Ingin Mudik ke Sumatera? Tol Fungsional Bisa Pangkas Palembang-Lampung 5 Jam

24/05/2019

Pasar mobil
Share this post:
Ingin Mudik ke Sumatera? Tol Fungsional Bisa Pangkas Palembang-Lampung 5 Jam
Pembangunan tol Palembang-Lampung yang sudah sekian lama dikerjakan akhirnya mulai bisa dilalui. Dijelaskan oleh Menteri Perhubungan, pengendara yang mudik ke Sumatera tahun ini sudah bisa melewati tol fungsional tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan perjalanan mudik ke Sumatera sudah mengalami peningkatan dalam hal jarak tempuh. Dengan ruas tol Palembang-Lampung sudah bisa dilalui, perjalanan antara Lampung menuju Palembang dan sebaliknya bisa dipangkas menjadi 7 jam dari sebelumnya 12 jam.

pemudik yang menggunakan mobil di ruas tol Palembang-Lampung
Tol Palembang-Lampung memangkas jarak tempuh menjadi hanya 7 jam

>>> Dinamika Dan Solusi Sementara Akan Kebijakan Tol Satu Arah

Dilansir dari Tempo, Budi Karya yang ditemui di sela rapat koordinasi angkutan Lebaran di Palembang mengungkapkan bahwa tol Palembang-Lampung memang belum siap beroperasi. Tetapi ia menekankan bahwa tol tersebut relatif sudah selesai. “Tapi (untuk fungsional) hanya siang hari mulai pukul 06.00 WIB-18.00 WIB, malam belum bisa karena belum dipasang lampu," ungkapnya.

Tol dengan panjang kurang lebih 300 km ini disebutkan mampu menyambungkan Lampung-Palembang dalam waktu 4 jam. Untuk Lebaran tahun ini, tol Pematang-Kayuagung-Palembang dengan total panjang 232 km sudah bisa dilalui pada H-7 Lebaran.

>>> Info menarik: Ingin membeli mobil baru untuk kegiatan mudik? Simak harga selengkapnya

"Bisa lewat jalan darat dengan fasilitas tol fungsional. Memang ya jalan tol itu belum operasional, tapi udah fungsional dan relatif selesai. Jadi dari Lampung ke Palembang itu 7 jam, sebelumnya 12-15 jam. Ini jadi alternatif," kata Budi Karya.

ruas tol palembang-lampung yang belum selesai dikerjakan
Beberapa ruas tol Palembang-Lampung diprediksikan untuk selesai tahun ini

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa ruas tol yang sudah bisa dilalui termasuk Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung-Palembang. Dimana ruas tol Pematang-Kayuagung sepanjang 77 km bersifat fungsional satu jalur dengan 33,5 km ruas Kayuagung-Palembang.

Lebih lanjut Basuki mengungkapkan bahwa ruas tol PPKA-Palembang masih belum bisa dilalui karena pengerjaan yang masih dilakukan. Untuk tahun ini, ruas tol Pematang Panggang-Kayuagung ditargetkan selesai Juli 2019 sedangkan Kayuagung-Palembang dipersiapkan untuk selesai Oktober 2019 mendatang.

>>> Simak semua informasi terbaru arus mudik hanya di situs Cintamobil.com

Padli Nurdin
Share this post:

Berita lain

Selama Mudik Lebaran 2019, Wuling Hadirkan 38 Titik Layanan

25/05/2019

Perawatan dan service

2 menit

Wuling Motors telah mempersiapkan layanan purna jual untuk para konsumennya dalam rangka memberikan rasa nyaman saat perjalanan mudik lebaran 2019 baik saat menuju dan kembali dari kampung halaman. Sebanyak 38 titik layanan disiapkan dalam 'Wuling Siaga Lebaran' yang beroperasi mulai tanggal 30 Mei 2019.

Lihat juga

Garda Oto Tawarkan Program Spesial Khusus Periode Mudik 2019

21/05/2019

Event - Promosi

4 menit

Mudik lewat jalur darat masih menjadi favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun pada periode mudik 2018 lalu, berdasarkan data Polri jumlah kecelakaan mencapai 1.921 kasus. Agar tidak panik ketika mudik, Garda Oto tawarkan promo program spesial mudik 2019.

Lihat juga

Kebijakan Mudik Satu Arah Munculkan Masalah Bagi Pengusaha Otobus

16/05/2019

Pasar mobil

2 menit

Belum lama ini, Pemerintah Indonesia merealisasikan kebijakan mudik satu arah atau dikenal One Way. Hal ini diupayakan agar arus mudik berjalan lebih lancar daripada tahun-tahun sebelumnya. Namun, siapa sangka, kebijakan tersebut justru memberi polemik bagi pihak Pengusaha Otobus (PO).

Lihat juga

Eurokars Motor Indonesia Pastikan Konsumen Tenang Mudik Lebaran Gunakan Mobil Mazda

15/05/2019

Event - Promosi

4 menit

Konsumen pengguna mobil Mazda akan semakin aman dan tenang karena dukungan layanan service kendaraan dari Eurokars Motor Indonesia yang siap sedia selama momen mudik lebaran 2019

Lihat juga

Sambut Ramadan dan Persiapan Mudik dengan Program Servis Spesial dari Isuzu

14/05/2019

Event - Promosi

2 menit

Untuk menyambut bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini, Isuzu tak lupa memperkenalkan program servis spesial bertajuk SALAM, Sambut Lebaran Bersama Isuzu, serta berbagai promo pembelian seperti DP 0% untuk beberapa variannya di Indonesia.

Lihat juga