Mau Jajal Daihatsu Rocky 1.2L? Sabar, Unitnya Masih 'Langka'

15/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Meski sudah diluncurkan semenjak 17 Juli 2021, ternyata unit test drive Daihastu Rocky 1.2L masih jarang ditemui di jaringan dealer Daihatsu. Ini alasannya.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah meluncurkan Daihatsu Rocky varian mesin 1.200 cc naturally aspirated sebagai jawaban bagi para konsumen yang tidak menginginkan mesin turbo atau memilih mobil dengan harga yang lebih terjangkau.

Meski sudah diluncurkan hampir sebulan lalu, kenyataannya unit test drive untuk Rocky 1.2L ternyata masih jarang tersedia di jaringan dealer Daihatsu. Salah satu rekan kami di Cintamobil.com hingga saat ini masih belum menemukan mobil ini untuk diuji coba.

Alasan Kelangkaan Unit Test Drive Rocky 1.2L

Gambar Daihatsu Rocky

Sejauh ini, jaringan dealer lebih banyak menyediakan unit test drive Rocky 1.0

>>> Ford Mustang Mach-E Pecahkan Rekor Mobil Listrik Paling Efisien

Ternyata, kelangkaan unit test drive ini memang sudah diketahui oleh pihak ADM. Mereka pun menyebut bahwa hal tersebut terjadi karena Daihatsu Sales Operation (DSO) tidak menyiapkan kedua unit test pada waktu yang bersamaan karena tanggal peluncuran yang berbeda.

"Memang setelah peluncuran Daihatsu Rocky, banyak konsumen yang ingin mencobanya. Karena itu, kami menyiapkan unit Rocky 1.0T untuk semua outlet. Tetapi di tanggal 17 Juni Daihatsu Rocky 1.2L diluncurkan. Sehingga, unit 1.200 cc tersebut dikirim untuk outlet-outlet yang belum kebagian Rocky 1.0T," ungkap Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso.

Melalui konferensi virtual yang dilakukan Kamis (15/7), ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan Rocky 1.200 cc untuk outlet lain yang belum mendapatkan unit tes varian ini.

"Memang baru 12 - 15 unit Daihatsu Rocky 1.2L yang tersedia di beberapa outlet. Kebanyakan outlet yang memang belum dapat unit tes Rocky 1.0T,. Itu pun tak semuanya di Jakarta," tambahnya.

Varian Termurah Rp 180 Jutaan

Memang peluncuran Rocky bermesin 1.200 cc ini menjadi angin segar bagi para calon konsumen yang menginginkan Rocky dengan banderol lebih terjangkau. Versi termurahnya, Daihatsu Rocky 1.2 M M/T dibanderol Rp 180,7 juta, sedangkan versi turbo yang termurah berada di harga Rp 216 juta.

>>> Marc Philipp Gemballa Marsien, 911 Versi Gurun Dengan 818 HP

Gambar Unit Test Rocky

DSO akan segera melengkapi armada unit test outlet dengan Daihatsu Rocky 1.2L

Dengan tersedianya unit tes Rocky 1.2L di semua outlet Daihatsu, calon konsumen pun bisa mencoba langsung sebelum memutuskan untuk membeli mobil ini.

Apalagi, Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan bahwa Daihatsu akan lebih fokus pada penjualan varian mesin 1.200 cc.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top