Ini 14 Jalan Tol Baru Yang Menunggu Digarap

02/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Masif sekali pembangunan jalan tol di era pemerintah Presiden Joko Widodo sejak beliau menjabat tahun 2014 hingga pertengahan 2019 ini. Namun ini belum selesai, dari 1800 km jalan tol baru yang ditargetkan hingga akhir 2019, masih ada sekitar 14 jalan tol yang belum digarap.

Foto Presiden Joko Widodo usai meresmikan Jalan Tol Lampung di Gerbang Tol Bakauheni Selatan

Proyek Jalan Tol jadi salah satu prioritas pemerintah Presiden Jokowi

Pemerintah saat ini sepertinya sangat memprioritaskan akses jalan ke berbagai daerah demi memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjalankan roda perekonomian. Selain Dana Desa dengan besaran sekitar Rp 1 miliar per desa per tahun untuk berbagai kepentingan pembangunan termasuk akses jalan, pemerintah juga mempermudah akses jalan antar kota antar provinsi dengan membangun banyak jalan tol. Ditargetkan 1800 km jalan tol baru selesai dibangun tahun 2019.

Proyek besar ini makin jadi prioritas dengan masuknya ke dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PNS) yang diatur melalui Peraturan Presiden Nomo 56 Tahun 2018 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Sebanyak 65 ruas jalan tol masuk dalam daftar ini dan saat ini belum semuanya digarap.

>>> Begini Lengkapnya Fasilitas Rest Area KM 429A Tol Trans Jawa

Foto kondisi lalu lintas di Jalan Tol Lampung pada musim mudik lebaran 2019

Jalan Tol Trans Sumatera bakal menghubungkan pelabuhan Bakauheni hingga Aceh

Menurut data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Perhubungan yang diakses pada 1 Juni 2019, saat ini sebanyak 57 ruas jalan tol baru telah mendapatkan investor. Sebagian masih dalam tahap pengadaan lahan, sebagian yang lain dalam tahap kontruksi dan pengerjaan, sebagiannya lagi sudah digunakan meski sekadar fungsional dan sisanya beroperasi secara penuh.

Selain 57 ruas tol tersebut, ada 14 ruas tol yang masih dalam tahap persiapan namun belum mendapatkan investor. Total panjangnya mencapai 1.576,9 km dan tersebar di beberapa lokasi yang mayoritas berada di pulau Sumatera. Berikut 14 ruas tol yang masuk daftar Proyek Strategis Nasional (PNS) dan sedang dipersiapkan.

>>> Info pameran dan event otomotif terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Jalan Tol

Panjang

Yogyakarta-Solo

40,49 km

Semarang-Demak

25 km

Yogyakarta-Bawen

104 km

Palembang-Tanjung Api-api

70 km

Batu Ampar-Muka Kuning-Bandara Hang Nadim

25 km

Binjai-Langsa

110 km

Rantau Prapat-Kisaran

100 km

Langsa-Lhokseumawe

135 km

Lhokseumawe-Sigli

135 km

Parapat-Sibolga

101,5 km

Betung (Simpang Sekayu)-Tempino-Jambi

191 km

Jambi-Rengat

190 km

Rengat-Pekanbaru

175 km

Dumai-Simpang Sigambal-Rantau Prapat

175 km

Dibutuhkan dana sekitar Rp 244,4 triliun untuk pembangunan ke-14 jalan tol baru tersebut. Namun itu dinilai tidak begitu mahal mengingat mayoritas lokasi berada di Sumatera yang biaya pengadaan lahannya bisa ditekan.

>>> Dapatkan informasi terbaru tentang pasar otomotif Indonesia dan dunia di sini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top