Ini Dia Mobil Listrik Termurah di Indonesia

19/04/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
DFSK baru saja merilis Gelora E yang dibanderol mulai Rp 480 jutaan. Ini sekaligus menjadikan DFSK Gelora E sebagai mobil listrik termurah di Indonesia.

Pasar mobil listrik di Indonesia kian ramai setelah DFSK meluncurkan Gelora E yang mengusung tenaga baterai. DFSK Gelora E meluncur di lantai Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021. Kalau biasanya mobil listrik itu diperuntukan mengangkut penumpang, Gelora E justru ditujukan bagi Anda para pengusaha sehingga bisa berbisnis sekaligus lebih ramah lingkungan.  Saat ini, bagi Anda yang berminat meminang Gelora E maka bisa melakukan pemesanan dengan sistem pre-order. DFSK Gelora E ditawarkan mulai Rp 480 jutaan. 

Banderolan harga tersebut menjadikan DFSK Gelora E mobil listrik termurah di Indonesia. Kalau mau membandingkan, saat ini pilihan mobil listrik di Indonesia memang tidak banyak. Adapun pilihannya yang dibawa oleh pabrikan resmi adalah Hyundai Kona Electric, Hyundai Ioniq Electric, Lexus UX300e dan BMW i3S. Sedangkan untuk mobil listrik Tesla saat ini masih diboyong oleh importir umum. Untuk lebih jelasnya, berikut rincian harga mobil listrik yang ada di Indonesia. 

>>> Jurus Pemerintah Bikin Harga Mobil Listrik di Indonesia Lebih Murah

1. Harga Mobil Listrik Hyundai 

mobil listrik Hyundai

Dua mobil listrik Hyundai

Dua mobil listrik Hyundai dirilis bersamaan pada November 2020.  Kedua mobil itu adalah Kona Electric dan juga Ioniq Electric. Mengutip laman Hyundai Motor Indonesia, Ioniq Electric Signature AT saat ini dijual dengan harga Rp 677 juta. 

Kemudian ada juga Kona Electric Signature AT yang saat ini memiliki banderol Rp 697 juta. Kedua harga tersebut adalah OTR Jakarta. Tentunya untuk daerah lain menyesuaikan dengan aturan perpajakan yang berlaku. Banderolan harga mobil listrik Hyundai itu rupanya sudah mendapat keringanan dari pemerintah provinsi DKI Jakarta yang menggratiskan Bea Balik Nama.

2. Harga Mobil Listrik BMW i3S

BMW i3s I01 2018 Fluid Black with BMW i Blue highlight side view in urban setting driving

BMW i3s

Berbeda dengan Hyundai, harga mobil listrik BMW ini terbilang mahal dengan banderolan Rp 1,35 miliar OTR Jakarta. Harganya yang tinggi tentu kurang menarik bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. 

>>> Harga Mobil Listrik di Indonesia Masih Kemahalan

3. Harga Mobil Listrik Lexus UX300e

Lexus juga sudah mengenalkan mobil listrik perdananya di Indonesia lewat model UX300e. Harganya tentu tidak murah. Saat ini mobil listrik itu dibanderol mulai Rp 1,245 miliar. 

mobil listrik Lexus

UX300e diluncurkan di Indonesia pada November 2020

4. Harga Mobil Listrik DFSK Gelora E

Harga mobil listrik DFSK Gelora E untuk model minibus ditawarkan dengan harga berkisar antara Rp 510.000.000 - Rp 520.000.000 dan model blind van dengan harga Rp 480.000.000 - Rp 490.000.000 selama IIMS 2021 berlangsung. 

DFSK Gelora E

Gelora E mulai ditawarkan dengan sistem preorder

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, banderolan tersebut menjadikan Gelora E sebagai mobil listrik termurah di Indonesia. Tapi pencapaian Gelora E sebagai mobil listrik termurah di Indonesia bukan satu-satunya senjata yang dimiliki untuk bersaing di pasar otomotif Tanah Air.  

Sistem baterai pada Gelora E didukung dengan pengisian fast charging sebanyak 20-80% hanya membutuhkan waktu 80 menit, dengan jarak tempuh berkendara hingga 300 kilometer berdasarkan NEDC (New European Driving Cycle). Sedangkan untuk pengisian reguler, DFSK Gelora E memiliki sistem pengisian normal yang cocok untuk lingkungan listrik rumah tangga dengan rata-rata 220V 16A. Sebagai kendaraan komersial, jelas DFSK Gelora E didukung dengan tenaga yang kuat dan bisa diandalkan di berbagai situasi dengan torsi maksimum mencapai 200 Nm.

DFSK Gelora E sebagai kendaraan ramah lingkungan juga ditunjang dengan efisiensi energi yang tinggi sehingga mampu menekan biaya penggunaan sehari-hari. DFSK Gelora E mampu menghemat biaya energi menjadi sekitar Rp 200 per kilometer. Sehingga konsumen DFSK Gelora E akan mendapatkan biaya operasional yang lebih rendah, mencapai 1/3 dibandingkan dengan kendaraan komersial konvensional, sehingga memberikan lebih banyak keuntungan dari segi biaya operasional.

DFSK Gelora E

Dibekali dengan sistem Quick Charging

Tidak ketinggalan soal keamanan, DFSK Gelora E sudah mengadopsi langkah-langkah perlindungan seperti perlindungan isolasi, perlindungan tegangan tinggi, tahan debu dan air (hingga standar IP67), dan sistem perlindungan baterai yang ketat untuk memastikan keamanan baterai dalam kondisi ekstrim. Selain itu, desain bodi tahan benturan yang kokoh, ditambah dengan sistem ABS dan EBD untuk memastikan keselamatan berkendara pengemudi dan penumpang. 

>>> 5 Hal yang Bikin Konsumen Masih Ragu Beli Mobil Listrik di Indonesia

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top