Ingin Mudik ke Sumatera? Tol Fungsional Bisa Pangkas Palembang-Lampung 5 Jam

24/05/2019
Pembangunan tol Palembang-Lampung yang sudah sekian lama dikerjakan akhirnya mulai bisa dilalui. Dijelaskan oleh Menteri Perhubungan, pengendara yang mudik ke Sumatera tahun ini sudah bisa melewati tol fungsional tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan perjalanan mudik ke Sumatera sudah mengalami peningkatan dalam hal jarak tempuh. Dengan ruas tol Palembang-Lampung sudah bisa dilalui, perjalanan antara Lampung menuju Palembang dan sebaliknya bisa dipangkas menjadi 7 jam dari sebelumnya 12 jam.

pemudik yang menggunakan mobil di ruas tol Palembang-Lampung
Tol Palembang-Lampung memangkas jarak tempuh menjadi hanya 7 jam

>>> Dinamika Dan Solusi Sementara Akan Kebijakan Tol Satu Arah

Dilansir dari Tempo, Budi Karya yang ditemui di sela rapat koordinasi angkutan Lebaran di Palembang mengungkapkan bahwa tol Palembang-Lampung memang belum siap beroperasi. Tetapi ia menekankan bahwa tol tersebut relatif sudah selesai. “Tapi (untuk fungsional) hanya siang hari mulai pukul 06.00 WIB-18.00 WIB, malam belum bisa karena belum dipasang lampu," ungkapnya.

Tol dengan panjang kurang lebih 300 km ini disebutkan mampu menyambungkan Lampung-Palembang dalam waktu 4 jam. Untuk Lebaran tahun ini, tol Pematang-Kayuagung-Palembang dengan total panjang 232 km sudah bisa dilalui pada H-7 Lebaran.

>>> Info menarik: Ingin membeli mobil baru untuk kegiatan mudik? Simak harga selengkapnya

"Bisa lewat jalan darat dengan fasilitas tol fungsional. Memang ya jalan tol itu belum operasional, tapi udah fungsional dan relatif selesai. Jadi dari Lampung ke Palembang itu 7 jam, sebelumnya 12-15 jam. Ini jadi alternatif," kata Budi Karya.

ruas tol palembang-lampung yang belum selesai dikerjakan
Beberapa ruas tol Palembang-Lampung diprediksikan untuk selesai tahun ini

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa ruas tol yang sudah bisa dilalui termasuk Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung-Palembang. Dimana ruas tol Pematang-Kayuagung sepanjang 77 km bersifat fungsional satu jalur dengan 33,5 km ruas Kayuagung-Palembang.

Lebih lanjut Basuki mengungkapkan bahwa ruas tol PPKA-Palembang masih belum bisa dilalui karena pengerjaan yang masih dilakukan. Untuk tahun ini, ruas tol Pematang Panggang-Kayuagung ditargetkan selesai Juli 2019 sedangkan Kayuagung-Palembang dipersiapkan untuk selesai Oktober 2019 mendatang.

>>> Simak semua informasi terbaru arus mudik hanya di situs Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain