Ini Dia Mobil Paling Aman di Kawasan ASEAN

19/02/2021

Pasar mobil

4 menit

Lembaga pemeringkat ASEAN NCAP baru saja merilis daftar pemenang mobil paling aman dari hasil uji tabrak yang dilakukan. Siapakah yang menjadi jawaranya.

Beragam cara dilakukan pabrikan untuk membuat mobilnya semakin aman. Misalnya dengan menyematkan fitur di dalamnya. Tapi fitur saja belum cukup. Ada juga pabrikan yang menggunakan acuan hasil uji tabrak guna meyakinkan konsumen bahwa mobilnya aman. Uji tabrak dilakukan oleh lembaga pemeringkat salah satunya ASEAN New Car Assestment Program (ASEAN NCAP). 

Memang hasil ASEAN NCAP bukanlah jaminan pengendara bisa selalu selama sepanjang perjalanan. Tapi dengan adanya hasil uji tabrak ini setidaknya mobil bisa mendapat predikat 'aman' lantaran tidak semua model mobil bisa menjalani tes dengan mulus.

Honda Accord

Accord saat diuji tabrak ASEAN NCAP

>>> Inikah Mobil Paling Tidak Aman di Dunia?

Mobill Paling Aman saat Uji Tabrak ASEAN NCAP

Pengendara juga dapat melihat simulasi ketika uji tabrak dilakukan sehingga lebih merasa tenang bila mobil yang dimiliki meraih hasil sempurna. 

Dalam uji tabrak ASEAN NCAP, ada beberapa mobil yang hanya mendapatkan satu bintang lantaran minimnya fitur keamanan dan keselamatan. Namun tak sedikit pula yang berhasil meraih poin tertinggi dalam uji tabrak tersebut. 

Baru-baru ini, ASEAN NCAP menggelar ajang penghargaan Grand Prix Award 2020 bagi model mobil yang mendapatkan peringkat mobil paling aman di kawasan ASEAN. Ada dua penghargaan utama yang diberikan yakni Excellent Award dan juga Best Safety Performace Award. 

Penghargaan Excellent Award diberikan untuk beberapa kategori. Adapun pemenangnya juga berasal dari beragam model. Untuk kategori Continous Safety Improvement berhasil diberikan kepada Isuzu D-Max, Toyota Hilux, Toyota Innova, dan juga Corolla Altis. Kemudian penghargaan kategori pabrikan yang berkomitmen untuk menyematkan fitur keamanan dimenangkan oleh VinFast. 

Mobil yang konsisten mendapatkan predikat 5-star diraih oleh Honda City. Ini artinya dalam beberapa kali pengujian yang terlibat, Honda City selalu mendapatkan lima bintang berkat fitur di dalamnya. 

Digunakan All New Honda Accord, Apa Saja yang Baru Dalam Teknologi Honda Sensing?

Di Indonesia, Accord mengaspal pada ajang GIIAS 2019

>>> ASEAN NCAP Uji Tabrak Toyota Innova Facelift, Hasilnya Dapat 5 Bintang

Honda Accord Jadi Mobil Paling Aman

Kemudian beralih ke penghargaan Best Safety Performance Award. Pada kategori proteksi perlindungan penumpang dewasa pemenangnya jatuh pada Honda Accord, pun demikian dengan proteksi anak. Honda Accord meraih hasil sempurna saat diuji untuk kedua kategori tersebut. Kemudian untuk fitur keamanan dimenangkan oleh Toyota Majesty/Granvia. Secara keseluruhan Honda Accord menjadi juaranya dan mendapat predikat mobil paling aman. 

Honda Accord

Accord jadi mobil paling aman versi ASEAN NCAP

Dalam pengujian yang dilakukan tahun 2019, Honda Accord tipe E lansiran 2019 mendapat skor 49,07 poin untuk proteksi dewasa; 23,28 poin perlindungan anak; 19,44 poin pada safety assist. Ini berlaku pada Honda Accord rakitan Thailand yang juga dijual di Indonesia. 

Sementara untuk merek yang paling banyak mendapatkan predikat 5-star pada periode 2019-2020 diraih oleh Toyota.

"Setelah bertahun-tahun kami terus melihat usaha pabrikan untuk memastikan bahwa mobil yang mereka tawarkan menawarkan fitur keamanan tinggi bagi penggunanya. Penghargaan ini juga bisa menjadi acuan untuk pabrikan lain yang belum menawarkan teknologi dan fitur keamanan dalam melindungi pengguna jalan," tutur Secretary-General and Acting Chairman ASEAN NCAP Khairil Anwar Abu Kassim dalam keterangan resminya. 

 >>> Review Honda Accord 2019: Sedan Tercanggih Di Kelasnya

Penulis
Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top