Ini Jalan Pertama di Dunia yang Bisa Ngecas Mobil Listrik Tanpa Colokan

21/05/2021

Pasar mobil

3 menit

ElectReon Bergabung dengan Proyek “Arena of the Future” untuk mendemonstrasikan pengisian daya mobil listrik nirkabel di jalan Brebemi, Brescia, Italia.

Sekelompok perusahaan multinasional bersama raksasa otomotif IVECO dan Stellantis mengumumkan peluncuran kolaborasi yang bertujuan dalam menciptakan pengisian daya mobil listrik nirkabel di jalan Brebemi, Brescia, Italia.

>>> Mobil  Listrik Bakal Jadi Kendaraan Dinas Kemenhub di 3 Provinsi

Gambar menunjukan Pengisian daya mobil listrik

Sistem pengisian daya kendaraan listrik nirkabel

Pengisian Daya Mobil Listrik Nirkabel

Kemitraan ini akan bekerja sama dalam beberapa bulan mendatang untuk mendemonstrasikan efektivitas dan efisiensi teknologi dalam menggerakkan mobil listrik, bus, dan kendaraan komersial menggunakan pengisian daya nirsentuh di sepanjang koridor transportasi jalan raya dan jalan tol lantaran jalur potensial dalam menghilangkan karbonisasi.

“Kami merasa terhormat menjadi mitra teknologi dari konsorsium mitra kelas dunia Eropa lainnya, termasuk raksasa otomotif IVECO dan Stellantis, untuk mendemonstrasikan kelayakan teknologi pengisian daya nirkabel.” kata Oren Ezer, CEO ElectReon menanggapi kerjasama ini seperti dikutip dari Businesswire (21/5).

CEO ElectReon itu mengungkapkan bahwa proyek yang diberi nama Arena of the Future itu akan mendemonstrasikan jalan tol bisa diubah untuk pengisian jalan nirkabel yang bisa digunakan semua pengguna jalan. Ezer menambahkan bahwa Eropa berada di garis depan dalam peralihan industri otomotif ke segmen mobil listrik.

“Proyek Arena of the Future akan mendemonstrasikan bagaimana jalan tol dapat diubah menjadi aset pengisian untuk semua pengguna jalan. Dengan Eropa di garis depan dalam peralihan mobilitas listrik ini, terdapat kebutuhan kritis akan aset yang dapat didukung oleh metodologi pengisian yang sesuai, efisien, dan berkelanjutan,”  tutupnya.

>>> Spesialis Cybersecurity Qihoo 360 Siapkan Mobil  Listrik

Gambar menunuakn Mobil listrik

Di masa depan mengisi daya mobil  listrik tidak tergantung pada station charging

Kolaborasi Ini Melibatkan Banyak Pihak

Teknologi pengisian daya nirkabel dari kolaborasi ini memungkinkan kendaraan untuk mengisi daya saat mereka mengemudi dengan kecepatan berapapun. Kemudian melalui kolaborasi ini menawarkan kenyamanan total bagi pengguna jalan dan peningkatan keterjangkauan.

Proyek ini akan memungkinkan teknologi Wireless Power Transfer (WPT) didemonstrasikan untuk berbagai EV dalam berbagai mode termasuk Transfer Daya Statis dan Transfer Daya Dinamis untuk kendaraan yang sedang bergerak.
 
Kolaborasi ini sendiri melibatkan banyak pihak termasuk ABB, Electreon, FIAMM Energy Teknologi, IVECO, IVECO Bus, Mapei, Pizzarotti, Politecnico di Milano, Prysmian, Stellantis, TIM, Universitas Roma dan Parma.

>>> Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Mobil  Listrik di Indonesia

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top