibilang sudah berkembang menjadi fitur standar di hampir semua mobil. Bertujuan untuk melindungi mobil, namun sayangnya teknologi mobil ini juga menjadi salah satu cara bagi pencuri untuk masuk ke dalam mobil.

Mobil paling rentan

Dilansir dari hackaday, sebuah penelitian yang dilakukan oleh [HackingIntoYourHeart] mengklaim bahwa beberapa kendaraan memiliki teknologi keyless entry yang lebih mudah dibobol dibandingkan merek lainnya.

mobil baru Acura RDX berwarna biru
Mobil Honda dan Acura paling rentan berdasarkan penelitian [HackingIntoYourHeart]

>>> Penelitian: Mobil dengan Sistem Keyless Entry ini Bisa Dicuri dalam 10 Detik

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa mobil Honda dan Acura modern dapat diakses dengan serangan replay sederhana menggunakan perangkat keras murah yang bisa ditemukan di toko elektronik.

Inti dari penelitian [HackingIntoYourHeart] mengungkapkan bahwa hanya dengan merekam sinyal dari sistem keyless mobil Honda maupun Acura sudah bisa digunakan untuk meretas sistem buka tutup kunci pada kendaraan. Dilaporkan, tidak ada sistem kode yang diterapkan dan perintah membuka maupun menutup pintu mobil bisa dengan mudah direka ulang.

>>> Hati-Hati, Ini Cara Maling Bobol Keyless Entry Mobil Anda!

Tanpa rolling code

Teknologi rolling code yang digunakan untuk menjaga sistem keyless telah digunakan selama beberapa dekade terakhir. Namun sistem ini tidak ditemukan pada Honda maupun Acura. Sehingga begitu key fob mengirim sinyal ke mobil untuk mengunci atau membuka kunci, sinyal tersebut digunakan berulang kali dan tidak diubah menggunakan ‘enkripsi’ gelombang radio.

Sebagian merek lain mengubah sinyal yang digunakan secara kontinu. Namun hingga saat ini, belum ada teori maupun penelitian lanjutan yang menyebutkan apakah masalah ini sangat berpengaruh pada sistem keamanan kendaraan.

kuncu keyfob keyless entry pada mobil
Teknologi rolling code sering digunakan untuk menjaga keyless entry

Di satu sisi, keyfob memang mampu menjaga kendaraan dari pencuri yang ingin membuka kunci maupun menghidupkan kendaraan secara paksa. Namun teknologi mobil ini menjadi cara terbaru bagi pencuri untuk mengambil mobil Anda.

Berbagai laporan menyebutkan bahwa pencuri bisa membuka kunci mobil hanya dalam waktu beberapa menit. Contohnya saja Tesla Model X yang digondol pencuri dengan memodifikasi ECU lama melalui pembaharuan Bluetooth Low Energy (BLE).

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top