Ini Daftar Mobil Baru yang Dapatkan Insentif Pajak, ada Raize–Rocky

27/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Ini Daftar Mobil Baru yang Dapatkan Insentif Pajak, ada Raize–Rocky
Rilisan resmi dari Menteri Perindustrian Indonesia memperlihatkan 21 daftar mobil baru yang mendapatkan insentif pajak yang akan diberlakukan pada Maret 2021.

Setelah Pemerintah Indonesia meresmikan aturan terbaru mengenai diskon harga mobil dengan insentif Pajak Penjualan atas Barang mewah (PPnBM), laporan terbaru memperlihatkan daftar 21 mobil yang akan mendapatkan pengurangan harga yang akan dilaksanakan pada Maret mendatang.

21 daftar mobil baru

Rilisan resmi bertandatangan Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian Republik Indonesia mengungkapkan daftar mobil yang mendapatkan pengurangan harga bulan depan. Semua varian dari Toyota Yaris, Toyota Avanza, hingga Wuling Confero dengan pembelian lokal di atas 70% bisa didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau.

pajak mobil baru dari Kementerian Perindustrian Indonesia
Daftar mobil yang mendapatkan insentif pajak dengan pembelian lokal di atas 70%

>>> Sebelum Indonesia, Negara Ini Juga Beri Diskon Pajak Beli Mobil dan Berhasil

Menariknya, laporan tersebut mengungkapkan dua mobil yang bahkan belum dijual secara resmi di Indonesia. Adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang sudah lama digadang-gadang melengkapi kolaborasi keempat Toyota-Daihatsu di Indonesia. Kedua model berbodi SUV ini disebut memiliki local purchase 70% dan masuk dalam daftar mobil yang mendapatkan insentif pajak.

Tapi hingga saat ini, tim Cintamobil.com belum mendapatkan informasi mengenai harga baru dari mobil yang mendapatkan insentif pajak. Ketika kami mengunjungi laman resmi Kementerian Perindustrian, belum ada update terbaru mengenai ubahan harga yang akan diterapkan.

>>> Selain Dapat Diskon Pajak, Beli Mobil Juga Bisa DP 0 Persen

Pengurangan harga masih misteri

Menurut informasi yang kami dapatkan dari salah satu sales Toyota Auto2000 Lenteng Agung, besarnya pengurangan pajak yang diberikan kepada mobil baru tak sebesar promo bulan Februari 2021. Sedangkan pihak Toyota belum mengumumkan kisaran penurunan harga mobil baru berdasarkan insentif pajak baru bulan Maret mendatang.

Toyota Avanza baru berwarna putih
Besaran harga insentif pajak tak sebesar harga promo?

Informasi tersebut mengungkapkan bahwa diskon yang diberikan mulai dari Rp 17 jutaan untuk Toyota Rush. Sedangkan Toyota Avanza yang menjadi mobil populer keluarga di Indonesia mendapatkan potongan harga berkisar dari Rp 12 jutaan hingga Rp 15 jutaan.

Sebagian media juga telah memprediksikan perbandingan harga mobil dengan dan tanpa PPnBM. Contohnya Honda Brio yang awalnya dijual dengan harga Rp 188,5 jutaan diproyeksikan akan seharga Rp 170 jutaan. 

Sepertinya kita perlu menunggu hingga Senin, 1 Maret, sebelum pabrikan mengumumkan harga resmi mobil barunya setelah mendapatkan insentif pajak.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top