Ini Kemudahan Vietnam Yang Bikin Pabrikan Mobil Tergoda

21/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ini Kemudahan Vietnam Yang Bikin Pabrikan Mobil Tergoda
Bukan hanya mobil nasional VinVast mobil yang diproduksi di Vietnam, pabrikan mobil yang lain juga tertarik memproduksi mobil di sana karena dipandang sangat 'menguntungkan'. Lantas, apa saja kemudahan Vietnam yang membuat pabrikan tergoda?

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) memutuskan untuk melokalisasi produksi Mitsubishi Xpander di Vietnam mulai 2020 mendatang. Ini adalah berkah bagi industri otomotif setempat dan Mitsubishi Motors Vietnam karena harga jual kendaraan bisa ditekan yang membuat penjualan bakal terangkat.

Tapi di sisi lain menjadi kabar kurang baik buat industri otomotif di Indonesia sebab secara langsung Indonesia bakal kehilangan salah satu sumber devisa yang diandalkan.

Foto Mitsubishi Xpander, mobil yang bakal dilokalisasi di Vietnam

Mitsubishi Xpander bakal dirakit di pabrik Vietnam untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, Ibnul Hadi, ada banyak alasan pabrikan mobil memilih melokalisasi produksinya di Vietnam, alih-alih impor CBU dari negara lain termasuk Indonesia, semuanya terkait dengan beragam kemudahan.

>>> Diproduksi Di Vietnam, Ekspor Mitsubishi Xpander Dipastikan Hilang

1. Pajak ringan

Salah satu kebijakan dalam negeri Vietnam yaitu adanya special consumption tax/SCT dan aturan Decree No.116/2017/ND-CP atau Decree on Requirements for Manufacturing, Assembly and Import of Motor Vehicles and Trade in Motor Vehicle Warranty and Maintenance Services. Salah satu poin dalam aturan itu disebutkan produk otomotif yang dirakit dalam negeri dikenakan pajak lebih ringan dibanding impor CBU.

"Makanya Krama Yudha Mitsubishi Xpander dia, bukan pindah ya, dia mau bikin fasilitas produksi Vietnam untuk menyiasati adanya ketentuan itu dan juga ketentuan Decree 116," kata Ibnu kepada awak media di Sparks Luxe Hotel, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Sebagai dukungan, Kementerian Keuangan Vietnam berencana untuk menghapuskan pajak impor CKD atau impor bahan-bahan mobil dan suku cadang guna mendukung pengembangan industri mobil negara tersebut.

Pastinya dengan aturan ini produsen otomotif bakal memilih merakit lini kendaraannya di sana dari pada mendatangkan model CBU dari negara lain. Sebelum Mitsubishi, beberapa pabrikan lain juga sudah memastikan diri bakal merakit produknya di Vietnam seperti Toyota, Ford dan Hyundai.

>>> Vietnam Bakal Batasi Impor Otomotif Untuk Mendongkrak Penjualan Produk Dalam Negeri

2. Tanah gratis buat investor

Foto Pabrik Hyundai di Vietnam tampak bersih dan rapi

Untuk keperluan investor, pemerintah Vietnam bisa memberikannya secara gratis untuk jangka waktu tertentu

Membangun sarana perakitan di Vietnam berarti bisa berhemat biaya yang sangat besar. Pemerintah setempat bisa memberikan secara gratis tanah milik negara kepada investor yang mau berinvestasi di sektor industri, termasuk industri otomotif. Dengan demikian investor bisa mengalihkan biaya pengadaan lokasi untuk keperluan pembangunan.

Untuk hal-hal semacam ini pemerintah tidak kesulitan karena pada dasarnya tidak ada tanah yang dimiliki swasta atau individu secara penuh. "Di sana tanah kan pada dasarnya milik negara, tidak ada milik swasta. Jadi pemerintah sana memang punya tanah yang bisa dilepas. Misalnya dia mau bangun hotel sesuai industri yang mau dikembangkan, okeh you mau berapa hektar? Harganya kadang cuma harga administrasi saja," kata Ibnul Hadi.

3. Biaya operasional rendah

Kemudahan Vietnam lainnya yang sangat menggiurkan yaitu rendahnya biaya operasional produksi. Misalnya untuk upah buruh atau karyawan, Vietnam tergolong cukup rendah. Misal, di Region I yang meliputi kota Hanoi dan Ho Chi Minh upah minimumnya sebesar 180 Dollar AS atau setara Rp 2.5 juta. Di Region lain nilainya lebih kecil, bahkan ada yang upah minimumnya hanya 125 Dollar AS atau setara Rp 1,7 jutaan. Lihat di sini!

4. Bahan baku murah

Bahan baku industri di Vietnam bisa dibeli dengan harga lebih rendah hingga 20% dibanding di tempat lain. Ini pula yang membuat investor tergoda.

5. Perizinan mudah

Ini salah satu kemudahan Vietnam yang sangat menggiurkan. Pemerintah hanya menetapkan 2 perizinan untuk investor yaitu perizinan investasi dan sertifikasi usaha. Perizinan di sana tidak melewati birokrasi yang bertele-tele, bahkan proses perizinan investasi tak harus ke pemerintah pusat sebab bisa diproses di level provinsi dan hanya butuh waktu 3 hari sejak registrasi, dan sertifikasi usaha hanya 7 hari. Selesai!

>>> Ini Daftar Mobil Dengan TKDN Lebih Besar Dibanding Esemka

Foto Vinfast SUV tampak dari samping depan

Dengan berbagai kemudahan yang dimiliki, Vietnam mampu memiliki mobil nasional melalui perencanaan yang sangat singkat

Yang menarik menurut Ibnul Hadi, seluruh persyaratan izin oleh masing-masing provinsi punya format dan waktu yang sama.

"Jadi dari 5 faktor kita kalah bersaing. Baik dari bahan baku murah, harga tanah, utilities sama harganya, perizinan kita kalah, jadi mohon maaf kita kalah," pungkas Ibnul Hadi.

>>> Informasi otomotif paling aktual hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Diproduksi Di Vietnam, Ekspor Mitsubishi Xpander Dipastikan Hilang

08/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Rencana Mitsubishi Motors Corporation (MMC) memproduksi Xpander di Vietnam pada 2020 dipastikan membawa dampak signifikan. Ekspor Mitsubishi Xpander yang jumlahnya ribuan unit dipastikan hilang dan membuat negara kehilangan sebagian sumber devisa.

Lihat juga

14 Ribu Unit Mitsubishi Xpander di Vietnam Kena Recall, Pasar Indonesia Aman

04/10/2019

Pasar mobil

3 menit

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memastikan recall belasan ribu unit Mitsubishi Xpander di Vietnam tidak merembet ke pasar Indonesia.

Lihat juga

Vietnam Bakal Batasi Impor Otomotif Untuk Mendongkrak Penjualan Produk Dalam Negeri

07/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Meningkatnya permintaan pasar dan masuknya berbagai merek otomotif dari mancanegara 'memaksa' Vietnam mengambil langkah tegas. Negara ini siap membatasi impor otomotif melalui skema pajak demi menaikkan penjualan produk dalam negeri.

Lihat juga

Ratusan Pelanggan Dapatkan Vinfast Fadil, Mobil Nasional Vietnam Pertama

21/06/2019

Mobil baru

2 menit

Setelah menunggu sekian lama, Vinfast akhirnya menyerahkan ratusan model terbaru Vinfast Fadil kepada para pelanggan. Sebagai mobil nasional, Vinfast Fadil pun tak kalah dengan pesaingnya dari luar Vietnam.

Lihat juga

Gunakan Sirkuit Jalanan, Pertama Kalinya Vietnam Masuk Dalam Rangkaian F1 2020

10/11/2018

Pasar mobil

Mengikuti Singapura dan Malaysia yang lebih dulu menjadi penyelenggara Formula 1, Vietnam akan menjadi negara Asia Tenggara ketiga yang akan host, tepatnya pada gelaran F1 2020.

Lihat juga