Hati-hati! Suka Taruh iPhone di Setang Motor Bikin Kameranya Rusak

15/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Apple menyebutkan bahwa kebiasaan sering memasang iPhone ke setang motor bisa menyebabkan masalah yang signifikan pada sistem yang ada di kamera iPhone.

Ada banyak hal yang bisa berdampak buruk pada smartphone, termasuk iPhone. Ponsel genggam populer yang dibanderol lebih mahal dibandingkan smartphone lainnya ini memang memiliki bodi yang tak bisa dibilang kokoh. Salah satu kelemahan dari iPhone adalah ketika berhadapan dengan kebiasaan memasang iPhone ke setang motor, apa hubungannya ya?

Bisa merusak kamera

Bagi Anda pengendara sepeda motor, hindari untuk memasang iPhone Anda ke setang motor. Hal ini memang banyak dilakukan oleh pengendara ojek online maupun mereka yang sering melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor. Pasalnya mesin motor dengan getaran yang tinggi mampu merusak sistem kamera sehingga membuat foto menjadi buram.

"Mengekspos iPhone Anda ke getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu, khususnya yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor berdaya tinggi, dapat menurunkan kinerja sistem kamera," tulis perusahaan teknologi itu dalam sebuah pernyataan publik.

pasang iPhone ke setang motor ketika sedang berkendara di jalan
Hindari memasang iPhone pada setang motor agar tidak merusak kamera

Masalah ini ternyata berasal dari beberapa teknologi kamera canggih yang membantu membuat foto iPhone tidak terlalu buram. Apple mengatakan bahwa optical image stabilization (OIS) pada kamera dan closed-loop autofocus (AF) adalah sistem khusus yang dapat didegradasi oleh getaran mesin motor.

>>> iOS Baru Bikin Baterai iPhone Cepat Terkuras Saat Terkoneksi Apple CarPlay

Akibat teknologi canggih

Apple menyebutkan bahwa OIS adalah giroskop kecil di kamera ponsel yang memungkinkan iPhone untuk menstabilkan lensa bahkan ketika iPhone bergetar atau bergoyang saat pengambilan gambar. Sedangkan closed-loop autofocus menggunakan sensor magnetik untuk mengukur efek gravitasi dan getaran.

"Seperti halnya dengan banyak elektronik konsumen yang mencakup sistem seperti OIS, paparan langsung jangka panjang terhadap getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu dapat menurunkan kinerja sistem ini dan menyebabkan penurunan kualitas gambar untuk foto dan video," tulis Apple.

>>> Update Google Maps Terbaru Sudah Tersedia untuk Apple CarPlay

kamera iPhone dimana pengguna sedang memotret
Kamera iPhone memiliki OIS dan AF yang bisa terpengaruh getaran mesin motor

Karena risiko ini, Apple menyarankan agar pengguna tidak memasang iPhone mereka langsung ke sasis atau setang sepeda motor. Bukan hanya moge atau motor dengan kapasitas silinder mesin yang besar, namun juga kendaraan roda dua dengan cc yang lebih kecil seperti motor bebek maupun skuter.

Semua model mulai dari iPhone 7 hingga yang terbaru, termasuk iPhone 6 Plus dan iPhone 6s Plus berpotensi terpengaruh akibat masalah ini. Hanya saja belum ada informasi lebih lanjut mengenai apakah masalah ini juga mengintai smartphone lainnya. 

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top