Ini 12 Pos Pemeriksaan Surat Bebas Covid-19 saat Arus Balik Lebaran

17/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pihak kepolisian telah menyiapkan 12 titik pemeriksaan surat bebas Covid-19 pada arus balik Lebaran 2021. Bila reaktif maka pemudik tidak bisa pulang ke rumah.

Pemudik yang berhasil pulang ke kampung halaman tak begitu saja bisa balik ke kawasan Jadetabek. Pihak kepolisian telah menyiapkan 12 pos pemeriksaan untuk mengecek kelengkapan dokumen sebagai persyaratan perjalanan balik ke kawasan Jadetabek. 

Bagi warga yang tidak membawa kelengkapan surat bebas covid – 19, nantinya akan dilaksanakan swab antigen di titik pemeriksaan. Jika hasilnya reaktif, maka akan langsung dialihkan ke RSD covid – 19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta untuk menjalani isolasi mandiri sampai dengan hasil swab antigen kembali negatif.

pos pengecekan

Pos pengecekan arus balik Lebaran 2021 bakal lebih ketat menyaring pemudik

“Ada 12 titik pemeriksaan dokumen terkait bebas covid – 19 yang disiapkan. Jika memang tidak membawa suratnya, akan kita lakukan tes swab antigen,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dikutip NTMC Polri, Senin (17/5/2021). 

12 titik pemeriksaan tersebut berada di sepanjang terminal, jalan tol, serta jalan arteri. Selanjutnya, untuk pemeriksaan dokumen di jalan tol akan berada di KM 34B Tol Cikampek menuju Jakarta.

Khusus untuk di terminal, titik pemeriksaan terdapat di dua tempat yakni terminal Pulogebang dan terminal Kalideres. Sementara untuk di jalan arteri, tersebar melalui 9 titik yang ada di Depok sampai dengan Kabupaten Bekasi.

Adapun 12 pos pemeriksaan surat bebas covid – 19 pada saat arus balik ke Jadetabek yaitu: 

>>> Mau Balik ke Jakarta Usai Mudik? Siapkan Ini Kalau Tak Mau Diputar Balik!

Terminal :

  • Terminal Pulogebang.
  • Terminal Kalideres.

Jalan Tol :

  •  Tol Jakarta – Cikampek KM34B menuju Jakarta.

Jalan Arteri :

  • Tomyang dan Sasakjarang (Bekasi Kota).
  • Kedungwaringin (Kabupaten Bekasi).
  • Jalan Raya Parung Ciputat Bojongsari dan Jalan Raya Bogor (Depok).
  • Jatiuwung, Kebon Nanas, serta Batu Ceper (Tangerang Kota).
  • Jalan Gatot Subroto – Bitung (Tangerang Selatan).

Perlukah Rapid Test Antigen saat Pergi Libur Akhir Tahun di Jabodetabek?

Surat bebas Covid-19 memang menjadi salah satu syarat perjalanan pada arus balik Lebaran 2021

Penyertaan surat bebas Covid meliputi hasil tes PCR, swab antigen atau GeNose memang tertuang dalam Surat Edaran Nomor 13 tahun 2021. Dalam masa pengetatan pasca lebaran yakni pada 18 – 24 Mei 2021, surat bebas covid – 19 berlaku 1 x 24 untuk seluruh metode testing. Serta pelaku perjalanan diwajibkan membawa surat ijin perjalanan sesuai yang disyaratkan.

“Kalau memang ada yang reaktif, maka dari pihak Pemda, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP DKI akan membawanya ke Wisma Atlet untuk isolasi dan menunggu hasil PCR,” sambung Sambodo. 

>>> Pengumuman! Masyarakat Dilarang Mudik 6-17 Mei 2021

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top