Ini Biang Kerok Kelangkaan Chip Semikonduktor Menurut APM

15/07/2022

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Ini Biang Kerok Kelangkaan Chip Semikonduktor Menurut APM
Kelangkaan chip semikonduktor menjadi salah satu biang kerok inden mobil yang panjang di Indonesia. Ternyata ini sumber masalahnya menurut para APM...

Kelangkaan chip semikonduktor menjadi polemik tersendiri di dunia otomotif, tak terkecuali di Indonesia. Karena kelangkaan chip pintar ini berakibat pada inden mobil baru yang semakin mengular.

Daihatsu Rocky Turbo 1.0 R A.S.A

Inden mobil bisa mengular panjang karena kelangkaan chip ini

Bayangkan, ada salah satu pabrikan besar di Indonesia yang waktu inden produknya hingga tahun 2024! Jelas ini merupakan hal tak wajar, dan salah satunya disebabkan oleh kelangkaan chip semikonduktor. Lantas sebenarnya apa akar dari masalah ini? Berikut adalah analisis Agen Pemegang Merek (APM).

>>> Segera dapatkan cashback Rp15 juta untuk Anda dari dengan membeli mobil dengan cara klik link ini

COVID19 Jadi Biang Kerok

Kejadian pandemi COVID19 yang terjadi di seluruh dunia menjadi penyebab awal kelangkaan chip ini. Saat COVID19 banyak vendor yang tak bisa berporduksi karena harus menjalani WFH (Work From Home). Alhasil banyak karyawan vendor yang dirumahkan. Hal itu sejalan dengan permintaan kendaraan baru yang menurun.

Kelangkaan Chip Semikonduktor

Ilustrasi Chip Semikonduktor

Nah, ketika COVID19 berhasil dikendalikan, pasar mobil pun mulai bertumbuh, sementara vendor yang awalnya merumahkan karyawannya belum bisa meng-hire kembali. Alhasil produksi chip tersebut menjadi macet.

Analisis APM

"Berawal dari industri otomotif yang melemah sejak covid 2 tahun lalu, banyak chip semikonduktor yang dialihkan ke industri elektronik seperti IT dan alat komunikasi yang memerlukan banyak menggunakan chip tersebut," kata Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM.

Samsung Galaxy S22 5G

HP canggih seperti ini juga butuh pasokan chip semikonduktor

"Sekarang di saat otomotif mulai kembali normal, pemasok chip semikonduktor belum mampu mensupply sebanyak total demand  yang diinginkan. Kapasitas sedang ditingkatkan namun memerlukan waktu juga," papar Billy sapaan akrab Yusak Billy.

Brio Satya dan Brio RS 2018

Brio Satya jadi salah satu produk yang paling berpengaruh akibat kelangkaan chip ini

Hal senada juga diutarakan Sri Agung Handayani, selaku Marketing Director, dan Corporate Planning Communication Director PT ADM. Wanita asal Bali ini bilang kalau ini, "Juga dipengaruhi lock down di Shanghai kemarin ya Mas," paparnya ke tim Cintamobil.com.

Pabrik Mobil Hybrid Toyota Indonesia

Pabrikan raksasa pun akan sulit bergerak jika chip pintar tersebut tidak tersedia

"Masalah semi konduktor sudah terjadi sebelum perang Ukraina Rusia, lonjakan permintaan setelah pandemic dan ada pabrik semi konduktor yang terbakar sehingga tidak berproduksim" tutup Ir. Bob Azam, selaku Direktur Corporate & External Affairs And Administration PT Toyota Motor Manufucturing Indonesia kepada tim kami.

>>> Chip Semikonduktor Bisa Makin Langka karena Invasi Rusia ke Ukraina

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jur
 
back to top