Ini Dia 8 Fungsi Utama Oli ECSTAR Suzuki

14/11/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Ini Dia 8 Fungsi Utama Oli ECSTAR Suzuki
Keberadaan oli sangat penting bagi kendaraan Anda, inilah fungsi-fungsi utama oli ECSTAR yang didevelop khusus oleh Suzuki untuk kendaraan yang berkualitas

Oli ECSTAR merupakan pelumas resmi mobil Suzuki yang didesain untuk memberikan performa terbaik saat berkendara, sesuai dengan slogannya saat itu saat pertama kali meluncur di awal tahun 2020 yaitu The Ultimate Performance.

Keunggulan Oli ECSTAR

“Oli ECSTAR diformulasikan secara khusus untuk memberikan kinerja terbaik pada mesin agar mampu mengurangi gesekan, membersihkan mesin, serta mempertahankan stabilitas temperatur mesin sehingga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang optimal sekaligus melindungi mesin,” ujar Ignatius Ratrianto, Spare part Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dikutip Cintamobil.com.

Oli ECSTAR

Ada beberapa fungsi oli untuk kendaraan. Penggunaan oli yang tepat dapat menjadi salah satu jaminan terjaganya durabilitas sebuah kendaraan baik itu mobil, sepeda motor bahkan mesin motor tempel (kapal). Adapun fungsi oli adalah sebagai berikut:

  • Lubricating (Melumasi)
  • Protecting (Melindungi)
  • Cleaning (Membersihkan)
  • Cooling (Mendinginkan) 
  • Menambah Performa
  • Merapatkan celah antara piston dengan silinder
  • Peredam Getaran dan suara
  • Sebagai Anti Karat

Jenis-jenis oli atau pelumas yang baik untuk kendaraan adalah sebagai berikut:

  • Warna oli jernih
  • Aroma tidak menyengat
  • Tidak meninggalkan kotoran
  • Mampu menambah kecepatan laju kendaraan
  • Memiliki jarak tempuh sesuai dengan label produk\

>>> Tips Memilih Oli Mobil Suzuki Terbaik

Prestasi Oli ECSTAR Suzuki

Keberhasilan ECSTAR telah dibuktikan oleh Alex Rins dan Joan Mir sebagai pebalap Suzuki ECSTAR. Untuk Alex Rins, ia bergabung dengan tim Suzuki ECSTAR pada tahun 2017. Di tahun 2020, Alex Rins memenangkan 1 dari 13 pertandingan (MotoGP Aragon), menjuarai podium hingga 4 kali, dengan 2 lap dan 139 points, Alex Rin menjadi juara ke-3 ajang MotoGP 2020.

Sedangkan Joan Mir bergabung dengan tim Suzuki ECSTAR pada tahun 2019. Di tahun 2020, Joan Mir memenangkan 1 dari 14 pertandingan (MotoGP Eropa), naik podium hingga 7 kali, dengan 171 points, hebatnya Joan Mir menjadi juara pertama ajang MotoGP 2020. Sebuah prestasi yang luar biasa bagi pebalap, tim, dan juga pabrikan motornya.

Suzuki GSX-RR MotoGP

Suzuki GSX-RR pakai Oli ECSTAR

Sebagai informasi Alex Rins dan Joan Mir menggunakan sepeda motor balap Suzuki GSX-RR dengan kapasitas 1000cc, konfigurasi empat silinder segaris dengan empat katup per silinder, berpendingin cairan, 4 Stroke DOHC (Double Over-Head Camshaft). Output maksimum yang dihasilkan lebih dari 176kw (240 PS), dengan kecepatan maksimum dapat lebih dari 340 km/jam.

Jumlah mesin yang tersedia untuk digunakan oleh setiap pembalap dibatasi hingga 7 mesin, untuk semua balapan terjadwal dalam satu musim (sebanyak 20
balapan).  Dengan kekuatan performa tersebut, diperlukan perawatan mesin yang optimal agar dapat digunakan lebih lama dan seefisien mungkin. Sepeda motor yang digunakan oleh Alex Rins dan Joan Mir menggunakan Ecstar Oil dalam memberikan perlindungan serta optimalisasi kinerja mesinnya.

Joan Mir MotoGP World Champion

Joan Mir

“ECSTAR berkembang di sirkuit balap MotoGP bersama tim Suzuki dan telah dikenal secara global. Saat ini kami meluncurkan ECSTAR untuk para pengguna mobil di Indonesia. Kehadiran ECSTAR diharapkan dapat memberikan The Ultimate Performance bagi seluruh konsumen otomotif dan tentunya menjadi bukti nyata komitmen Suzuki untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik di Indonesia,” tutup Seiji Itayama, President Director PT SIM/SIS.

>>> Gear Oil Suzuki ECSTAR Jamin Pelumasan Optimal

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Head of Content di Cintamobil.com   About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebe
 
back to top