Ini cara Toyota Indonesia Hadapi Wabah COVID-19

24/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Ini cara Toyota Indonesia Hadapi Wabah COVID-19
Di tengah masifnya penyebaran virus corona di Indonesia, Toyota Indonesia menerapkan beberapa kebijakan untuk kegiatan kantor, produksi, dan dealer. Seperti apa detailnya?

Penyebaran virus corona di Indonesia kini semakin menggila, dalam waktu satu minggu lebih jumlah penderita Covid-19 meningkat pesat dari 34 kasus pada 12 Maret kini menjadi 514 kasus pada 22 Maret, yang berarti 480 kasus baru muncul dalam 10 hari.

>>> Pasar lesu di tengah wabah corona, Toyota masih pede dengan penjualan New Agya

Pandemi Covid-19 menciptakan krisis yang melanda berbagai aspek industri di Indonesia, tak terkecuali otomotif. Mulai dari penundaan IIMS 2020, sampai batalnya acara peluncuran beberapa model mobil, meski pada akhirnya mobil tetap diluncurkan secara virtual.

TAM sudah mulai WFH

Menanggapi krisis ini, Toyota Indonesia menerapkan beberapa kebijakan untuk menjaga keselamatan para karyawannya di tengah penyebaran virus Covid-19. Salah satunya PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah mulai menerapkan Work From Home sejak 18 Maret lalu.

“Di Toyota, keselamatan dan kesehatan karyawan dan para pemegangku kepentingan adalah yang terpenting bagi kita. Debgan pemikiran itu, dan di bawah bimbingan serta dukungan dari pemerintah lokal, kami mengambil keputusan yang diperlukan secar cepat,” tulis Toyota dalam rilisnya.

Toyota Sienta yang dirakit di pabrik PT TMMIN

Operasional PT TMMIN akan berjalan seperti biasa, namun dengan penyesuaian tertentu

“Saat ini, berdasarkan pertimbangan untuk melindungi pegawai dan stakeholder dari serangan virus COVID-19, kami mulai menerapkan beberapa langkah seperti kebijakan “Work From Home” untuk para pegawai Toyota Indonesia (dimulai dari 18 Maret).

>>> Pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda temukan di sini

“Meski sampai saat ini belum ada pegawai Toyota Indonesia yang terindikasi COVID-19, dengan peraturan ketat, kami membatasi aktivitas penerimaan tamu, perjalanan bisnis juga dibatalkan kecuali keperluan mendesak.”

Pabrik dan dealer tetap beroperasi seperti biasa

Sementara itu, kegiatan produksi di pabrik TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) tetap berjalan seperti biasa, namun para pegawai dapat beristirahat jika merasakan gejala Virus Corona.

Suasana dealer dan bengkel Toyota Auto 2000

Sementara itu, kegiatan operasional dealer dan bengkel akan mengikuti kebutuhan pelanggan

Begitupun untuk kegiatan sales dan after sales, di mana Toyota Indonesia akan mengoperasikan dealer dan bengkel sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan tetap memantau kondisi terkini terkait penyebaran virus Corona di Indonesia.

>>> Berita terkini seputar pasar mobil bisa Anda simak di sini

“Sementara itu, aktivitas produksi Toyota Indonesia tetap berjalan seperti biasa, namun dengan tambahan sistem self-declaration bagi para pekerja pabrik. Yang di mana mereka direkomendasikan untuk istirahat di rumah jika kondisi sedang tidak fit,” lanjutan dari rilis.

“Aktivitas dealer Toyota juga akan tetap mempertahankan operasional seperti biasa berdasarkan kebutuhan pelanggan. Kami akan terus memonitor situasi secara seksama."

>>> Berita terkini, tips & trik terlengkap, serta pilihan mobil berkualitas bisa Anda temukan semua di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top