Ingat! Januari 2021 Mobil Pribadi di Jakarta Wajib Uji Emisi Kalau Tak Mau Ditilang

04/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Ingat! Januari 2021 Mobil Pribadi di Jakarta Wajib Uji Emisi Kalau Tak Mau Ditilang
Gubernur DKI Jakarta telah merilis aturan terbaru berkaitan dengan uji emisi. Dalam aturan itu mobil pribadi wajib uji emisi dan bila tidak bakal kena tilang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Juli 2020 telah merilis Pergub DKI Jakarta Nomor 66 tahun tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Aturan uji emisi terbaru ini memang menyasar pada kendaraan pribadi baik itu mobil maupun motor bukan hanya kendaraan umum seperti dulu. 

>>> Mulai 2021, Mobil Pribadi di Jakarta Wajib Lakukan Uji Emisi

Berlaku Mulai 24 Januari 2021

uji emisi mobil pribadi

Masa sosialisasi sudah mau berakhir

Sejak Juli, Dinas Lingkungan Hidup DKI telah melakukan sosialisasi sejak Juli 2020. Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin, menegaskan bahwa aturan mobil pribadi wajib uji emisi itu akan berlaku mulai 24 Januari 2021.  

"Seluruh pemilik kendaraan bermotor tentunya itu wajib melakukan uji emisi, dan angka ambang batas harus sesuai yang ditetapkan," ujar Syaripudin dalam laman Dinas LHK DKI seperti dilihat Cintamobil.com. 

Uji emisi mobil pribadi ini berlaku pada kendaraan yang berusia lebih dari tiga tahun. Para pemilik kendaraan pribadi diwajibkan paling sedikit satu kali dalam satu tahun melakukan uji emisi di Tempat Uji Emisi dan dilakukan oleh Teknisi Uji Emisi. 

Pelaksanaan uji emisi ini juga menjadi tanggung jawab si pemilik kendaraan lantaran biayanya harus ditanggung sendiri. 

"Biaya uji emisi gas buang dibebankan kepada pemilik Mobil Penumpang Perseorangan dan sepeda motor," sebut pasal 3 ayat 4. 

>>> Bukan Hanya Terkait Pencemaran Udara, Rutin Uji Emisi Kendaraan Itu Penting!

Polisi Berhak Menilang

Ia menerangkan, dalam pergub itu juga diatur tentang sanksi disinsentif. Ketika kendaraan tidak layak uji emisi, maka saat pemilik kendaraan memarkirkan kendaraannya di lokasi pusat perbelanjaan, akan dikenakan sanksi disinsentif pada tarif tertinggi parkir yang berlaku.

uji emisi mobil pribadi

Bagi yang tak melakukan uji emisi bakal dikenakan sanksi

Kemudian petugas kepolisian dapat menjatuhkan sanksi tilang, terhadap pemilik kendaraan bermotor yang tidak melaksanakan kewajiban melakukan uji emisi gas buang, dan tidak memenuhi ambang batas emisi. Nantinya kendaraan yang tidak pernah melakukan uji emisi tidak diperkenankan mengurus pajak kendaraan bermotor. 

Penegakan hukum di jalan oleh Kepolisian dan Dinas Perhubungan mengacu kepada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 285 dan 286. Ancaman denda maksimalnya Rp 250 ribu untuk sepeda motor, dan ancaman denda maksimal Rp 500 ribu untuk mobil. 

Dengan adanya penegakan Pergub DKI Jakarta Nomor 66/2020, diharapkan kualitas udara di ibukota dapat terjaga dengan baik.

>>> Lakukan 5 Hal Ini Agar Emisi Gas Buang Mobil Anda Tetap Terjaga

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top