Ini Bedanya PSBB Tangerang Raya Tahap 4 Dengan Sebelumnya

01/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ini Bedanya PSBB Tangerang Raya Tahap 4 Dengan Sebelumnya
Selesai dengan tahap 1, 2, dan 3, PSBB Tangerang Raya dilanjutkan tahap 4 yang dimulai tanggal 1 Juni 2020. Apa bedanya PSBB kali ini dengan PSBB sebelumnya?

Kesepakatan diambil tiga kepala daerah di Tangerang Raya, Banten (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan) untuk memperpanjang kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) alias PSBB tahap 4 mulai 1 Juni - 14 Juni 2020. Keputusan diambil setelah mempertimbangkan perkembangan status COVID-19 yang hingga belum melandai. Di ketiga wilayah tersebut penyebaran COVID-19 masih menjadi yang tertinggi di Provinsi Banten.

Rumah ibadah dilonggarkan

Menurut Gubernur Banten, Wahidin Halim, PSBB Tangerang Raya sekaligus menjadi tahap awal jelang diberlakukannya fase New Normal.

"Jadi PSBB tahap ketiga ini merupakan tahap awal sebelum pemberlakuan new normal. Namun dengan berbagai evaluasi yang terus dilakukan dengan daerah Tangerang Raya," kata Gubernur Wahidin dalam keterangan tertulisnya, (31/5/2020).

>>> Ditlantas Polda Banten Perketat Pemeriksaan Kendaraan di Pos Check Point

Foto menunjukkan Gubernur Banten Wahidin Halim

Pemprov Banten menyetujui perpanjangan PSBB Tangerang Raya

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menuturkan, yang membedakan dengan PSBB kali ini dengan sebelumnya, pada PSBB kali ini rumah-rumah ibadah mulai dilonggarkan untuk dipakai menjalankan aktivitas ibadah dengan mematuhi protokol kesehatan.

Sedangkan untuk sektor lain seperti pusat-pusat perbelanjaan dan sekolah masih libur. Kegiatan belajar dilakukan di rumah sampai 15 Juni atau hingga waktu yang belum bisa ditentukan. Sementara pusat-pusat perbelanjaan dibuka secara bertahap.

"Kami sudah membahas dan mendiskusikan untuk penggunaan rumah-rumah ibadah yang ada di Kabupaten Tangerang, sudah berbicara dan diskusi dengan MUI, DMI dan FKUB, secara bertahap terlebih dahulu masjid dan sarana ibadah lain dibuka selama perpanjangan PSBB," jelas Zaki.

Status COVID di Tangerang Raya

Berdasarkan data Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), hingga 31 Mei 2020 pukul 18.00 WIB kasus positif COVID-19 di Provinsi Banten mencapai 796 kasus, dengan pasien sembuh sebanyak 342 orang dan meninggal dunia 67 orang.

>>> 5 Kesalahan Memakai Masker Yang Sebaiknya Dihindari

Gambar menunjukkan Banner pengumuman perpanjangan PSBB Tangerang Selatan

PSBB diperpanjang lagi

Tangerang Raya menempati urutan tertinggi dibanding wilayah lain di Banten dengan rincian:

  • Kota Tangerang; Positif 356 kasus, sembuh 198 orang, dan meninggal 29 orang,
  • Kota Tangerang Selatan; Positif 148 kasus, sembuh 57 orang, dan meninggal 25 orang,
  • Kabupaten Tangerang; Positif 97 kasus, sembuh 71 orang, dan meninggal 11 orang.

Selain tiga wilayah di atas, yakni Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak kasus positif di masing-masing wilayah tidak sampai 10 kasus.

>>> Berita otomotif menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top