Ini Dia Mobil Polisi Indonesia Pertama yang Usung Tenaga Listrik

07/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Mobil polisi Indonesia kini mulai menggunakan tenaga listrik. Hal itulah yang terlihat dari mobil Patwal polisi di kantor Gubernur Provinsi Jawa Barat.

Mobil listrik makin banyak digunakan oleh sejumlah instansi di Indonesia. Kali ini giliran pihak kepolisian Patroli dan Pengawalan (Patwal) yang bertugas di kantor Gubernur Jawa Barat menggunakan mobil listrik untuk bertugas. 

Disebutkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, ini merupakan mobil polisi Indonesia pertama yang sudah mengusung tenaga listrik. Jika melihat bentuknya, tampaknya mobil polisi Indonesia pertama yang bertenaga listrik tersebut adalah Hyundai Kona Electric.

Hyundai Motors Indonesia Luncurkan dua mobil listrik murni  IONIQ Electric dan KONA Electric

Wujud Hyundai Kona Electric yang menjadi mobil polisi Indonesia

>>> Lexus LC 500 Seharga Rp 4.3 Miliar Jadi Mobil Patroli Polisi di Jepang

Mobil Polisi Indonesia Pertama yang Pakai Tenaga Listrik

Menurutnya, penggunaan mobil listrik di lingkungan pemerintah dapat membantu dalam penghematan anggaran. 

"Selain tidak merilis polusi dan kebisingan ke udara, Alhamdulillah banyak sekali menghemat biaya dan anggaran bulanan sampai 70 persen dibandingkan dgn anggaran rutin kendaraan bensin. Mari perlahan menuju gaya hidup ramah lingkungan dan ramah terhadap penghasilan," tulis Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dalam laman instagram pribadinya. 

Sebelumnya sudah ada beberapa pejabat pemerintah yang mengumumkan untuk menggunakan mobil bertenaga listrik. Kang Emil pun termasuk satu diantaranya. Kemudian ada juga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Pemprov Jawa Bara sendiri telah membeli 2 unit IONIQ Electric dan 1 unit KONA Electric. Unit tersebut nantinya akan digunakan sebagai mobil operasional dinas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.  

>>> Ini Alasannya Supercar Banyak Jadi Mobil Polisi di Dubai

Sejalan dengan Program Pemerintah

Penggunaan mobil listrik di lingkungan Pemprov Jabar ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk menggalakan kendaraan ramah lingkungan sesuai Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Darat. 

"Pada tahun 2021, kami akan mulai bertransformasi ke era listrik. Oleh karenanya, menjadi suatu kehormatan bagi saya untuk dapat mengajak dan menjadi contoh bagi warga kami di Jawa Barat untuk mulai beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak menjadi kendaraan listrik," kata Emil kala itu. 

Kalau Pemprov Jawa Barat baru membeli 3 unit mobil listrik, lain halnya dengan Kementerian Perhubungan. Setidaknya ada 100 unit mobil listrik yang dipesan Kemenhub yang nantinya diperuntukan sebagai kendaraan dinas Pejabat Eselon 1 dan Eselon 2.

mobil listrik hyundai

Pemprov Jabar telah memesan tiga unit mobil listrik untuk pejabat Eselon 1 dan 2

Pihaknya juga telah mewajibkan para staffnya untuk mulai beralih menggunakan kendaraan listrik. Sementara Budi, juga telah mulai menggunakan mobil listrik Hyundai sebagai kendaraan dinasnya. 

"Kita akan segera membeli, 20 untuk Eselon 1 kemudian Eselon 2 80, jadi 100 mobil karena nggak bisa langsung jadi kita tunggu impor," jelas Budi. 

>>> Inden Empat Tahun di Indonesia, Suzuki Jimny Jadi Mobil Polisi Italia

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top