Ingin Jadi yang Terlaris di ASEAN! Proton Siap Comeback ke Tanah Air

17/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Produsen mobil nasional Malaysia Proton siap comeback ke Tanah Air. Jika sukses langkah ini akan membuat Proton jadi yang terlaris ke-3 di ASEAN.

Proton berencana akan segera kembali ke Thailand dan Indonesia. Belum ada rincian yang bisa didapatkan saat ini tetapi produsen mobil asal Malaysia itu mengatakan akan melanjutkan mengimpor mobilnya kedua negara tersebut dalam waktu yang sangat dekat.

>>> Di Indonesia Loyo, Proton Bangun Pabrik di Pakistan

Gambar menunjukan mobil Proton

Tampilan Proton X70

Proton Siap Comeback ke Tanah Air Dalam Waktu Dekat

Produsen mobil nasional Malaysia itu memiliki rencana jangka panjang yang besar untuk Thailand dan Indonesia karena sesuai dengan ambisinya menjadi merek terlaris ketiga di Asia Tenggara. Proton melihat pertumbuhan ekspor yang signifikan sebagai batu loncatan utama untuk menjadi bisnis yang layak, dan masuk ke dua pasar terbesar di kawasan itu adalah kunci untuk tujuannya.

Gambar menunjukan Proton

Proton siap kembali dalam waktu dekat

“Agar Proton menjadi merek terlaris ketiga di ASEAN, kami harus memiliki kehadiran yang besar di Thailand dan Indonesia. Sebagai pasar otomotif terbesar di kawasan ini, mereka menawarkan potensi volume yang sangat besar, tetapi tingkat persaingannya juga sangat tinggi. Untuk kedua negara, kami telah sibuk merekrut mitra untuk membangun jaringan yang memastikan model bisnis yang layak dan dalam jangka pendek, target kami adalah kembali ke Thailand pada tahun 2022.” kata direktur penjualan internasional Proton, Steven Xu.

Gambar Mobil Proton X70

Proton X70 akan dijual resmi di Tanah Air? We'll see...

Meskipun Proton tidak merinci model mana yang akan dijual di kedua negara tersebut, tetapi diharapkannya untuk menawarkan mobil yang sama seperti di pasar ekspor lainnya, termasuk Saga, Iriz, Persona dan X70. Proton juga ingin mengekspor X50 tetapi telah mengatakan hanya akan dapat melakukannya setelah memenuhi permintaan di pasar Malaysia.

>>> Beda dengan di Indonesia, Proton Laku Keras di Pakistan Indennya 9 Bulan!

Sepak Terjang Proton di Tanah Air

Proton masuk ke Indonesia melalui perusahaan bernama PT Proton Edar Indonesia (PEI) pada tahun 2017 silam. Saat itu Proton cukup aktif hadirkan produk terbaru untuk menunjukkan keseriusannya menggarap pasar Indonesia.

Komunitas Proton Buktikan Masih Eksis di Indonesia

Proton Saga sempat memikat konsumen di Indonesia

Kala itu Proton mendapat sambutan cukup positif dari masyarakat Tanah Air. Namun seiring berjalan waktu penjualan mobil Proton mulai mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya bisa juga dikarenakan karena sentimen negatif atas produk asal Malaysia. Perlahan nama Proton sedikit-demi sedikit meredup hingga diler-diler resmi Proton satu persatu mulai tumbang.

Gambar mobil Proton Iriz

Proton Iriz jadi mobil Proton terakhir yang dijual di Indonesia

Belajar dari pengalaman yang sudah-sudah, bagaimanakah cara Proton bisa menjawab pasar otomotif di Indonesia? Kita tunggu saja langkah kejutan apa yang akan dibuat dari pabrikan asal Malaysia itu jika jadi kembali ke Tanah Air.

>>> Tekanan Ban Terlalu Rendah Lebih Berbahaya Dari Terlalu Tinggi, Ini Alasannya

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top