Catat! Ini 8 Lokasi Pos Penyekatan Larangan Mudik di Kota Bandung

01/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dengan peraturan larangan mudik di kota Bandung, pemerintah kota dan Polrestabes Bandung menyediakan 8 pos penyekatan yang tersebar di akses masuk kota Bandung.

Larangan mudik kembali dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19 pada hari raya Idul Fitri 1442 H tahun ini. Melalui pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Polrestabes dan pemerintah kota Bandung, ada 8 titik pos penyekatan yang akan memeriksa setiap pengendara yang melakukan perjalanan ke kota Bandung.

Larangan mudik di Kota Bandung

Saat ini, peraturan peniadaan mudik idul fitri 1442 H memasuki masa penyekatan pra mudik mulai dari 22 April lalu hingga 5 Mei. Meski tanpa ketentuan izin PPDN (Pelaku Perjalanan Dalam Negeri), namun masyarakat yang keluar masuk kota Bandung wajib menyertakan hasil negatif RT-PCR/Rapid tes antigen atau Genose C19.

larangan mudik dari Polrestabes Bandung pada tahun 2021
Larangan mudik dilakukan mulai dari 22 April lalu

>>> Jokowi Khawatir 18,9 Juta Orang Tetap Mau Mudik Meski Ada Larangan

Sedangkan masa peniadaan mudik tertanggal 6 Mei – 17 Mei melarang perjalanan, kecuali bagi masyarakat yang bekerja/perjalanan dinas, kunjungan keluarga yang sakit, kunjungan duka/keluarga yang meninggal, untuk ibu hamil atau kepentingan persalinan. Untuk itu, Anda perlu menyertakan hasil negatif tes RT-PCR, rapid antigen maksimal 2x24 jam, atau hasil negatif Genose 19.

Sedangkan masa larangan mudik paska Idul Fitri berlangsung pada 18 Mei hingga 24 Mei. Tidak ada pengecualian, namun bagi Anda yang melakukan perjalanan diwajibkan menyertakan hasil negatif RT-PCR/Rapid tes antigen atau Genose C19 sebelum keberangkatan.

>>> Simak Daftar Titik Penyekatan Mudik Lebaran 2021

Pos penyekatan di akses kota Bandung

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan, pihak Polrestabes Bandung menyediakan beberapa posko yang tersebar di akses keluar masuk kota Bandung. Setiap posko memiliki papan pemberitahuan 500 m sebelum posko. Petugas nantinya akan mengecek surat identitas (SIM/KTP), surat izin tertulis bagi pegawai negeri sipil dan pegawai swasta, surat izin tertulis dari kepala desa atau lurah, dan surat keterangan tes PCR atau rapid test antigen.

polisi yang menanyai pemudik
Pos penyekatan tersedia di akses masuk kota Bandung

Berikut beberapa lokasi pos penyekatan oleh Polrestabes Bandung dalam rangka Larangan Mudik tahun 2021:

  • Posko utama Cikapayang Dago.
  • Pos Ledeng, yaitu Jalur Utara dari arah Lembang menuju kota Bandung.
  • Pos Cibeureum, yaitu Jalur Barat dari arah Cimahi menuju kota Bandung.
  • Pos Cibiru, yaitu Jalur Timur dari arah Cileunyi menuju kota Bandung.
  • Pos Pasteur, yaitu Jalur Barat dari arah Purbaleunyi dan Seroja menuju kota Bandung.
  • Pos Buah Batu, yaitu Jalur Selatan dari arah Purbaleunyi dan Seroja menuju kota Bandung.
  • Pos Moh. Toha, yaitu Jalur Selatan dari arah Purbaleunyi dan Seroja menuju kota Bandung.
  • Pos Kopo, yaitu Jalur Selatan dari arah Purbaleunyi dan Seroja menuju kota Bandung.
  • Pos Pasirkoja, yaitu yaitu Jalur Selatan dari arah Purbaleunyi dan Seroja menuju kota Bandung.

Dilansir dari berbagai, sebanyak 400 personel dari gabungan TNI dan Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan ODP siap bersiaga 24 jam di area cek point. Setiap titik cek poin melibatkan 44 orang, dengan satu pos terbagi menjadi tiga shift.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top