Ingatkan Pengguna Jalan, Pemkot Surabaya Pasang Rambu Wajib Pakai Masker

30/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ingatkan Pengguna Jalan, Pemkot Surabaya Pasang Rambu Wajib Pakai Masker
Masih dalam suasana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemerintah Kota Surabaya memasang rambu Wajib Pakai Masker di sejumlah ruas jalan.

Ada yang berbeda di sejumlah ruas jalan utama Kota Surabaya. Terlihat rambu-rambu baru berdiri tegak diantara rambu-rambu lalu lintas yang lain, bertuliskan "Wajib Pakai Masker" disertai gambar ikon wajah memakai masker serta tulisan "Jaga Jarak" di bawahnya.

Rambu peringatan

Disebutkan dalam akun Instagram @DishubSurabaya, pemasangan rambu-rambu tersebut ditujukan sebagai pengingat agar masyarakat selalu memakai masker, "untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya penggunaan masker saat keluar rumah dan menjaga jarak agar dapat menekan angka penyebaran Covid-19."

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad, pemasangan rambu Wajib Pakai Maser dan Jaga Jarak adalah implementasi dari Surat Edaran (SE) Walikota Surabaya, Tri Rismaharini Nomor 360/4170/436.8.4/2020 itu, tertanggal 30 April 2020, yang mengatur tentang peningkatan kewaspadaan terhadap Covid-19, jasa transportasi Surabaya.

“Oh iya, sebagian dari imbauan dan pelaksanaan surat edaran walikota itu. Bahwa mereka keluar dari rumah itu harus pakai masker,” tutur Irvan, seperti dikutip dari Surya Malang (28 Mei 2020).

>>> PSBB Surabaya Raya Diperpanjang Lagi Hingga 8 Juni 2020

Foto menunjukkan Rambu-rambu wajib pakai masker di jalanan Kota Surabaya

Foto menunjukkan Jalanan Kota Surabaya yang sudah terpasang rambu-rambu wajib pakai masker

Mengingatkan betapa pentingnya memakai masker saat berada di luar rumah

Menurut penjelasan Irvan, rambu-rambu tersebut bakal dipasang di sebagian besar jalan utama Kota Surabaya secara bertahap oleh pihak Dishub bekerjasama dengan Satpol PP. Tidak hanya di tengah kota, rambu juga dipasang di pinggiran kota.

Saat ini sendiri sudah ada 17 pintu masuk kota yang sudah dipasangi rambu. Sedangkan di tengah kota rambu Wajib Pakai Masker bakal dipasang di beberapa titik strategis seperti Taman Bungkul, Darmo, Rungkut, dan Pondok Candra, serta beberapa lokasi yang menjadi zona merah Covid-19.

“(Yang dipasang) tengah kota seperti Taman Bungkul dan (Jalan) Darmo, Rungkut, Pondok Candra. Sekitar daerah yang banyak kasus positif, itu kita prioritaskan yah, bahwa mereka keluar dari rumah itu harus pakai masker,” jelas Irvan.

>>> Lalu Lintas Diatur Polisi, Patuh Rambu-Rambu atau Ikuti Arahan Polisi?

Berkaitan dengan rencana New Normal?

Tidak ada penjelasan spesifik apakah pemasangan rambu-rambu baru itu berhubungan dengan rencana pemerintah pusat menerapkan kebijakan New Normal. Yang pasti hal tersebut adalah bagian dari protokol kesehatan yang diinstruksikan walikota.

Foto menunjukkan Pemasangan Rambu-rambu wajib pakai masker

Pemasangan rambu-rambu dilakukan siang malam (Foto: IG @dishubsurabaya)

“Yah apapun, yang penting kan kita melaksanakan protokol atau surat edaran Walikota itu, protokol kesehatan itu. Apakah itu mau new normal atau PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), atau apapun itu kan harus di laksanakan,” tegas Irvan.

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada disini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Klaim Asuransi Ditolak Jika Melanggar Rambu-rambu Lalu Lintas

20/03/2020

Pengemudian

3 menit

Asuransi kendaraan sangat membantu meringankan beban biaya saat terjadi musibah kecelakaan. Tapi jika melanggar rambu lalu lintas klaim asuransi ditolak.

Lihat juga

Awas Salah, Ini Beda Rambu Dilarang Parkir dan Dilarang Berhenti!

16/04/2020

Pengemudian

5 menit

Walaupun sama-sama berupa perintah untuk tidka berhenti, namun antara rambu Dilarang Parkir dan Dilarang Berhenti memiliki perbedaan. Yuk pahami perbedaan diantara keduanya!

Lihat juga

Kenali Rambu-Rambu Mata Kucing, Penanda Batas Jalan Penting Untuk Keselamatan

09/04/2020

Pengemudian

3 menit

Seperti mata kucing yang menyala tajam saat terpapar cahaya, rambu-rambu mata kucing di jalan raya juga terlihat menyala terang saat tersorot lampu kendaraan.

Lihat juga
 
back to top