Ini 7 Merek Mobil Pertama di Dunia, Tertua Berumur 240 Tahun!

04/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ini 7 Merek Mobil Pertama di Dunia, Tertua Berumur 240 Tahun!
Tak jarang penggemar otomotif menyebutkan Benz-Paten Motorwagen sebagai merek mobil pertama di dunia. Tapi sejarah otomotif mencatat ada kendaraan lain yang diproduksi dan berjalan jauh sebelum Benz memproduksi mobil legendarisnya.

Benz disebut-sebut sebagai pemilik dari merek mobil pertama di duni,. Tapi rupanya anggapan tersebut tak sepenuhnya benar. Sebelum Benz, sudah ada beberapa mobil yang dikembangkan lebih dulu. Berikut tujuh kendaraan, termasuk Benz-Paten Motorwagen, yang menjadi sejarah perkembangan mobil di seluruh dunia.

Benz disebut-sebut sebagai pemilik dari . Tapi rupanya anggapan tersebut tak sepenuhnya benar. Sebelum Benz, sudah ada beberapa mobil yang dikembangkan.

7. Daimler-Maybach Stahlradwagen (1889)

Stahlradwagen (mobil beroda baja) dibuat oleh Gottlieb Daimler dengan bantuan mitra bisnisnya Wilhelm Maybach pada tahun 1889. Ini adalah mobil resmi pertama yang tidak melibatkan adaptasi gerbong yang ditarik kuda seperti model-mobil mobil setelahnya. Walaupun diproduksi di Jerman, lisensi mobil ini dibangun di Prancis.

mobil pertama Daimler-Maybach Stahlradwagen 1889 berwarna hitam 
Namanya menjelaskan bahwa kendaraan ini memiliki roda baja

Mobil ini debut pertama di Pameran Paris pada Oktober 1889. Tahun berikutnya, mereka mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG) untuk menjual mesin dan mobil pertama mereka pada 1892. Pada tahun 1986, Daimler dan Maybach menempatkan mesin di atas kereta kuda, tapi tak dianggap sebagai mobil karena mereka mengadaptasi kereta kuda dari pabrikan lain.

>>> Sejarah Mobil SUV, Angkutan Perang yang Laris Manis di Pasaran

6. Benz-Paten Motorwagen (1886)

Meskipun beberapa kendaraan lain telah ada sebelum Benz Patent Motorwagen, mobil ini sering dianggap sebagai kendaraan pertama yang dirancang untuk didorong oleh mesin pembakaran internal. Dibuat pada tahun 1885 Karl Benz, tetapi dia tidak mendapatkan paten sampai akhir 1886. Sebelumnya, Benz telah meluncurkan mobil ini ke publik pada musim panas 1886 di Mannheim, Jerman.

mobil pertama Benz-Paten Motorwagen berwarna hitam di museum 
Dikenal sebagai kendaraan bermesin pembakaran internal pertama di dunia

Benz pertama kali berhasil mengembangkan mesin piston dua-stroke bertenaga bensin pada tahun 1873. Ia lalu menghabiskan 10 tahun berikutnya mengembangkan kendaraan bermotor sambil mempertahankan karirnya sebagai perancang dan pendiri pabrikan mesin stasioner serta komponennya. Selama 1886 – 1893, Benz memproduksi sekitar 25 Paten-Motorwagens.

>>> Mercedes-Benz Jual Replika Mobil Pertama Perusahaan, Benz Patent Motorwagen

5. La Marquise (1884)

La Marquise dibangun pada tahun 1884 oleh peneliti Prancis bernama De Dion-Bouton et Trepardoux yang dinamai sesuai nama ibunya. Meskipun ada banyak mobil yang lebih tua, pada tahun 2011 La Marquise disebut sebagai mobil tertua yang pernah berjalan di dunia. Dan pada tahun yang sama, mobil ini dijual di pelelangan seharga $4,6 juta (sekitar Rp65 miliar).

replika La Marquise 1884 berwarna hitam di museum 
La Marquise dikenal sebagai mobil tertua di dunia yang pernah berjalan

Rumah lelang menyebutkan bahwa mobil ini dapat mencapai kecepatan tertinggi 61 km/jam. Produksinya pun terbilang langka, dimana hanya ada empat orang yang memiliki mobil ini sejak tahun 1884. Banyak orang percaya bahwa La Marquise adalah mobil balap pertama dimana Count Dion mengendarai mobil ini dalam sebuah pameran pada tahun 1887.

4. Grenville Steam Carriage (1875)

Grenville Steam Carriage (atau Kereta Uap Grenvile) adalah kendaraan penumpang bertenaga uap tertua di dunia yang masih berfungsi hingga saat ini. Mobil ini dibangun pada tahun 1875 oleh Robert Neville Grenville yang kemudian menjadi Chief Mechanical Engineer dari Great Western Railway. Kereta ini dibangun untuk menampung tujuh penumpang; pengemudi, pemegang setir, pemadam kebakaran, dan empat penumpang.

 replika dari layanan bus pertama Grenville Steam Carriage
Grenville Steam Carriage mampu menampung hingga tujuh orang

Setelah Grenville meninggal pada tahun 1936, keluarganya meminjamkan mobil kepada John Allen & Sons Ltd. Dari Cowley, Oxford, yang merombak total kendaraan tersebut. Dan pada tahun 1946, ia ikut serta dalam Kavaleri Jubilee London di Regent’s Park. Mobil ini dipasangkan di Museum Motor Nasional Inggris di Beaulieu yang percaya bahwa mobil ini masih bisa digunakan.

>>> Ingin membeli mobil tangguh di segala medan? Dapatkan daftarnya di sini

3. Hancock Omnibus (1832)

Omnibus uap diciptakan oleh Walter Hancock sekitar tahun 1832, ini adalah mobil bertenaga uap pertama yang diproduksi secara komersial di dunia. Bus penumpang ini dibangun untuk London and Paddington Steam Carriage Company. Pada April 1833, bus ini memulai layanan regular antara London Wall dan Paddington melalui Islington, menjadikannya layanan kereta uap pertama di dunia.

mobil lawas Hancock Omnibus 1832 berwarna cokelat
Hancock Omnibus mampu menjadi layanan kereta uap pertama di dunia

Enterprise membutuhkan tiga orang untuk pengoperasiannya; pengemudi duduk di depan dan menyetir melalui roda kemudi, operator kedua bertanggung jawab untuk menjaga permukaan air pada boiler dan menekan gigi mundur ketika dibutuhkan, dan operator ketiga berdiri di platform belakang dan menjaga mobil dari api atau kerusakan.

>>> Tertarik dengan informasi yang kami berikan di atas? Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak berita menarik lainnya di pasar mobil 

2. London Steam Carriage (1803)

Diterjemahkan menjadi Kereta Uap London merupakan kendaraan pengangkut tanpa kuda pertama yang dibangu oleh Richard Trevithick pada tahun 1803. Meskipun kendaraan bertenaga uap Cugnot lebih dulu dibandingkan Trevithick, mobil Cugnot dirancang untuk mengangkut artileri, bukan penumpang.

gambar paten London Steam Carriage yang diproduksi tahun 1803
Desain pertama dari paten London Steam Carriage

Trevithick membangun kereta uap pertamanya pada 1801, dijuluki “Puffing Devil” dan melaju di sebuah bukit di Camborne, Cornwall. Kereta uap Trevithick melaju di sekitar London dengan kecepatan 6.5 hingga 14,5 km/jam. Sayangnya, kendaraan ini hancur dalam sebuah kebakaran. Tetapi gambar asli yang diajukan melalui paten masih tetap bertahan.

1. Cugnot Fardier (1770)

Melengkapi daftar ini adalah Cugnot Fardier yang ditemukan oleh Nicholas-Joseph Cugnot pada 1770. Merupakan kereta self-propelled pertama di dunia. Sebelum versi aslinya dibangun, Cugnot membuat prototipe kecil pada tahun 1969. Mobil ini awalnya dirancang untuk militer Prancis dengan kecepatan 7,8 km/jam.

Cugnot Fardier 1770 berwarna cokelat di museum 
Cugnot Fardier yang dipajang di Conservatoire National des Arts et Métiers

Sayangnya, kendaraan ini tidak terlalu sukses dan proyek ini akhirnya ditinggalkan. Sebagai upaya dalam mengenang sejarahnya sebagai merek mobil pertama di dunia ini, Cugnot Fardier dibawa ke Conservatoire National des Arts et Métiers di Paris pada tahun 1800, dimana versi aslinya masih dipajang hingga saat ini.

Meskipun beberapa mobil yang berada dalam daftar merek mobil pertama di dunia ini berusia lebih dari 200 tahun, tapi ada model yang masih bisa dikendarai hingga saat ini. Sebagian direstorasi untuk memperkenalkan sejarahnya pada generasi selanjutnya, dan yang lainnya masih bisa berjalan walau tanpa penambahan komponen modern.

Itulah sedikit informasi tentang 7 merek mobil pertama di dunia yang Cintamobil.com hendak sampaikan kepada teman-teman. Semoga info ini bermanfaat untuk Anda saat mencari informasi tentang sejarah mobil-mobil di pasar otomotif Indonesia dan dunia.

>>> Klik sini untuk lanjut simak berita terbaru seputar dunia otomotif di Indonesia

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Chevrolet Suburban Jadi Mobil Pertama yang Hadir di Hollywood Walk of Fame

10/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Sebagai bentuk apresiasi kerja kerasnya sebagai salah satu ‘aktor’ populer di industri film Hollywood selama 67 tahun, Chevrolet Suburban berhak mengukirkan namanya di Hollywood Walk of Fame.

Lihat juga

Punya Mobil Pertama? Pastikan Anda Punya Alat Perlengkapan Darurat Ini

29/07/2019

Pengemudian

3 menit

Membeli baru atau bekas sebagai mobil pertama tentu membuat Anda senang. Tetapi bukan berarti punya mobil Anda sudah selesai dan bisa langsung berpergian jauh. Ada beberapa perlengakapan darurat yang harus Anda miliki dan bawa setiap berkendara. Berikut daftar perlengkapan darurat yang wajib disimpan dalam mobil.

Lihat juga

VinFast Memang Mendunia, Tetapi Inilah Mobil Pertama Vietnam Sebenarnya

07/10/2018

Pasar mobil

VinFast memang menjadi penggebrak industri otomotif Vietnam di kancah dunia. Tetapi VinFast bukanlah produsen mobil nasional pertama Vietnam. Sejarah menyebutkan bahwa La Dalat dan Xe hoi Chien Thang berbagi tempat sebagai mobil pertama Vietnam.

Lihat juga

The Power of Women dari Bertha Benz, Pengemudi Mobil Pertama di Dunia

31/08/2018

Pasar mobil

Berbeda dari anggapan kebanyakan orang, ternyata pengemudi mobil pertama adalah seorang wanita. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Mercedes-Benz.

Lihat juga

Mercedes-Benz Jual Replika Mobil Pertama Perusahaan, Benz Patent Motorwagen

29/06/2018

Pasar mobil

Mercedes-Benz menjual replika mobil Benz pertama, “Benz Patent Motorwagen Replica” yang pernah dipatenkan di masa awal perusahaan.

Lihat juga